Unpam Gelar PKM Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) dan PKM Berbasis Hasil Penelitian Bertema Penerapan Teknologi Filterisasi di Kampung Cibeber, Lebak, Banten

TangselMedia-Pada Hari Rabu  dan Kamis tanggal 22-23  Desember 2021 Unpam menggelar Kegiatan Program Penelitian Kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) dan Pengabdian Kepada Masyarakat Berbasis Hasil Penelitian “Penerapan Teknologi Filterisasi Untuk Pengolahan Air Kotor Layak Konsumsi Di Kampung Cibeber Lebak Banten”, oleh dosen dan mahasiswa dari, Universitas Pamulang. Kegiatan PKM ini diketuai oleh Sofian Bastuti, S.T, M.T. yang beranggotakan Adi Candra, S.T, M.T., Yudi Maulana, S.T, M.T, Rini Alfatiyah, S.T, M.T, serta Dr. H. Sugiyanto, MM., CMA, CFRM., CT., CHt . Disamping dosen juga melibatkan dua mahasiswa dari Program Studi Teknik Industri Munbaits Niar Pratama dan Hadi Yusuf Bachtiar.

Pada Kegiatan PKM ini disambut baik oleh Kepala Desa Cijengkol Nendi, S.PD.I,Kelompok Karang Taruna dan warga Kampung Cibeber, Desa Cijengkol, Kabupaten Lebak. Permasalahan yang terjadi di kampung Cibeber  adalah letak mata air yang terlampau jauh untuk pendistribusian, kondisi geografis perbukitan yang mana sulitnya menjangkau sumber air rumah warga, dan kondisi air yang kurang layak untuk konsumsi dan kesehatan tubuh.

Baca Juga  MTQ Cilegon Wujud Pembangunan Moral Bangsa

“Dengan adanya Program PKM MBKM  ini memberikan solusi dengan adanya saluran distribusi air dengan sistem kehandalan pemipaan dan menggunakan pompa yang handal beserta jaringan listrik untuk suplai tenaga pompa berikut dengan bak kontrol disetiap jarak 300 meter. Hal ini dilakukan untuk menjaga kondisi mesin pompa penyedot air untuk selalu berfungsi dimana pada sumber air diberikan dua pompa yang difungsikan secara pararel alternatif atau bergantian sesuai dengan kebutuhan kapasitas,” ujar Sofian selaku ketua pelaksana.

“Dan juga menggunakan teknologi ultrafiltersasi sebagai alternatif filter air untuk layak konsumsi yang mana Ultra Filtrasi (UF)  merupakan proses penyaringan murni dengan ukuran pori < 0.1 mikron sehingga dapat menghilangkan kekeruhan, partikel, bakteri dan zat organik dalam air hingga level tertentu”, imbuhnya.

Kegiatan PKM MBKM “Penerapan Teknologi Filterisasi Untuk Pengolahan Air Kotor Layak Konsumsi Di Kampung Cibeber Lebak Banten” bisa terlaksana dukungan dari Universitas Pamulang dan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi Kemendikbud Ristek atas pendanaan kegiatan PKM ini.***

Tags:

Related Posts

Leave a Reply