Agar Pemahaman Moderasi Beragama Meningkat, Unpam Gelar Seminar Nasional Keagamaan

TangselMedia-Untuk mewujudkan visi Universitas Pamulang (Unpam) yang humanis-religius,  Lembaga Kajian Keagamaan Universitas Pamulang (LKK-Unpam) menggelar seminar nasional keagamaan dengan judul “Aktualisasi Wawasan Moderasi Beragama di Lingkungan Kampus” pada hari Kamis (15/12/2022) di Ruang Teleconference Gedung Viktor Kampus 2, Universitas Pamulang.

Narasumber di seminar ini adalah Ahmad Thib Raya, Wakil Koordinator Kopertais 1 DKI Jakarta dan Banten, Dik Doank, seniman dan aktivis dakwah, serta MuhammadWildan, Wakil Rektor (Warek) III Universitas Pamulang. Turut hadir Ketua Yayasan Sasmita Jaya Grup, Wakil Rektor II, III, dan IV, Dosen Agama, dan Mahasiswa Universitas Pamulang dari berbagai prodi.

Sofyan Hadi Musa selaku Ketua LKK dalam sambutannya menyampaikan bahwa salah satu bentuk usaha untuk mewujudkan visi Unpam yang berlandas pada nilai-nilai Humanis dan Religius. “Acara ini adalah salah satu program yang menjadi bentuk usaha untuk mewujudkan Visi Unpam yang berlandas pada nilai-nilai Humanis dan Religius,” ujarnya.

Baca Juga  SERUNI Kecam Pembubaran Paksa Aksi Massa Buruh P.T. Panarub Dwikarya di Kota Tangerang

Dalam Sambutan lainnya, Subarto, Wakil Rektor II Unpam menyampaikan harapannya mengenai manfaat dari acara ini. “Semoga pemaparan pada acara ini nantinya dapat menjadi pemahaman dan bekal bagi para mahasiswa untuk merealisasikan moderasi beragama dalam lingkungan kampus maupun diluar lingkungan kampus,” ungkapnya.

Dalam Pemaparannya, Ahmad Thib Raya sebagai narasumber menjelaskan mengenai moderasi beragama. “Agama tidak bisa dimoderasi tapi beragama yang harus dimoderasi karena moderasi beragama hadir untuk menghilangkan intoleran terhadap sesama,” terangnya.

Narasumber selanjutnya adalah Muhammad Wildan yang menyampaikan mengenai gagasan moderasi beragama. “Gagasan moderasi beragama ini menjadi semacam jalan tengah dalam merajut kebinekaan suku bangsa Indonesia yang dapat membawa pada persatuan bangsa,” ujarnya.

Setelah pemaparan materi selesai, dibukalah sesi pertanyaan. Kemudian acara pun ditutup pemberian hadiah, foto bersama dan pemberian cendera mata  kepada narasumber dan moderator.

Kontributor : Ar’rum Adrianti (Mahasiswa Ekonomi Syariah Unpam)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *