Prodi Teknik Industri Universitas Pamulang Adakan Pelatihan Teknik Pembuatan Semir Ban di Jelupang, Tangerang Selatan

TangselMedia-Program Studi Teknik Industri Universitas Pamulang melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), dengan tema Pelatihan Pembuatan Semir Ban (Sabtu dan minggu, tanggal 5 dan 6/12/2020). Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas dan minat wirausaha Pemuda Karang Taruna RW 06 Kampung Baru, Jelupang, Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan. Kegiatan tersebut diketuai oleh Wanto Sarwoko, S.T.,M.T. Dalam kegiatan ini terdapat 2 agenda materi yang akan disampaikan oleh dosen Teknik Industri Universitas Pamulang yaitu; pemateri satu Fredy Dwi Ibnu S, S.T., M.T. dan pemateri dua disampaikan Rusmalah, ST., MT. Disamping dosen juga melibatkan 3 orang mahasiswa dari Program Studi Teknik Industri diantaranya Armiyatul Loqqoyah, Ruli Achmad Fauzi dan Ncep Sopian Ansori.

Berdasarkan proyeksi pertumbuhan penduduk tahun 2019, dari 7 kelurahan di wilayah Serpong Utara, Kelurahan Jelupang memiliki rasio pertumbuhan penduduk cukup tinggi yaitu sebesar 6.667 jiwa untuk kelompok usia 15 tahun sampai dengan 24 tahun. Angka pertumbuhan yang tinggi menyebabkan berlimpahnya sumber daya manusia dan harus dikelola dengan baik misalnya seperti usaha kecil menengah. Peningkatan sektor lain juga dapat ditandai dengan semakin tingginya mobilitas warga dan pelayanan jasa.

Pada sambutannya Wanto Sarwoko, S.T.,M.T. selaku ketua kegiatan menjelaskan bahwa tujuan utama kegiatan PKM ini adalah untuk memaksimalkan potensi dan minat kewirausahaan pemuda karang taruna di wilayah RW 06, Kampung Baru, kelurahan Jelupang, dengan melakukan pelatihan pembuatan produk penghitam ban (semir ban), diharapkan para pemuda karang taruna kampung baru jelupang memiliki minat yang tinggi terhadap wirausaha sehingga tidak terfokus pada usaha untuk mencari pekerjaan. Hasil lainnya yang ingin dicapai oleh tim pengabdi adalah meningkatnya kemampuan pembuatan dan pemasaran produk semir ban baik dalam lingkungan kelurahan Jelupang maupun diluar lingkungan kelurahan Jelupang. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) juga sebagai wujud Implementasi Tridharma Perguruan Tinggi yang dilakukan Prodi Teknik Industri Universitas Pamulang.

Baca Juga  Psikolog: Perendungan Mengimbas Negatif Media Sosial

Fredy Dwi Ibnu S, S.T., M.T. selaku pemateri satu menyampaikan dalam materinya bahwa pentingnya Pemanfaatan Sumber Daya Manusia pada usia Produktif agar mampu meningkatkan potensi dan minat dalam berwirausaha, selain itu diharapkan mampu untuk mengidentifikasi peluang yang ada dilingkungan tersebut agar hasil produk yang diproduksi tepat sasaran dan diterima baik oleh peminat. Kesimpulan dari materi ini karena akibat pandemik yang susah mencari pekerjaan diharapkan para pemuda karang taruna RW 06, kampung baru jelupang mampu mengoptimalkan waktu sebaik mungkin untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat, salah satunya dengan kegiatan PKM ini yang memberikan pelatihan pembuatan semir ban kepada warga Kampung Baru, Jelupang, Kota Tangerang Selatan.

Pelatihan pembuatan semir ban menjadi fokus utama dalam kegiatan PKM di wilayah RW 06 Kampung Baru Jelupang, Kota Tangerang Selatan ini, Rusmalah, S.T., M.T. selaku pemateri dua dan sekaligus pendamping pelatihan pembuatan semir ban, menjelaskan manfaat tentang produk tersebut kemudian menjelaskan bahan bahan apa saja yang terdapat dalam produk semir ban tersebut, dalam kegiatan tersebut warga setempat diikut sertakan dalam pembuatan produk semir ban. tujuannya agar mampu memproduksi langsung produk semir ban tersebut sehingga diharapkan dapat meningkatkan UMKM khususnya di wilayah RW 06 kampung Baru Jelupang ini.

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini diakhiri diskusi dan Tanya jawab langsung antara warga setempat dengan Dosen dan mahasiswa Universitas Pamulang, sebagai modal awal untuk memulai usaha, tim pengabdi menyerahkan produk dan bahan baku semir ban kepada Pemuda Karang Taruna RW 06 Kampung Baru, Jelupang, Kota Tangerang Selatan untuk di kelola dan dipasarkan. Selain itu acara makan bersama dan sesi foto bersama menjadi penutup dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Prodi Teknik Industri Universitas Pamulang.***

Kontributor : Ncep Sopian Ansori, Fauzi Rahman

Tags:

Related Posts

Leave a Reply