Helat Talkshow “Membangun Kota Pintar Di Indonesia” Di Indonesia Science Expo 2019

Helat Talkshow "Membangun Kota Pintar Di Indonesia" Di Indonesia Science Expo 2019

Foto: Istimewa

TangselMedia – Indonesia Science Expo 2019 resmi digelar tanggal 23 Oktober 2019 di Hall 6 ICE BSD, Tangerang Selatan. Di hari pertama Indonesia Science Expo itu diselenggarakan Talkshow dengan tema “Membangun Kota Pintar di Indonesia”. Hadir sebagai narasumber, yakni Agus Haryono selaku Deputi Bidang Tehnik serta Ketua Penyelenggara Indonesia Science Expo 2019; Benyamin Davnie selaku Wakil Walikota Tangerang Selatan; dan Dr. Purwokadi dari LIPI.

Agus menceritakan secara gamblang tentang alasan mengangkat tema talkshow Smart City di pameran itu adalah sebagai memanfaatkan faktor potensi internet di masyarakat dengan mengintegrasikan pembangunan di tahap komunikasi, teknologi dalam Smart City. Sambung beliau, sementara ini Depkominfo mengeluarkan informasi bahwa terdapat 100 kota pintar yang telah diakui.

Helat Talkshow "Membangun Kota Pintar Di Indonesia" Di Indonesia Science Expo 2019

Foto: Istimewa

Dr. Purwokadi menjelaskan bahwa definisi Smart City sendiri ialah suatu wilayah yang semua aset sudah terhubung dengan internet. Lalu datanya dikumpulkan di satu stasiun, kemudian digunakan ke semua aset yang ada. Menurut Dr. Agus syarat kota sebagai Smart City, yaitu memiliki infrastuktur lengkap, mempunyai sensor yang diperlukan untuk memonitor aset, tersedia database di pusat informasi serta dukungan penuh dari pemangku kebijakan.

Baca Juga  Jawa Barat Akan Segera Memiliki 600 Titik Perpustakaan Jalanan

Bengamin mengutarakan untuk saat ink, kota Tangerang Selatan mempunyai 3 komponen penting dimana kota Tangse menjadi kota yang lebih maju dan produktif dalam kurun waktu sepuluh tahun terakhir. 3 komponen yang dimaksud adalah masyarakat, pengusaha, dan pemerintah dengan dijembatani oleh tehnologi dan komunikasi lebih pasti serta terukur.

Tags:

Related Posts

Leave a Reply