Mengenalkan Robotics Sejak Dini

Mengenalkan Robotics Sejak Dini

Mengenalkan Robotics Sejak Dini

Dalam rangka melaksanakan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dosen Fakultas progam studi Teknik  Informatika Universitas Pamulang. Pada tanggal 07 April 2022, melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang bertempat di MIS Tarbiyatul Islamiah Serpong, Tangerang Selatan yang diikuti oleh 40 Siswa/i dan Mahasiswa dari Universitas Pamulang

Madrasah Ibtidaiyah (bahasa Arab: مَدْرَسَة إِبْتِدَائِيَّة‎) (disingkat MI) adalah jenjang dasar pada pendidikan formal di Indonesia, setara dengan Sekolah Dasar, yang pengelolaannya dilakukan oleh Kementerian Agama. Madrasah Ibtidaiyah ditempuh dalam waktu 6 tahun, mulai dari kelas 1 sampai kelas 6. Lulusan Madrasah Ibtidaiyah dapat melanjutkan pendidikan ke Madrasah Tsanawiyah atau Sekolah Menengah Pertama.

MI swasta atau disingkat MIS adalah lembaga pendidikan yang dimiliki dan dinaungi di bawah suatu yayasan pendidikan milik swasta. Sistem kurikulum yang ditetapkan pada Madrasah Ibtidaiyah baik negeri ataupun swasta merupakan kurikulum dengan basis pendidikan agama Islam. Lembaga yang ikut bertanggung jawab terhadap sistem kurikulum untuk MI adalah Kementerian Agama. Karena MI negeri langsung berada di bawah naungan Kementrian Agama, maka sistem kurikulum yang diterapkan di berbagai MI negeri tentu telah sesuai dengan apa yang ditetapkan oleh Kementrian Agama. Mi swasta juga menerapkan kurikulum yang sama, hanya saja MI swasta bisa menambahkan kurikulum tambahan sesuai dengan keputusan yayasan. Ini bukanlah sesuatu yang buruk. Adanya penambahan kurikulum bisa membuat anak-anak akan mendapat tambahan ilmu agama Islam yang lebih lengkap lagi.

Baca Juga  Polisi Memburu Kelompok Yang Mengeroyok Seorang Pria Di ITC Tangsel Melalui Cek CCTV

MIS Tarbiyatul Islamiyah Serpong merupakan sekolah dasar berbasis Islam yang berada di Kota Tangerang Selatan. MIS Tarbiyatul Islamiyah Serpong menyediakan berbagai fasilitas yang sangat baik serta tenaga pengajar yang berkompeten.

Dari hasil wawancara selanjutnya dengan Bapak Muhammad Irfan S.Sos.I Selaku Kepala Sekolah MIS Tarbiyatul Islamiyah sebagian besar para Siswa/i masih belum mengenal tentang dunia robotika. Maka pada program pengabdian masyarakat ini kami selaku team PKM dari Universitas Pamulang memberikan Pengenalan dan Pelatihan Robotika Berbasis Lego EV3 kepada para Siswa/I MIS Tatbiyatul Islamiyah. Tujuan dari Program pelatihan ini adalah untuk Menambah dan meningkatkan wawasan serta kemampuan para santri sebagai bekal para santri untuk memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi ”jelas Agus Budi Prasetyo, S.Kom, M.Kom,. sebagai ketua dari tim dosen pada kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat”.

Bapak Muhammad Irfan S.Sos.I Selaku Kepala Sekola MIS Tarbiyatul Islamiyah menambahkan, kegiatan ini sangat baik untuk para siswa/i guna menambah wawasan serta keterampilan para Siswa/i. “Saya sebagai Kepala  Sekolah MIS Tarbuyatul Islamiyah sangat menyambut baik maksud dan tujuan dari kegiatan PKM ini, dan berharap kegiatan ini dapat rutin dilakukan di MIS Tarbiyatul Islamiyah karena dapat mengedukasi dan memberikan bekal keahlian kepada para siswa dan siswi.” terangnya.

Tags:
Rate this article!

Related Posts

Leave a Reply