Program Studi Teknik Mesin Unpam Jalin Kesepakatan Bersama Dalam Bidang Pendidikan Dengan Universitas Tri Dharma

TangselMedia-Kota Balikpapan merupakan salah satu kota besar di Indonesia yang terletak di Provinsi Kalimantan Timur. Dengan potensi sumber daya alam terutama minyak bumi dan batu bara, menjadikan kota ini berkembang cukup pesat, baik sektor industri, pertambangan, ekonomi, transportasi, maupun pendidikan. Kota yang ke depan direncanakan sebagai kota penyangga ibukota negara ini terus berbenah untuk menjadi kota yang bersih, indah, aman, nyaman sesuai dengan motonya yaitu Kota Beriman. Perkembangan sektor pendidikan tinggi di balikpapan juga cukup baik dengan ditandai berdirinya beberapa perguruan tinggi. Salah satu perguruan tinggi yang terhitung telah berdiri lama adalah Universitas Tridharma Balikpapan (UNTRI) yang telah berdiri sejak 1977. Dengan usia yang tebilang lawas serta 4 fakultas yang dimiliki, antara lain fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik, Fakultas Hukum, dan Fakultas Teknik menjadikan UNTRI sebagai perguruan tinggi terpandang di Balikpapan.

Sektor industri dan pertambangan membuka peluang kerja yang menjanjikan untuk para sarjana teknik khususnya lulusan baru. Peluang ini ditangkap oleh UNTRI dengan terus melakukan perbaikan dalam mutu standarnya. Dalam rangka mengimplentasikan merdeka belajar dan mengajar di lingkungan perguruan tinggi, Prodi Teknik Mesin Universitas Tri Dharma Balikpapan Kalimantan Timur beberapa waktu yang lalu kembali menandatangani kesepakatan kerjasama dengan Prodi Teknik Mesin Universitas Pamulang Banten di bidang Pendidikan dan Penelitian dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran di lingkungan masing-masing. Prodi Teknik Mesin Universitas Pamulang menjadi salah satu pilihan kerjasama mengingat rekam jejak dan perkembangannya yang cukup baik dengan raihan akreditasi B pada tahun 2020 yang lalu.

Baca Juga  Dua Ganda Campuran Indonesia Berhasil Singkirkan Unggulan Hong Kong

Sebenarnya, Kerjasama dalam bidang pendidikan dan penelitian antara Prodi Teknik Mesin Universitas Tridharma dan Prodi Teknik Mesin Universitas Pamulang ini telah dilaksanakan dari 14 Oktober 2020 dan berakhir pada 14 Oktober 2021. Implementasi kerjasama tersebut diwujudkan dengan adanya program pertukaran dosen dan mahasiswa untuk dapat memberikan pengalaman belajar dan mengajar kepada dosen dan mahasiswa. Dengan berakhirnya masa kerjasama tersebut, serta menimbang kemanfaatan yang telah diperoleh melalui pertukaran dosen dan mahasiswa ini, maka kesepakatan bersama pertama yang telah habis masa berlakunya tersebut telah disambung oleh kedu belah pihak dengan kerjasama yang baru.

Penandatanganan kerjasama tersebut dilaksanakan oleh Nur Rohmat, S.T., M.T. selaku Kaprodi Teknik Mesin Universitas pamulang dan Rachmasari Pramita W., S.T., M.M. selaku Kaprodi Teknik Mesin Universitas Tridharma Balikpapan pada 9 Desember 2021 yang lalu. Kedua belah pihak saling memberikan evaluasi serta mengapresiasi atas capaian yang telah diraih dalam kesepakatan awal, dan mengharapkan capaian yang telah diraih dapat dipertahankan dan ditingkatkan kembali.***

Kontributor: Abdul Choliq (Dosen Teknik Mesin Universitas Pamulang)

Tags:

Related Posts

Leave a Reply