Mahasiswa Unpam Berikan Penyuluhan Program Tata Kelola Lingkungan Indah Rapi dan Nyaman Dengan Pembuatan Bracket Tempat Sampah

TangselMedia-Sampah merupakan salah satu permasalahan yang patut untuk diperhatikan. Sampah merupakan bagian yang tidak dapat terpisahkan dari kehidupan manusia, karena pada dasarnya semua manusia pasti menghasilkan sampah. Volume peningkatan sampah sebanding dengan meningkatnya tingkat konsumsi manusia. Pengelolaan sampah tidak serta merta berada pada hilirnya saja atau proses pembuangan akhirnya saja, melainkan harus di awali dari hulunya yaitu pada proses pembuangan sampah dari rumah.

Atas dasar inilah, Mahasiswa Teknik Mesin mencoba memberikan solusi melalui kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) yang bertemakan “Sosialisasi & Penyuluhan Program Tata Kelola Lingkungan Indah Rapi & nyaman dengan pembuatan Bracket tempat sampah yang efektif, efisien dan ekonomis”. PKM dilaksanakan pada Sabtu, 12 Juni 2021 di lingkungan Perumahan Sukamanah Residence RT.005 / RW.013 Desa Sukamanah, Kecamatan Rajeg, Kabupaten Tangerang. Di bawah bimbingan dosen Ibu Silviana Simbolom.,S,Si.,M,Sc kegiatan ini dirancang dan dilaksanakan dengan tetap mempertimbangkan kondisi pandemic dan mematuhi protokol kesehatan.

Diawali dengan penyuluhan serta edukasi kepada masyarakat tentang Tata Kelola Lingkungan Indah Rapi & nyaman terkhusus mengenai pembuangan sampah rumah tangga. Selanjutnya penerapan site plant & proses desain perencanaan pengadaan bracket tempat samapah di kerjakan secara bersama – sama dengan warga yang di monitoring juga oleh aparatur setempat. Tahapan pertama adalah mempersiapkan peralatan, dalam hal ini sangat terlihat jelas antusiasme warga karena membantu menyediakan alat – alat kerja yang umumnya mereka miliki seperti palu, tang, sarung tangan safety dll. Bahan material disediakan dilanjutkan dengan proses pengukuran dan pemotongan sesuai dengan desain bracket yang sudah di buat. Pada tahapan ini edukasi di berikan kepada warga yang notabenya adalah pekerja non-teknik. Agar kegiatan berjalan dengan baik, sebagian warga di arahkan untuk proses pembentukan bagian – bagian yang telah di desain & sebagian lagi di arahkan untuk proses perakitan yaitu dengan proses pengelasan. Proses ini juga mempercepat pembuatan bracket tempat sampah tersebut.

Baca Juga  PKM Mahasiswa Unpam Sosialisasikan Perawatan Kendaraan Roda Dua di Pondok Aren, Tanggerang Selatan

Ketua RW.013 Bapak Suyanto.,SH.,MH sangat mengapresiasi Kegiatan PKM ini & tak lupa memberi motivasi kepada para peserta PKM serta ungkapan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat. Apresiasi ini juga terwujud dalam bentuk penandatanganan Implementation Arrangement untuk kerjasama pelaksanaan kegiatan PKM yang berkelanjutan antara Pemerintah Desa Sukamanah dengan Program Studi Teknik Mesin Universitas Pamulang.***

Tags:

Related Posts

Leave a Reply