Mahasiswa Unpam Berikan Penyuluhan Pentingnya Meningkatkan Kesadaran dan Keamanan Mengenai K3 di Desa Pasir Gadung

TangselMedia – Mahasiswa Teknik Industri Universitas Pamulang (UNPAM) yang tergabung dalam kelompok Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), melakukan Pemberdayaan Masyarakat Desa Pasir Gadung, Kabupaten Tangerang. Kegiatan Penyuluhan dilakukan pada tanggal 29 September -01 Oktober 2023. Kegiatan tersebut dilakukan oleh satu  kelompok, terdiri dari 4 orang, diketuai oleh Adam Kurniawan dan beranggota dari Fakultas Teknik program studi Teknik Industri Universitas Pamulang. Dalam kegiatannya bekerjasama dengan masyarakat Desa Pasir Gadung.

Penyuluhan tersebut bertujuan agar ibu-ibu rumah tangga memahami dan meningkat kesadarannya tentang pentingnya safety house dalam aktivitas di rumah sehari- hari. Dengan kegiatan sosialisasi dan penyuluhan ini diharapkan pemahaman tentang K3 dan safety house bagi ibu rumah tangga dapat meningkat. Peserta yang mendapatkan materi mengenai sosialisasi dan pelatihan safety house mendapatkan peningkatan pengetahuan dan kesadaran tentang keselamatan kerja di rumah tempat yang dapat dilihat dari hasil pre test dan post test interaksi tanya jawab dan terbukti secara signifikan terdapat pengaruh..

Dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan tinggi yaitu kegiatan pengabdian masyarakat, tim dosen dan mahasiswa ikut ambil peran dalam peningkatan pengetahuan dan menumbuhkan kesadaran kepada ibu rumah tangga terkhusus di masyarakat Desa Pasir Gadung terkait pentingnya keselamatan dan kesehatan kerja dan safety house dalam melakukan aktivitas bekerja sehari-hari di rumah sehingga dapat ikut serta dalam upaya meningkatkan pengetahuan dan kesadaran tentang K3 di rumah tangga sehingga terwujud safety house yang baik di lingkungan rumah tempat tinggal.

Baca Juga  Inilah Penyebab Elektrik Starter Motor Matic Tidak Berfungsi

Tahap persiapan dari kegiatan adalah pembuatan preplanning, persiapan sarana dan prasarana seperti alat-alat sound sistem, mic, proyektor, dan terminal listrik untuk kegiatan pelatihan mengenai keselamatan dan kesehatan kerja dan safety house di Desa Pasir Gadung, Kab. Tangerang, Banten.

Kegiataan di lanjutkan dengan memberikan materi interaktif  tentang Pentingnya Meningkatkan Kesadaran dan Keamanan Mengenai K3 di Lingkungan Rumah Tangga di dampingi oleh Dosen Pembimbing bapak Agus Nurrokhman,ST., MM. dengan ibu – ibu rumah tangga Desa Pasir Gadung yang ikut berpartisipasi sebanyak 30 orang.Kegiatan ditutup dengan kegiatan tanya jawab untuk mengevaluasi materi dapat dipahami oleh ibu-ibu .Sebagai bentuk apresiasi atas kehadiran dan interasi ibu-ibu,diberikan juga bingkisan sembako yang harapannya dapat berguna bagi ibu-ibu yang hadir dapam kegiatan penyuluhan tersebut.

Selesainya acara presentasi pentingnya kesehatan dan keselamatan kerja di lingkungan rumah tangga  kemudian  secara simbolis dilakukan penyerahan dan pemasangan Kotak P3K di titik yang tepat serta mudah di akses oleh masyarakat Desa Pasir Gadung yaitu di Poskamling dan Rumah Kepala Desa.

Sebagai perwakilan dari Masyarakat, bu Yuli :

“Dengan adanya penyuluhan tentang Kesehatan dan Keselamatan Kerja di lingkungan Rumah Tangga,dapat menjadi bekal tata letak dan penanganan jika terjadi tanda atanda kecelakaan dalam rumah tangga”

Hal ini menjadi salah satu parameter keberhasilan dari PKM ini. Masyarakat berharap kegiatan sejenis dapat dilakukan kembali agar pemahaman tentang K3 dan safety house bagi ibu rumah tangga dapat meningkat.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *