Cara Daftar dan Hubungi Call Center BPJS Kesehatan, Cek Disini

Lifestyle693 Views

TangselMedia – Sudahkah Anda memiliki BPJS Kesehatan? Apakah Anda pernah mengalami kendala terkait BPJS Kesehatan dan ingin mencari solusinya? Anda dapat menghubungi call center BPJS Kesehatan dan menyampaikan keluhan seputar BPJS Kesehatan  yang membuat Anda resah.

Tetapi sebelum mengetahui cara menghubungi call center BPJS Kesehatan, Anda perlu mengetahui apa itu call center BPJS Kesehatan, tujuan dari call center, dan cara mendaftar BPJS Kesehatan. Bagi Anda yang penasaran mengenai apa yang akan diulas, simak pembahasan di bawah ini.

BPJS Kesehatan

BPJS atau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial merupakan lembaga yang berfungsi melayani masyarakat Indonesia di bidang kesehatan, ketenagakerjaan, dan pegawai negeri atau pegawai sastra. Badan atau perusahaan ini sudah mulai diselenggarakan pada tahun 2014 melalui UU Nomor 24 Tahun 2011

Salah satu program dalam BPJS adalah BPJS Kesehatan. BPJS Kesehatan merupakan program jaminan kesehatan yang diselenggarakan oleh pemerintah, program inu memiliki tugas untuk memberikan layanan kesehatan kepada rakyat Indonesia. BPJS Kesehatan sangat berperan dan penting dalam hidup Anda saat ini atau ke depannya. 

Apakah Anda sudah memiliki dan mendaftar BPJS Kesehatan? Bagi Anda yang belum dan ingin segera mendaftar, Anda dapat memenuhi  syarat dan ketentuan, yaitu memiliki berkas penting, seperti KK, KTP, NPWP, dan buku rekening  Anda juga perlu menyiapkan pas foto dan nomor telepon atau Email yang aktif.

Cara Mendaftar BPJS Kesehatan

Setelah Anda sudah menyiapkan ketentuan dan syarat. Anda boleh melanjutkan ke tahap pendaftaran. Pendaftaran BPJS Kesehatan dapat Anda lakukan dengan dua cara, yaitu daftar langsung secara offline dan daftar tidak langsung secara online. Simak dua cara mendaftar BPJS Kesehatan secara offline dan secara online

  1. Cara Daftar BPJS Kesehatan Offline

Apabila Anda ingin mendaftar BPJS Kesehatan secara offline atau langsung, Anda hanya perlu mengunjungi kantor BPJS Kesehatan terdekat. Pastikan Anda sudah memenuhi persyaratan dan ketentuan yang sudah disebutkan sebelumnya. Kemudian, isi formulir pendaftaran tersedia. Anda dapat meminta bantuan petugas apabila mengalami kendala atau masalah. 

  1. Cara Daftar BPJS Kesehatan Online

Apabila, Anda tidak sempat ke kantor BPJS Kesehatan, Anda dapat mendaftarnya secara online melalui aplikasi Mobile JKN. Aplikasi yang satu ini dapat Anda unduh dan instal di Play Store atau App Store. Setelah mengunduh, Anda dapat membuka aplikasi JKN dan kemudian cari dan klik opsi “Daftar”.

Selanjutnya, dapat dilanjutkan dengan mencari menu “Pendaftaran Peserta Baru”. Nantinya, Anda akan diminta mengisi berkas persyaratan dan juga mengisi identitas Anda di formulir pendaftaran yang sudah tersedia di aplikasi. Lalu, pilih Faskes dan dokter sesuai keinginan dan kebutuhan Anda. 

Terakhir, Anda perlu memasukkan nomor dan Email yang masih aktif, nantinya Anda akan mendapatkan kode verifikasi dan Anda perlu memasukkan kode tersebut. Maka nomor virtual account yang bertujuan untuk membayar iuran BPJS Kesehatan akan segera diterima.

Call Center BPJS Kesehatan

Sekarang ini, BPJS Kesehatan tidak lagi menggunakan istilah call center BPJS Kesehatan, namun saat ini call center BPJS Kesehatan menggunakan istilah care center BPJS Kesehatan. 

Apa sih sebenarnya call center BPJS Kesehatan? Istilah ini pada umumnya adalah layanan pengguna saat mengalami kendala atau mengajukan permintaan seputar kesehatan. Pelayanan ini dibuka selama 24 jam penuh. 

