Kegiatan Pelatihan Administrasi Keuangan pada Komunitas Sahabat UMKM Oleh Tim Dosen Universitas Pamulang

TangselMedia-Kondisi pandemik Covid-19 yang belum menemukan penyelesaian menyebabkan bisnis mengalami dampak terbesar. Lesunya perekonomian berdampak pada kegiatan usaha mikro, kecil dan menengah. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk memperbaiki dan mengelola kembali kehidupan agar dapat tetap bertahan di tengah situasi tidak pasti ini adalah melalui kegiatan administrasi keuangan yang baik untuk keberlangsungan usaha yang meliputi terpenuhinya kebutuhan modal usaha, mempunyai cadangan untuk keperluan yang penting dan untuk kepentingan investasi.

Tim Dosen prodi Sarjana Akuntansi FEB Universitas Pamulang ingin mengambil peranan dalam membantu masyarakat dengan sumbangsih ilmu. UMKM dipilih yang berdomisili di wilayah Tangerang Selatan yang sudah tergabung dalam Komunitas Sahabat UMKM. Komunitas ini terdiri dari pengusaha mikro dengan target pasar wilayah Tangerang Selatan dan sekitarnya dengan produksi memfokuskan pada makanan ringan.

Untuk dapat bertahan di tengah masa pandemik, UMKM harus dapat memisahkan antara keuangan pribadi dan bisnis sehingga mengatur keuangan dengan baik dan benar. Dengan adanya pelatihan dalam administrasi keuangan tersebut diharapkan dapat memberikan strategi atau langkah-langkah jitu bagi para pengusaha tidak sebatas bertahan namun juga mendapatkan keuntungan bagi terlaksananya usaha di tengah pandemik ini.

Baca Juga  Telkom Craft Indonesia, Ajang Membangun UKM Lokal Menuju Global

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini diketuai oleh Dewi Ulfah Arini, S.Psi., M.Psi.., M.M. Pelatihan dilakukan oleh tim Dosen yang beranggotakan: Chepi Safei Jumhana, S.Si., M.M., M.M. Tri Agung Taufiq, S.E., M.M., Rudy Bodewyn Mangasatua, S.P., M.M. dan Lioni Indrayani, S.E., M.M. serta dibantu oleh dua mahasiswa Noviyanti dan Edi Sarwono.

Kegiatan yang dilakukan melalui daring menggunakan media Zoom Meeting dengan penyampaian makalah oleh Para Dosen UNPAM pada kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan dua topik yaitu pelatihan administrasi keuangan dan pemahaman mengenai pajak UMKM yang dilakukan oleh bapak Chepi Safei Jumahan dan bapak Tri Agung Taufiq. Sebagai hasil dari kegiatan ini adalah diharapkan para pelaku UMKM sudah mulai berbenah untuk mengelola keuangan dan mulai peduli terhadap pajak.

“Kami ingin UMKM berkembang dengan baik dengan dasar pengetahuan administrasi keuangan yang mumpuni”, tutur Dewi Ulfah Arini, Rabu (28/10).

Kegiatan ini adalah bentuk pengabdian kepada masyarakat sebagai perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang diselenggarakan secara berkelanjutan.***

Kontributor : Dewi Ulfah Arini, S.Psi., M.M., Psikolog

Tags:

Related Posts

Leave a Reply