Sebagian Wilayah Menghadapi Curah Hujan Tinggi Selama Desember

Nasional 0
Sebagian Wilayah Menghadapi Curah Hujan Tinggi Selama Desember

Arsip Foto. Pengendara melintasi air yang membanjiri ruas Jalan Cingised, Bandung, Selasa (20/11/2018). Curah hujan tinggi pada Selasa (20/11) sore yang terjadi di Bandung menyebabkan genangan setinggi 15 hingga 50 sentimeter di beberapa titik di Kota Bandung. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/wsj.

TangselMedia – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan selama Desember 2018 sebagian wilayah Indonesia menghadapi curah hujan dengan intensitas tinggi di atas 300 mm/ bulan. Humas BMKG Hary T Djatmiko dalam keterangan tertulisnya pada Rabu menyatakan curah hujan tinggi menurut prakiraan berpeluang terjadi di sebagian besar Sumatera dari Aceh sampai Lampung utara, Sumedang dan Majalengka (Jawa Barat), Semarang (Jawa Tengah), serta Sidoarjo dan bagian tengah Madura (Jawa Timur).

Pesisir barat Kalimantan Barat, sebelah selatan Kalimantan dan bagian tengah Kalimantan Timur; Makassar, bagian utara Sulawesi Selatan, dan bagian tengah Sulawesi; Kupang (Nusa Tenggara Timur/ NTT); dan sebagian besar Papua juga akan menghadapi curah hujan tinggi menurut BMKG. Secara umum, curah hujan di seluruh wilayah Indonesia menurut prakiraan intensitasnya menengah sampai tinggi antara 200 dan 500 mm/ bulan. Hujan dengan intensitas rendah atau di bawah 150 mm/ bulan hanya berpeluang terjadi di sekitar Pulau Buton, Sulawesi Tenggara.

Sementara pada akhir November, menurut prakiraan BMKG hujan dengan intensitas tinggi atau lebih dari 100 mm/ dasarian berpeluang terjadi bagian barat Sumatera termasuk Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat; bagian barat Jambi dan sebagian besar Bengkulu; serta bagian barat Sumatera Selatan dan bagian utara Lampung. Kondisi serupa menurut prakiraan BMKG akan terjadi di Bogor (Jawa Barat); pesisir barat Kalimantan Barat; sebagian kecil bagian tengah Sulawesi; Flores Barat dan Pulau Timor di NTT; Pulau Buru di Maluku; serta sebagian besar Papua dan bagian selatan Manokwari Papua Barat.

Tags:

Related Posts

Leave a Reply