Manfaat bagi Anda dalam menggunakan call center BPJS Kesehatan adalah untuk melayani Anda para pengguna yang mengalami kendala, permintaan, keluhan, maupun saran terkait BPJS Kesehatan. Anda juga dapat mengetahui informasi mengenai program BPJS dan mengetahui informasi terkait tagihan iuran BPJS Kesehatan. 

Baca Juga  Ternyata Raffi Pernah Selingkuhi Tyas Mirasih Saat Masih Pacaran

Selain itu, Anda juga dapat melakukan menjadi anggota BPJS dengan melakukan pendaftaran. Anda juga dapat mengubah data anggota melalui call center BPJS Kesehatan, perubahan data-data yang dimaksud berupa data tempat tinggal, data nama keluarga, alamat Email Anda, dan masih banyak lainnya. Manfaat lainnya, dengan call center BPJS Kesehatan Anda juga dapat berkonsultasi.

Cara Hubungi Call Center BPJS Kesehatan

Anda dapat menyampaikan permintaan, keluhan, maupun saran terkait BPJS Kesehatan melalui berbagai cara, di antaranya melalui Mobile JKN dan melalui media sosial. Simak dua cara menghubungi call center BPJS Kesehatan melalui Mobile JKN dan media sosial berikut ini.

  1. Cara Hubungi Call Center BPJS Kesehatan Melalui Mobile JKN

Langkah pertama menghubungi dan mengakses call center BPJS Kesehatan, Anda perlu mengunduh Mobile JKN di Play Store atau App Store terlebih dahulu. Setelah itu, Anda buka aplikasi tersebut dan masukkan NIK dan passwordnya untuk login. Masukkan kode captcha pada kolom yang disediakan, kemudian pilih “Login”.

Selanjutnya, Anda dapat mencari menu “Informasi dan Pengaduan”. Nah di menu tersebut, Anda diminta mengisi formulir keluhan, pengaduan, atau pun permintaan. Selain itu, Anda juga diminta data atau identitas diri. Untuk menyelesaikannya, Anda pilih opsi “Laporkan” pada Mobile JKN.

  1. Cara Hubungi Call Center BPJS Kesehatan Melalui Media Sosial

Cara kedua untuk menghubungi call center BPJS Kesehatan adalah melalui media sosial. Salah satu media sosial yang dimaksud adalah WhatsApp (WA). Anda dapat menghubungi call center BPJS Kesehatan dengan ngechat melalui WA. Pertama-tama, Anda simpan nomor call center 08118750400 terlebih dahulu.

Selanjutnya ketik “BPJS” pada chat obrolan WA, nantinya Anda akan diminta untuk memilih tujuh opsi. Nah, disitu Anda dapat memilih opsi “Layanan Pandawa”. Anda perlu menunggu sampai menerima balasan jawaban.

Selain WA, Anda juga dapat menghubungi melalui Telegram. Anda hanya perlu mencari di kolom pencari Telegram “Chika BPJS Kesehatan”. Chika adalah layanan bentuk chat yang dapat merespon secara otomatis kiriman Anda. Sama seperti melalui WA, Anda akan diminta memilih opsi yang diinginkan. 

Tak hanya WA dan Telegram, Anda juga dapat loh menghubungi call center BPJS Kesehatan melalui Twitter. Pertama Anda login terlebih dahulu ke akun Twitter, kemudian cari username @BPJSkesehatanRI. Setelah itu, pilih dm melalui Twitter “BPJS”. Nantinya, Anda akan diminta mengisi data diri dan informasi pengaduan. 

Selain itu, Instagram, Facebook, dan Email juga dapat dimanfaatkan untuk menghubungi call center BPJS Kesehatan. Instagram dengan username @bpjskesehatan_ri,  Facebook dengan nama @BPJSKesehatanRI, sedangkan melalui Email, Anda dapat mengirimkan keluhan di [email protected]

Sementara itu, call center BPJS Kesehatan juga menyediakan nomor telepon 165 dan melayani Anda selama 24 jam. Jadi Anda memiliki banyak pilihan dalam menghubungi call center BPJS Kesehatan.

Nah bagaimana menurut Anda penjelasan dan ulasan mengenai call center BPJS Kesehatan, menarik bukan? Bagi Anda yang belum mendaftar BPJS sebaiknya segera mendaftarnya. Selain bagi Anda yang ingin mengirimkan keluhan atau permintaan dapat dilakukan dengan berbagai cara yang sudah disebutkan di atas.

Semoga penjelasan dan ulasan mengenai call center BPJS Kesehatan dapat bermanfaat dan membantu Anda dalam menyelesaikan masalah dan kendala yang terjadi. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *