Prodi Teknik Industri Unpam Sosialisasikan Penggunaan Medsos Kepada UMKM di Desa Serdang Kulon, Tangerang

TangselMedia – Universitas Pamulang merupakan salah satu perguruan tinggi yang berkomitmen dalam memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat, khususnya di daerah sekitar. Hal ini dilakukan melalui program pengabdian masyarakat yang menjadi salah satu dari tiga pilar tri dharma perguruan tinggi. Pada tahun akademik 2023/2024, Program Studi Teknik Industri Universitas Pamulang bekerjasama dengan UMKM Desa Serdang Kulon Kecamatan Panongan Kabupaten Tangerang Provinsi Banten dalam sebuah pengabdian yang bertujuan untuk meningkatkan promosi penjualan online melalui media sosial Instagram.

Penggunaan media sosial sebagai sarana promosi telah menjadi hal yang umum dilakukan oleh banyak UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) dalam memperkenalkan produk mereka kepada masyarakat. Namun, masih terdapat beberapa UMKM yang belum memanfaatkan media sosial secara optimal karena kurangnya pemahaman dan pengetahuan mengenai strategi dan teknik promosi yang efektif. Dalam rangka meningkatkan kualitas promosi online UMKM, Program Studi Teknik Industri Universitas Pamulang bersama dengan UMKM Desa Serdang Kulon Kecamatan Panongan Kabupaten Tangerang Provinsi Banten mengadakan program pengabdian berjudul “Sosialisasi Penggunaan Media Sosial Instagram Dalam Meningkatkan Promosi Penjualan Online.” Program ini melibatkan 3 dosen yang terdiri dari Heri Muryanto, S.T., M.T, Agus Taufik, S.T., M.M, dan Andry Septianto, S.T., M.M serta 6 mahasiswa yang terdiri dari Aska Wisnu Nugroho, Dafa, Dinda Sekar Ginanti, Vania Rizka Anggraini, Mega Aprilia, dan Nurul Chusnul Khatimah dari Program Studi Teknik Industri Universitas Pamulang yang akan memberikan bimbingan dan pendampingan secara langsung kepada UMKM Desa Serdang Kulon. Dosen-dosen yang terlibat dalam program ini memiliki latar belakang pendidikan dan pengalaman yang relevan, serta mahasiswa yang terlibat merupakan mahasiswa dengan prestasi akademik yang baik dan memiliki keahlian dalam bidang media sosial dan pemasaran. Tujuan utama dari program pengabdian ini adalah untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan mengenai strategi dan teknik promosi yang efektif melalui media sosial Instagram kepada UMKM Desa Serdang Kulon.

Selain itu, program ini juga bertujuan untuk meningkatkan penjualan dan popularitas produk UMKM Desa Serdang Kulon melalui media sosial. Dengan meningkatnya penjualan, diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut dan membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Materi yang akan disampaikan dalam program ini meliputi pengenalan tentang media sosial Instagram, penggunaan hashtag dan filter yang tepat, serta tips dan trik untuk menarik perhatian konsumen melalui media sosial. Selain itu, mahasiswa dan dosen juga akan memberikan pelatihan praktis dalam penggunaan aplikasi dan fitur-fitur Instagram yang dapat digunakan untuk meningkatkan promosi penjualan online. Program pengabdian ini akan dilaksanakan dari tanggal 01 Desember 2023 sampai 03 Desember 2023 dengan berbagai kegiatan seperti pelatihan, simulasi praktek, dan pendampingan langsung kepada UMKM. Selain itu, akan dilakukan pemantauan dan evaluasi secara berkala untuk mengetahui perkembangan dan dampak dari program ini.

Baca Juga  Kegempaan Tremor Terus Dialami Gunung Anak Krakatau

Universitas Pamulang dan UMKM Desa Serdang Kulon berharap melalui program pengabdian ini, UMKM dapat meningkatkan kualitas promosi online mereka sehingga dapat menjangkau lebih banyak konsumen dan meningkatkan penjualan. Dengan demikian, UMKM akan semakin berkembang dan berkontribusi dalam pengembangan ekonomi di wilayah tersebut. Kami juga berharap program ini dapat menjadi contoh bagi UMKM lainnya untuk memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi yang efektif. Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan mendukung terselenggaranya program pengabdian ini. Semoga program ini dapat memberikan manfaat yang nyata bagi UMKM Desa Serdang Kulon dan masyarakat sekitar. Mari kita terus berkolaborasi dalam membangun masyarakat yang lebih maju dan sejahtera melalui pengabdian kepada masyarakat yang berkelanjutan.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *