Pengembangan Konten Layanan Public dengan Pendekatan Teknologi Data Warehouse dan Business Intelligence

PENGEMBANGAN KONTEN LAYANAN PUBLIC DENGAN PENDEKATAN TEKNOLOGI DATA WAREHOUSE DAN BUSINESS INTELLIGENCE

Oleh : Patria Adhistian, ST, MM*

 

TangselMedia-Data warehouse erat kaitannya dengan data-data yang besar dan beragam disimpan dalam satu repository dan disusun sedemikian rupa sehingga memudahkan user dalam melakukan pencarian dan analisa data, sedangkan Business Intelligence adalah suatu teknologi yang digunakan untuk menyajikan data-data tersebut sehingga memudahkan analisa dan pengambilan keputusan berdasakan informasi yang akurat dari sumber data. Suatu solusi Business Intelligence yang baik memerlukan sumber data yaitu data warehouse. Sehingga keduanya mempunyai hubungan yang sangat erat. Dengan adanya data warehouse, data yang beragam dapat dikumpulkan ke dalam suatu tempat penyimpanan dimana pengguna dapat dengan mudah menjalankan query (pencarian data), menghasilkan laporan, dan melakukan analisis data. Salah satu keuntungan yang diperoleh dari keberadaan data warehouse adalah dapat meningkatkan efektifitas pembuatan keputusan, karena data warehouse dapat menjadi alat bantu bagi pihak manajemen atau bagian strategis perusahaan untuk menganalisa data.

Gambar : Alur informasi Teknologi Data

  

  • Metadata adalah informasi terstruktur yang mendeskripsikan, menjelaskan, menemukan, atau setidaknya membuat menjadikan suatu informasi mudah untuk ditemukan kembali, digunakan, atau dikelola. Metadata sering disebut sebagai data tentang data atau informasi tentang informasi. Metadata ini mengandung informasi mengenai isi dari suatu data yang dipakai untuk keperluan manajemen file/data itu nantinya dalam suatu basis data. Jika data tersebut dalam bentuk teks, metadatanya

biasanya berupa keterangan mengenai nama ruas (field), panjang field, dan tipe fieldnya: integer, character, date, dll. Untuk jenis data gambar (image), metadata mengandung informasi mengenai siapa pemotretnya, kapan pemotretannya, dan setting kamera pada saat dilakukan pemotretan. Satu lagi untuk jenis data berupa kumpulan file, metadatanya adalah nama-nama file, tipe file, dan nama pengelola (administrator) dari file-file tersebut.

  • Data Mart adalah suatu bagian pada data warehouse yang mendukung pembuatan laporan dan analisa data pada suatu unit, bagian atau operasi pada suatu perusahaan. Dalam beberapa implementasi data warehouse, data mart adalah miniature data warehouse. Data mart sering digunakan untuk memberikan informasi kepada segmen fungsional organisasi.
  • Storage adalah penyimpan, tempat penyimpanan, media yang digunakan untuk menyimpan data yang diolah oleh kompute
  • Online Analytical Processing, atau disingkat OLAP adalah metode pendekatan untuk menyajikan jawaban dari permintaan proses analisis yang bersifat dimensional secara cepat, yaitu desain dari aplikasi dan teknologi yang dapat mengkoleksi, menyimpan, memanipulasi suatu data multidimensi untuk tujuan analis. OLAP adalah bagian dari kategori yang lebih global dari pemikiran bisnis, yang juga merangkum hubungan antara pelaporan dan penggalian data.
  • Query adalah suatu extracting data dari suatu database dan menampilkannya untuk pengolahan lebih lanjut yang berisi pertanyaan atau permintaan informasi tertentu dari sebuah basisdata yang ditulis dalam format tertentu untuk mengakses data pada sistem basis data.

Gambar : Warehouse Pendekatan Teknologi Data Warehouse

Pusat Data Elektronik merupakan sebuah media yang di dalamnya mencakup sistem pengambilan data, pengolahan data dan penyimpanan data. Data-data yang dikumpulkan terdiri dari data referensi sebagai data dasar dan data transaksi sebagai data dinamis. Disamping itu juga terdapat data-data spasial sebagai data pendukung seperti data spasial batas wilayah provinsi, kabupaten, kecamatan dan desa.

Baca Juga  Dosen Yang Membosankan

Pusat pengolahan data menjadi salah satu komponen penting dalam aplikasi yang akan dikembangkan. Sebagai inti dari layanan publik, pusat pengolahan adalah suatu fasilitas yang digunakan untuk menempatkan sistem komputer dan komponen-komponen yang terkait didalamnya, seperti sistem telekomunikasi dan penyimpanan data serta dilengkapi dengan Aplikasi Pusat Data.

Aplikasi Pusat Data merupakan aplikasi berbasis internet (web based) sehingga infrastruktur memegang peranan penting agar supaya Aplikasi Pusat Data bisa berjalan dengan optimal. Integrasi aplikasi dapat dicapai dengan mengembangkan aplikasi Interoperabilitas Open Source E-Government Message Bus untuk aplikasi EGoverment pemerintah yang akan menjadi middle layer antara berbagai aplikasi E-Government dilingkungan Pemerintah dengan basisdata yang dimiliki oleh instansi pemerintahan terkait.***

*Penulis adalah Dosen Teknik Industri Universitas Pamulang

Tags:

Related Posts

Leave a Reply