Mahasiswa Unpam Desiminasikan Pembuatan Semir Ban di Desa Kompa, Sukabumi

TangselMedia-Mahasiswa Program Studi Teknik Industri Universitas Pamulang melakukan kegiatan kemasyarakatan yang disebut Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan tema Pembuatan semir ban di Desa Kompa, Kecamatan Parung kuda, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat.

Di Daerah Sukabumi khususnya Desa Kompa, sebenarnya memiliki banyak tempat seperti. Dalam rangka Pembuatan semir ban menggunakan bahan yang begitu mudah yang dilakukan oleh salah satu kelompok Mahasiswa Teknik Industri Universitas Pamulang yang dibimbing oleh Bapak Patria Adhistian, S.T. M.T., dan salah satu kelompok, yang beranggota 5 orang anggotanya yaitu Agung kurniawan, Muhammad Syihan Huwaidi, Januar Ahmad Gilang, Filbert Geovani, dan Rafli, kami berharap warga dapat mengelola sarana maupun untuk kegiatan pribadi yang sudah ada di tempat tersebut agar bermanfaat bagi warga sekitar karena cara pembuatannya yang cenderung lebih mudah dan hemat.

Kami seluruh Mahasiswa Teknik Industri Universitas Pamulang yang terlibat dalam kegiatan ini,  berharap kegiatan ini dapat bermanfaat bagi penduduk sekitar untuk menambah pengetahuan. Kami juga berharap kegiatan PKM ini bukan hanya sekedar kegiatan kemasyarakatan belaka, tetapi untuk memberi kesempatan bagi warga untuk mengelola tempat tersebut agar menjadi peluang di masa depan.

Kegiatan PKM pembuatan semir ban ini berlangsung 1 hari selama 5 jam. Penyuluhan ini diikuti sebagian warga Desa Kompa sebanyak 40 orang yang bertempatkan di Musholla Desa Kompa, Desa Kompa, Sukabumi, Jawa Barat. Adapun bahan yang harus dibeli di toko dan alat-alat yang digunakan untuk membuat semir ban ini, seperti wadah dan sendok atau alat untuk mengaduk atau mencampurkan bahan bahan.

Pada tanggal 16 Oktober 2022 jam 13:00 WIB, kegiatan diawali dengan mempresentasikan untuk bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat. Semir ban tersebut. Pada umumnya kegiatan menyemir ban ini l ditujukan untuk menjaga tampilan ban agar tetap kinclong alias tampak terawat. Namun ternyata menyemir bisa membawa cukup banyak manfaat untuk ban seperti ban mobil, motor ataupun ban lainya. Menyemir ban bisa melindungi ban dari bahaya polusi udara, hingga sinar UV retakan pada ban biasanya digambarkan dengan istilah ozon crack. Istilah ini sering digunakan pada barang yang terbuat dari karet, seperti selang gas, gasket, dan lainnya. Keretakan pada ban biasanya terjadi akibat terpapar gas O3 dalam jangka waktu tertentu. Ban akan memutus senyawa di dalamnya, dan mengakibatkan keretakan pada dinding.

Baca Juga  Tingkatkan Efisiensi Produksi Masyarakat Desa Koper, Dosen Unpam Latih Value Engineering

Semir ban biasanya terbuat dari basis silikon, sehingga dapat mencegah keretakan pada ban. Selain itu, bahan berbasis silikon ini membuat ban terlihat lebih hitam dan kinclong. Meskipun semir ban memiliki manfaat lain, tetapi harus berhati-hati saat memilih semir ban. Namun, terlalu sering menggunakan semir ban ternyata dapat memberikan efek buruk pada ban. Pasalnya, semir ban bisa mempengaruhi kondisi karet ban. Hal itu dikarenakan semir menggunakan bahan kimia yang bisa membuat usia ban menjadi lebih singkat dibandingkan tanpa menggunakan semir ban jadi kita bias menggunakan semir ban ini di perkirakan saja jangan terlalu sering atau pun jangan terlalu lama tidak memakai semir ban tersebut.

Semir ban yang buat ini menggunakan bahan yang mudah dan berkualitas yaitu menggunakan silicon emulusion, silicon emulucion ini yang sudah dicampur dengan air dengan menggunakan suatu formula sehingga bisa menyatu dengan air,fungsi Silikon tidak hanya membantu memperkuat ban tetapi bisa membuat jaringan ikat dan tulang tetapi juga berguna dalam perawatan kulit, kuku, dan rambut. Elemen ini juga memainkan peran penting dalam pencegahan aterosklerosis, insomnia, dan tuberkulosis, dan toksisitas aluminium. Lalu ada silicon oil, Fungsi silicon oil sangat berguna menjadi pelumas pada bagian penting di dalam sistem kerja mobil. Namun tidak hanya urusan mesin saja, tetapi ada juga pelumas untuk merawat karet wiper mobil yaitu silicon oil. Selanjutnya yaitu Thickener (pengental) dan clarifier (penjernih) keduanya digunakan untuk memisahkan cairan dan padatan dengan pengendapan pada skala sangat besar. Thickener digunakan untuk mengonsentrasikan padatan, sedangkan clarifiers digunakan untuk memurnikan cairan. Dan air mineral berfungsi untuk menetralkan dan dicampurkan ke bahan bahan tersebut.

Jadi dengan mudah nya warga Desa Kompa, Sukabumi, Jawa Barat bisa membuat semir ban ini dengan mudah dan bermanfaat untuk mereka nantinya.***

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *