Miris, Situ Andalan di Tangerang Selatan Ini Bisa Menggerus Potensi Wisata

Berita Tangsel

situ gintung danauTangselMedia.com – Citra keindahan objek Situ sebenarnya bisa membuka potensi wisata menguntungkan bagi kota Tangerang Selatan. Pasalnya, ada banyak Situ yang tersebar di daerah Tangsel. Manfaat utama situ yang dibuat sejak zaman Belanda itu adalah untuk menahan air sekaligus irigasi. Tetapi kini sangat disayangkan karena hampir semua situ di Tangerang Selatan kurang terawat, bahkan tergerus oleh pemukiman warga.

Sejumlah situ milik Tangerang bagian Selatan yang sekarang ini masih bisa berfungsi telah dimanfaatkan menjadi objek wisata alam. Salah satu contoh adalah Situ Gintung. Kini, lokasi situ yang menelan ratusan korban jiwa pada tahun 2009 itu mulai ditata sebagai taman wisata.

Begitu juga seperti Situ Gintung, 8 kawasan Situ Tangerang bagian Selatan pun bisa menjadi objek wisata alami paling menarik jika mendapat perawatan yang tepat. Terutama kalau memang di masa mendatang dapat dikelola menjadi wahana rekreasi, termasuk masalah pencemaran air pun perlu dituntaskan. Terutama perlu dipastikan tentang kekuatan tanggul penahan air supaya tragedi lalu tidak berulang lagi. Namun terlepas dari semua problem tersebut, potensi wisata alam situ pasti akan sangat mendukung warna pariwisata di Tangerang Selatan.

Selain Situ Gintung Ciputat, apa saja situ-situ lain yang ada di Tangerang Selatan?

  • Situ Bungur

Berada di pinggir Jalan Kompas, tepatnya di Kelurahan Pondok Ranji Kecamatan Ciputat Timur. Potensi wisata Situ Bungur mulai mendapat perhatian dari pemerintah daerah dan warga sekitar. Meskipun belum secantik penataan Situ Gintung, namun panorama sekitar Situ Bungur juga menjanjikan keindahan tersendiri. Setelah penataan, tentu Situ Bungur pun bisa menjelma sebagai Taman Wisata.

  • Situ Ciledug atau Muara Tujuh

Dahulu Situ yang berkedatan dengan Pamulang Square ini merupakan yang terbesar di Tangerang. Namun seiring pembangunan kota terjadi pendangkalan dan penggerusan hingga akhirnya Situ Ciledug pun kurang terawat.

  • Situ Pamulang

danau pamulangSitu Pamulang terletak di tengah kota tepatnya sekitaran Pacuan Kuda, Pamulang. Sangat disayangkan penyempitan lahan juga penimbunan oleh warga akhirnya menggerus luas Situ Pamulang.

  • Situ Pondok Jagung

Kondisi memprihatinkan juga tampak di Situ Pondok Jagung. Pennggerusan dan pendangkalan terjadi karena pemukiman warga terus bertambah, termasuk juga kawasan perumahan elite.

  • Situ Parigi

Situ Parigi di Kecamatan Pondok Aren dalam keadaan rusak, bahkan bendungan telah retak sehingga rawan jebol sewaktu-waktu. Selain itu, kondisi situ yang dangkal justru dipenuhi oleh tumpukan sampah. Tentunya jika tidak mendapat perhatian khusus, keretakan Situ Parigi akan sangat berbahaya seperti pernah terjadi pada Situ Gintung.

Selain situ-situ tersebut, tentunya masih ada lagi masalah lingkungan serupa pada situ lainnya, yakni Situ Kayu Atap, Situ Rompong, dan Situ Legoso. Nah, semoga saja pemerintah derah Tangerang Selatan bisa segera membenahi seluruhnya agar potensi wisata alam situ bisa dinikmati oleh masyarakat luas.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Comments are closed.