Siswa SDIT AULIYA, Kenali Biota Air Laut dan Tawar Indonesia

 

TangselMedia-Untuk memperkaya pengetahuan siswa tantang keanekaragaman hayati di Indonesia,SDIT AULIYA menyelenggarakan kunjunga besar ke Sea World Ancol yang berlokasi di area Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, pada Kamis 23 November 2017 lalu, Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh siswa level 2, yang didampingi oleh guru dan Kokes (coordinator Kelas).

Trip to Sea World

Setelah menempuh perjalanan sekitar 60 menit, siswa pun tiba di lokasi. Disambut oleh patung-patung penghuni lautan, siswa tampak semakin tidak sabar untuk melakukan pembelajaran seru di area akuarium Sea World.  Di area Sea World, siswa dapat melihat lebih dari 100 spesies biota air laut dan tawar yang berasal dari Indonesia maupun luar negeri seperti misalnya ikan piranha atau ikan hiu. Selain itu siswa dapat melihat langsung spesies air tawar khas Indonesia seperti Arwana, Hiu Gergaji, dan memegang langsung Ikan hiu, kura-kura, dan bintang laut.

Tak sekedar melihat, untuk melatih rasa peduli dan membangun rasa kasih sayang kepada ciptaan Allah, siswa juga diajarkan bagaimana cara memberi makan ikan di aquarium utama, dan melihat atraksi petugas akuarium memberi makan ikan Araipama (ikan dengan ukuran besar).

“Sebenarnya agenda kemarin lebih dari sekadar jalan-jalan, melainkan untuk mengenalkan anak-anak pada ciptaan Allah. Alhamdulillah anak-anak tampak bersemangat mengikuti perjalanan disana. Apalagi ketika siswa diberi kesempatan memegang Ikan Hiu. Pengalaman yang langka untuk mereka. Bisa melihat spesies ikan dari Negara lain juga jadi sumber pengalaman dan pengetahuan baru. Intinya Alhamdulillah mereka senang semua,” jelas Bapak Arif Rachman, wakil kepala sekolah SDIT AULIYA.

Insya Allah melalui perjalanan kemarin, siswa bukan hanya mendapatlan pengalaman dan pengetahuan baru, melainkan pembelajaran bahwa yang ada di muka bumi ini adalah “hasil karya” Allah Subhanahu wa Ta’ala yang menjadi bukti Kemaha KuasaanNya.(DMN)

 

 

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply