Desain Ayunan Solidworks Buatan Mahasiswa Unpam Untuk TPQ Ashiddiq Cisauk

TangselMedia-Sehubungan dengan Tridharma perguruan tinggi, yang terdiri dari Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Dimana ketiga poin tersebut merupakan hal penting dalam mewujudkan visi dari perguruan tinggi. Tim dari Mahasiswa Universitas Pamulang melakukan salah satu dari ketiga hal tersebut yaitu, Pengabdian Kepada Masyarakat.

Dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat, tim mahasiswa ini terdiri dari lima orang anggota. Dalam kegiatan tersebut mereka bekerja sama dengan Pimpinan TPQ Ashiddiq Desa Suradita, Kecamatan Cisauk.

Pada tanggal 26 agustus 2023 kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat tersebut telah dilaksanakan di TPQ Ashiddiq Desa Suradita Kecamatan Cisauk, mereka merancang desain ayunan sedemikian rupa baiknya menggunakan solidworks untuk tpq tersebut. Tujuan dari pembuatan desain ayunan ini sendiri adalah supaya pada saat pembuatan atau proses perealisasian ayunan ini bisa dimaksimalkan agar hasil dari ayunan yang nantinya bisa bertahan lama dan berkualitas.

Untuk teknis pelaksanaannya  kelompok PKM mahasiswa mempersiapkan terlebih dahulu alat yang akan di gunakan untuk melakukan pendesainan seperti laptop/personal computer (pc) dengan catatan sudah ada aplikasi solidworks , kemudian kelompok pkm tersebut melakukan survei bahan/material yaitu besi. Karna bahan atau material yang digunakan adalah besi maka mahasiswa tersebut melakukan pengujian terlebih dahulu apakah jika menggunakan besi dengan ketebalan sekian bisa bertahan lama, kemudian berapa bobot minimal dan maksimalnya dengan tujuan meminimalisir hal yang tidak diinginkan. Selain itu tujuan melakukan desain ini adalah supaya pada saat proses perealisasian bisa dipahami dengan baik nantinya.

Baca Juga  Sandi Hadiri Syukuran DPMPTSP yang Ketiga Dengan Peluncuran Inovasi Baru Berbasis Teknologi

Tim mahasiswa ini juga memiliki semangat yang tinggi dari mulai penelitian terhadap bahan yang akan digunakan ,memikirikan bentuk desain ayunan dengan sebaik mungkin supaya meminimalisir krak atau patahan pada saat pembuatan dan sebagainya.

Tanggapan dari para anak-anak di TPQ Ashiddiq Desa Suradita merasa senang dengan dibuatkannya desain ayunan yang kemudian nantinya akan langsung di realisasikan oleh kelompok mahasiswa yang lainnya. Harapan dari tim mahasiswa adalah dengan dibuatkannya desain ayunan ini bisa memudahkan pada saat proses perealisasian ayunan tersebut sehingga menghasilkan ayunan dengan kualitas baik.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *