Tol Desari, Sawangan-Jakarta Hanya 20 Menit

Tol Desari, Sawangan-Jakarta Hanya 20 Menit

Foto: Reuters

TangselMedia – Pembangunan proyek Tol Depok-Antasari (Desari) Seksi 1 Antasari-Brigif sepanjang 5,80 KM sudah hampir selesai. Tol Desari ini sendiri nantinya akan tersambung hingga ke wilayah Kabupaten Bogor.
Rinciannya, mulai dari Seksi I menghubungkan Antasari-Brigif dengan panjang 5,80 KM, Seksi 2 Brigif-Sawangan sepanjang 6,30 KM, dan Seksi 3 Sawangan-Bokonggede 9,50 KM.

Seputi Proyek Manajer PT. Citra Waspphutowo Indra Purnadi mengatakan dengan adanya Tol Desari ini tersambung semua, maka dapat menghemat waktu dari Sawangan hingga Jakarta menjadi 20 menit.
“Kalau misalnya dari Sawangan ke arah Jakarta ditempuh dalam waktu 1 jam, kalau lewat tol ya mungkin 20-30 menit sudah bisa sampai. Itu perhitungan 100 km per jam dengan jarak 20 km kan sekitar 20 menitan,” ujar Indra kepada detikFinance, Jakarta, Jumat (13/7/2018).
Selain itu, Indra juga mengatakan, Tol Desari ini juga nantinya dapat mengurai kepadatan lalu lintas di titik-titik keramaian. Untuk Seksi 1 misalnya dapat mengurangi kepadatan lalu lintas yang biasa terjadi di kawasan Antasari dan Cinere.
“Tingkat kepadatan traffic dari pondok labu, dari Brigif, dari Cinere itu kan sudah overload. Jadi memang tahap satu ini kalau sudah diresmikan, sudah dioperasionalkan otomatis traffic dari Cinere bisa terurai, bisa mengurangi kemacetan,” ujarnya.
Sementara untuk seksi 3, bisa mengurangi kepadatan di jalur Jogorawi kea rah Jakarta. Selain itu, Tol Desari ini juga bisa menjadi piihan rute masyarakat Bogor untuk pergi ke Bandara Soekarno-Hatta.

Baca Juga  Polisi Periksa 6 Saksi, Kasus Meninggalnya Pensiunan TNI AL

“Kalau terus dilanjutkan ke tahap 2 dan tahap 3. Ini tahap 2 kan sampai Sawangan, lalu tahap 3 sampai Bogor. Kalau sampai Bogor otomatis bisa mengurai kepadatan di Jagorawi, itu kan di sana juga sudah overload. Jadi nanti dari Bogor itu ada pilihan kalau mau ke bandara bisa lewat Desari,” ujarnya.

Tags:

Related Posts

Leave a Reply