Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan

Lifestyle845 Views

TangselMedia – BPJS Ketenagakerjaan menjadi salah satu fasilitas yang biasanya didapatkan bagi mereka yang berstatus pekerja atau karyawan di sebuah perusahaan atau usaha tertentu. BPJS Ketenagakerjaan adalah jaminan bagi pekerja atau karyawan agar terpenuhi kebutuhannya. Bagi kamu yang sudah terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan, sebaiknya mengetahui cara cek saldonya. Pasalnya, cek saldo BPJS Ketenagakerjaan akan sangat berguna untuk mengetahui jumlah uang Jaminan Hari Tua (JHT) yang dapat diambil ketika mengundurkan diri, terkena pemutusan hubungan kerja (PHK), atau saat pensiun dari perusahaan. 

Saldo JHT yang dimiliki oleh masing-masing pekerja pastinya bisa berbeda-beda jumlahnya, tergantung dari besaran gaji dan periode kepesertaan. Iuran kepesertaan dibayarkan oleh pekerja dan perusahaan selama masih aktif sebagai peserta. Mengetahui cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan ini penting dilakukan sebelum Anda melakukan klaim BPJS Ketenagakerjaan. Pasalnya, dengan cek saldo terlebih dahulu maka bisa melakukan perencanaan penggunaan dana JHT ke depannya.

Pengertian BPJS Ketenagakerjaan

Bagi para pekerja, pastinya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya BPJS Ketenagakerjaan. Mengingat hampir sebagian besar pekerja di suatu perusahaan atau usaha tertentu pasti memberikan fasilitas BPJS Ketenagakerjaan sebagai jaminan hari tua (JHT). BPJS Ketenagakerjaan sendiri merupakan sebuah program pemerintah berupa layanan jaminan sosial dan juga proteksi guna memberikan sebuah perlindungan bagi tenaga kerja yang ada di Indonesia hingga mereka pensiun. 

Sebelumnya penamaan BPJS Ketenagakerjaan adalah Jamsostek (Jaminan Sosial Tenaga Kerja), namun kemudian diubah pada 2014 lalu. BPJS Ketenagakerjaan merupakan program wajib pemerintah yang harus dijalankan oleh setiap perusahaan di Indonesia. Oleh karena itu, setiap perusahaan di Indonesia harus mendaftarkan para karyawannya dalam program BPJS Ketenagakerjaan. Dalam BPJS Ketenagakerjaan terdapat beberapa jaminan, yaitu jaminan kecelakaan kerja (JKK), jaminan hari tua (JHT), jaminan pensiun, dan jaminan kematian. 

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan

Mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan bisa dilakukan secara online maupun offline. Untuk cara online terbilang lebih banyak diminati lantaran bisa dilakukan di manapun dan kapanpun asalkan terhubung dengan internet. Ada beberapa cara online yang bisa Anda lakukan untuk cek saldo BPJS Ketenagakerjaan, antara lain:

  1. Melalui aplikasi JMO (Jamsostek Mobile)
  2. Melalui website resmi BPJS Ketenagakerjaan
  3. Melalui SMS

Untuk cara offline sendiri bisa dilakukan dengan datang langsung ke kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan yang ada di kota Anda. Jika Anda memiliki waktu luang dan memiliki urusan lain di samping ingin mengetahui saldo JHT, maka cara offline bisa digunakan. 

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan dengan Aplikasi JMO

Untuk cara mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan secara online yang bisa Anda lakukan salah satunya melalui aplikasi JMO atau Jamsostek Mobile. Aplikasi ini bisa Anda dapatkan dengan mengunduhnya dari PlayStore dan AppStore. Bisa dijalankan di perangkat Android maupun iOS. Menggunakan aplikasi JMO akan memudahkan masyarakat yang membutuhkan layanan digital BP JAMSOSTEK tanpa harus datang ke kantor cabang, antre, atau bahkan meninggalkan aktivitas yang sedang dilakukan. 

