Mahasiswa Teknik Industri Unpam Memaksimalkan Warga Dalam Teknik Pengemasan Produk Hidroponik di Legok

TangselMedia-Pada hari Selasa sampai Kamis tanggal 13-15 Desember 2022 Mahasiswa Teknik Industri Universitas Pamulang melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat di Desa Cirarab Legok Tangerang Banten. Dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat kali ini tim pengabdi mengangkat tema dengan judul Penyuluhan Teknik Pengemasan Produk Hidroponik Untuk Membantu menambah wawasan masyarakat yang menanam sayuran hidroponik tentang pengemasan yang baik sebelum di jual ke pasar. Kegiatan ini bertujuan untuk bisa membantu masyarakat desa cirarab Legok, Tangerang yang menanam sayuran hidroponik agar bisa mengemas sayuran hidroponik mereka dengan kemasan yang menarik dan lebih rapi sebelum di pasarkan.

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini diketuai oleh Dimas Suwandi serta 4 anggot  yaitu Dafiz Irawan, Herlaut Eka Nugraha, Muhamad Andriansyah, dan Yanuar bayu Tristianto. Dalam kesempatan ini Kepala Desa Cirarab Legok Tangerang, Hj. Imas Rayulatifah Mengatakan, “Banyak Berterimakasih Kepada Para Mahasiswa Universitas Pamulang karena sudah mengadakan Pengabdian Kepada Masyarakat Di Desa Cirarab Legok Tangerang” ujar beliau.

Kepala Desa juga berharap dengan adanya penyuluhan Teknik Pengemasan Produk hidroponik ini dapat menambah ilmu para warga yang menanam sayuran hidroponik tentang pengemasan yang lebih rapi, menarik dan meiliki daya jual, serta menjadikan inspirasi untuk Para masyarakat Desa Cirarab untuk menanaman sayuran hidroponik. Ibu Kepala Desa pun berharap mudah-mudahan ilmu yang sudah diberikan ini bukan hanya pengalaman saja, tapi bisa menjadi ide untuk warga untuk pengemasan yang baik dan menarik. Menurutnya di desa ini memang bukan desa pertanian tetapi ada sebagian besar warga yang yang menanam sayuran hidroponik, dengan adanya penyuluhan Teknik Pengemasan Produk Hidroponik ini mudah mudahan Masyarakat yang menanam sayuran hidroponik dapat bisa menjual sayurannya dengan kemasan yang lebih menarik agar bisa menambah harga jual sayuran itu.

Baca Juga  Sekolah Internasional di Tangerang, Ini Rekomendasi dan Daftarnya

Apresiasi juga diberikan Dedi Setiawan selaku ketua Karang Taruna Desa Cirarab Legok Tangerang, “Kegiatan ini adalah hal yang positif dan saya juga dari Pemuda Karang Taruna dan Desa Cirarab Legok Tangerang mengapresiasi kegiatan ini. Karena para warga yang menanam sayuran hidroponik belum tahu betul Teknik pengemasan yang baik dan menarik untuk sebelum dijual ke pasar. Ini adalah hal yang sangat bagus ketika Mahasiswa Universitas Pamulang dan Dosen mau bekerja sama dalam membagikan ilmu nya ini bagi kami para Warga Desa Cirarab Legok Tangerang”, ujar Dedi.

“Kami berharap untuk kedepan nya dapat bekerjasama kembali dengan Kampus Universitas Pamulang dalam pembagian ilmu selain Pengemasan produk Hidroponik. Kami terbuka sekali untuk Para Mahasiswa Universitas Pamulang untuk bekerjasama dengan Desa Cirarab Legok Tangerang ini”, imbuhnya.

Pada pelaksanaan kegiatan ini para warga sangat berantusias sekali  dalam melakukan Praktek Penyuluhan Teknik Pengemasan Produk Hidroponik, pemberian materi penyuluhan  dilakukan oleh mahasiswa Teknik Industri, Dimas Suwandi, Dafiz Irawan, Herlaut Eka Nugraha, Muhamad Andriansyah dan Yanuar Bayu Tristianto. dalam menerangkan Proses Pengemasan Produk Hidroponik. Kepala Desa Cirarab Legok Tangerang Hj. Imas Rayulatifah sangat mendukung Kegiatan Mahasiswa Teknik Industri Universitas Pamulang dengan ditandai melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama antara Teknik Industri Universitas Pamulang dengan Kelurahan Desa Cirarab Legok Tangerang sehingga kedepannya diharapkan dapat melakukan kegiatan yang berkesinambungan secara bersama-sama. Secara umum kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini berjalan dengan lancar dan sukses serta dilakukan sesi tanya jawab dari audien kepada para anggota PKM dan diakhiri dengan foto bersama.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *