Penjual Hewan Qurban Banyak Terlihat di Jalan Sekitar Tangerang Selatan

Opini 0
Penjual Hewan Qurban Sudah Mulai Terlihat di Jalan Sekitar Tangerang Selatan

foto: kompas.com

TangselMedia – Kesibukan menjelang perayaan idul adha sudah mulai terlihat, tanda-tandanya adalah penjual hewan qurban banyak terlihat di jalan sekitar tangerang selatan dan sudah banyak yang membuka tempat-tempat penjualan hewan kurban baik sapi maupun kambing

Di pinggir jalan tangerang selatan tampak sebuah penjualan hewan kurban yang cukup besar. Sapi dan kambing diikat di tiang atau dikandangkan menunggu pembeli untuk datang, para pembeli pun berdatangan untuk melihat-lihat hewan qurban yang akan dibeli, sambil sesekali berbincang dan bertanya dengan pedagang hewan qurban untuk mencari kesepakatan harga hewan qurban yang dipilih.

Hampir rata-rata Penjual Hewan Qurban Sudah Mulai Terlihat di Jalan Sekitar Tangerang Selatan. Biasanya kalau sudah dekat dengan hari raya idul adha sudah mulai banyak dan ramai akan pembeli, tentunya terkadang para penjual hewan qurban sampai kerepotan melayani para pembeli yang ingin membeli hewan qurban tersebut.

Penjual Hewan Qurban Sudah Mulai Terlihat di Jalan Sekitar Tangerang Selatan

foto: kobarksb.com

Penjual Hewan Qurban Banyak Terlihat di Jalan Sekitar Tangerang Selatan РPara penjual hewan qurban mengatakan harga herwan qurban yang dijualnya amatlah dipengaruhi oleh bobot berat badan hewan itu sendiri. Untuk itu, menurutnya, tidaklah heran bila satu  ekor sapi dengan bobot besar bisa dijual dengan harga Rp. 90 Jutaan. Dan adapun, dia menjual hewan qurban baik itu sapi maupun kambing yang tersedia mulai dari 300 kilogram hingga 1 ton.

Harganya bervariasi, kalau kambing harganya dari Rp 2,5  juta sampai Rp 6 juta untuk ukuran terbesar atau yang biasa disebut ukuran super. Dan untuk seekor sapi mulai dari harga Rp 17 juta sampai harga Rp 90 juta, menurut para penjual penjualan sapi ini tidak ada perubahan besar terkait pendapatannya tahun lalu maupun tahun ini. Banyak penjual yang mengakui adanya perbuahan harga hewan qurban dari tahun ke tahun. Meskipun demikian, perubahannya juga masih terbilang wajar.

Harga hewan qurban tahun kemarin sama seperti tahun ini. Harga seekor kambing selisih Rp 100.000 sampai Rp 150.000, kalau sapi Rp 500.00 sampai Rp 750.000. Tahun ini agak naik sedikit, tentunya memang perdagangan seperti itu, kadangkala harganya naik dan kadangkala harganyapun turun sesuai dengan perkembangan perdagangan dan kesehatan hewan qurban tersebut.

Penjual Hewan Qurban Sudah Mulai Terlihat di Jalan Sekitar Tangerang Selatan

foto: nasional.tempo.co

Penjual Hewan Qurban Banyak Terlihat di Jalan Sekitar Tangerang Selatan – Disamping itu harga hewan qurban biasanya ditentukan dari berat badannya, juga dilihat dari tanduk serta bentuk tubuhnya. Jika tubuhnya semakin besar dan kulitnya putih bersih, maka harganya pun ikut merangkak naik. Pasokan hewan qurban sebagian besar diambil dari Solo, Jawa Tengah. Para penjual mengaku bisa mendapatkan omset ratusan juta rupiah hingga miliaran rupiah dari berjualan hewan qurban di hari raya idul adha.

Baca Juga  Memudarnya Konsumsi Simbolik Selama Pandemi Covid-19

Dan saat inipun sudah banyak para penjual yang mulai berpromosi secara online di berbagai situs website yang bisa didapati di internet, akan tetapi dengan datang langsung ke tempat penjualan qurban lebih dianjurkan. Karena jika memilih berdasarkan foto, khawatir tidak sesuai harapan para pembeli.

Penjual Hewan Qurban Sudah Mulai Terlihat di Jalan Sekitar Tangerang Selatan

foto: bolmora.com

Penjual Hewan Qurban Banyak Terlihat di Jalan Sekitar Tangerang Selatan – Biasanya para penjual hewan qurban di bulan-bulan biasa menjual kisaran 20 ekor perbulannya untuk acara seperti aqiqah dan acara lainnya. Namun, ketika mendekati hari raya idul adha, banyak penjual yang menargetkan dapat menjual sebanyak 350 ekor kambing dan 250 ekor sapi kurang lebih.

Para pedagang juga sudah mempersiapkan stok mereka masing-masing dalam penjualan hewan qurban, ada yang menyiapkan 20 ekor sapi dan 60 ekor kambing, dan ada yang menyiapkan lebih sesuai dengan usaha dan kemampuan dalam penjualan tersebut. Akan tetapi dalam penjualan hewan qurban juga harus diperhatikan dalam persyaratan kelayakan hewan qurban tersebut untuk dilakukan ibadah qurban, tentunya hewan tersebut harus memenuhi persyaratan baik kesehatannya maupun berat bobot hewan tersebut.

Anda siap untuk berqurban? Persiapkanlah dananya mulai dari sekarang, tentunya Anda bisa memilih hewan qurban terbaik dengan memiliki biaya terbaik juga tentunya, ibadah qurban merupakan ibadah yang terbaik, salah satu manfaatnya adalah untuk menunaikan ibadah sebagai seorang muslim dan mengharapkan balasan yang terbaik dari Allah Subhanahu Wata’ala.

Related Posts

Leave a Reply