Adapun cara menggunakan aplikasi JMO untuk cek saldo BPJS Ketenagakerjaan adalah sebagai berikut:

  1. Download aplikasi JMO dari PlayStore atau AppStore, lalu install
  2. Klik Buat Akun untuk mendaftar apabila Anda belum memiliki akun
  3. Pilih Kewarganegaraan
  4. Pilih jenis kepesertaan dari beberapa pilihan yaitu Penerima Upah, Bukan Penerima Upah, atau Pekerja Migran Indonesia. 
  5. Selanjutnya, masukkan informasi data diri berupa Nomor Induk Kependudukan (NIK), nomor kartu peserta BP Jamsostek, nama lengkap dan tanggal lahir. 
  6. Namun apabila sebelumnya sudah punya akun, Anda bisa langsung login menggunakan email dan password yang telah terdaftar di aplikasi JMO. 
  7. Pilih menu Jaminan Hari Tua, setelahnya klik Cek Saldo
  8. Pada halaman Cek Saldo bisa pilih Nomor Kartu Peserta KPJ
  9. Selanjutnya pilih KPJ yang ingin ditampilkan
  10. Tunggu beberapa saat dan saldo JHT akan ditampilkan secara mendetail beserta dengan data yang dilaporkan
Baca Juga  Waw Toko Vape di Tangsel Ini Sangat Terkenal

Mengetahui cara mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan akan membantu bagi Anda yang ingin memperkirakan dana pensiun untuk rencana di masa depan. 

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Melalui Website

Jika perangkat smartphone Anda tak memungkinkan untuk menginstal aplikasi JMO, maka tak perlu khawatir. Ada cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mengecek saldo JHT, yaitu dengan mengunjungi website resmi BPJS Ketenagakerjaan yang beralamat di sso.bpjsketenagakerjaan.go.id. Untuk cara ini terbilang sangat mudah dan simpel. Anda bisa mengakses website resmi BPJS Ketenagakerjaan melalui perangkat PC maupun smartphone. Adapun langkah-langkahnya bisa diikuti berikut ini.

  1. Masuk ke website resmi BPJS Ketenagakerjaan di sso.bpjsketenagakerjaan.go.id
  2. Apabila sudah memiliki akun bisa langsung login
  3. Apabila belum memiliki akun, silakan untuk membuat akun terlebih dahulu dengan klik Buka Akun dan ikuti instruksi yang tertera di layar hingga proses pendaftaran akun berhasil
  4. Jika sudah memiliki akun, Anda bisa login ke website tersebut
  5. Klik menu Lihat Saldo JHT
  6. Tunggu sebentar dan layar akan menampilkan informasi mengenai saldo BPJS Ketenagakerjaan Anda. 

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Melalui SMS

Selain kedua cara yang sudah dipaparkan sebelumnya, ada cara lain untuk mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan yang cukup mudah dan praktis, yaitu melalui SMS. adapun caranya bisa disimak berikut ini. 

  1. Lakukan registrasi dengan cara mengirim SMS ke nomor 2757. 
  2. Kirim SMS dengan format: Daftar (spasi) SALDO #NO_KTP#TGL_LAHIR(DD-MM-YYYY)#NO_PESERTA#EMAIL(bila ada)
  3. Setelah terdaftar, Anda bisa mengirim SMS lagi menggunakan format: SALDO (spasi) nomor peserta, lalu kirim ke 2757. 
  4. Nantinya Anda akan mendapatkan balasan SMS berupa informasi saldo BPJS Ketenagakerjaan.

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Secara Offline

Selain menggunakan cara online, Anda juga bisa mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan secara offline dengan datang langsung ke kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan yang ada di kota Anda. Meskipun terkesan tradisional, cara mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan ini juga masih cukup diminati. Terutama bagi masyarakat yang masih awam dengan cara-cara online. Untuk cek saldo BPJS Ketenagakerjaan secara offline bisa diikuti langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Cari informasi alamat kantor BPJS Ketenagakerjaan yang terdekat dengan lokasi Anda dan datangi di jam kerjanya. Jangan lupa bawa kartu BPJS Ketenagakerjaan milik Anda.
  2. Saat berada di kantor BPJS Ketenagakerjaan, ambil nomor antrian sesuai dengan keperluan.
  3. Nantinya Anda bisa menemui langsung petugas BPJS Ketenagakerjaan dan minta untuk pengecekan saldo dengan menunjukkan kartu BPJS Ketenagakerjaan Anda.
  4. Petugas nantinya akan membantu mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan dalam akun Anda.

Jika Anda belum mengetahui di mana kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat, bisa cek pada halaman kontak di website BPJS Ketenagakerjaan. Kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan atau BPJSTK buka setiap hari Senin hingga Jumat dari pukul 08.00 – 17.00 WIB. Sehingga pastikan Anda datang di jam operasional kerja tersebut. 

Itu tadi sedikit informasi mengenai cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan secara online maupun offline yang bisa diikuti. Semoga membantu ya!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *