PP IKADI Gelar Rakornas Januari 2023 di NTB dengan Tema Besar: “Rise Together, Grow Stronger with IKADI”

Tangselmedia – Pengurus Pusat (PP) Ikatan Dai Indonesia (IKADI) akan selenggarakan Rapar Koordinasi Nasional (Rakornas) di tanggal 20-22 Januari 2023. Dalam press conference bersama TangselMedia dan wartawan dari media online lainnya, pengurus pusat IKADI mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi pada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Nusa Tenggara Barat, khususnya pada Bapak Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, M.Sc. yang telah menjadi tuan rumah yang sangat baik, dalam menyambut perwakilan Pengurus Wilayah (PW) tingkat provinsi dan Pengurus Daerah (PD) tingkat kabupaten kota yang datang dari seluruh Indonesia.

Sebelum pelaksanaan puncak Rakornas, PP IKADI juga menyelenggarakan beberapa kegiatan pra Rakornas, seperti: Seminar Internasional, bertema: “The role of da’wah and Islamic institutions in dealing with islamophobia propaganda” pada Sabtu 10 Desember 2022 pukul 08:00 s.d. 12:00 WIB melalui zoom online dengan menghadirkan pembicara dari Amerika Serikat, Saudi Arabia juga tokoh nasional. Pada Seminar internasional ini, IKADI mengundang Dr. Mohammad Bashar Arafat, president of civilization exchange & corporation foundation (CECF), Baltimore USA dan Dr. Shamsi Ali, M.A., imam of Islamic centre of New York and director of Jamaica Moslem Centre serta Dr. Mohammad bin Abdul Karim Al-Issa, general secretary of Moslem world league, Saudi Arabia. Sedangkan tokoh nasional dari Indonesia, IKADI mengundang Drs. Jusuf Kalla, mantan wakil presiden Indonesia dan ketua umum Dewan Masjid Indonesia (DMI).

“Selain itu, PP IKADI juga mengadakan webinar Kontra Narasi Radikalisme, yang diselenggarakan oleh PP IKADI bekerjasama dengan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) yang diikuti oleh seluruh pengurus Ikadi wilayah dan daerah se-Indonesia.” sambung Ahmad Kusyairi, Ketum PP IKADI.

Baca Juga  DPRD Kabupaten Tangerang: Gedung Baru RSUD Balajara merupakan Harapan Semua Pihak

Sekjen PP IKADI, Khairan Arif menambahkan, ada acara yang tidak kalah menarik jelang Rakornas tahun ini yaitu: Lomba Dakwah Digital Nasional Ikadi (LDDNI) 2022, yang diselenggarakan sejak bulan November 2022 hingga Januari 2023. Dengan jumlah ribuan peserta dari seluruh Indonesia, dengan melombakan 4 kategori, yaitu: Dai Cilik Putra dan Putri, usia 6-12 tahun serta Dai Muda Putra dan Putri, usia 17-25 tahun.

Lomba yang pertama kali diselenggarakan pada tahun 2021 ini, bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). LDDNI yang ke-2 ini, sama dengan yang pertama di tahun 2021, yaitu tanpa dipungut biaya! Dengan total hadiah lebih dari 50 juta rupiah, ditambah sertifikat/ piagam dan medali untuk para pemenang.

Pada hari pelaksanaan Rakornas, IKADI akan menghadirkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno dalam gelaran seminar yang diselenggarakan secara hybrid bertema: Ekonomi Keumatan.

“Untuk malam puncaknya, penutupan Rakornas IKADI ini, akan diselenggarakan juga acara besar nasional yang menjadi trend setter IKADI sejak 2019, yaitu penganugerahan GRAND IKADI AWARD 2022. Sebuah acara pemberian apresiasi setinggi-tingginya dari IKADI, untuk banyak kategori bagi para pelopor kebaikan untuk ummat dan dakwah di Indonesia”, ujar Ari Tri Priyono, ketua panitia Rakornas IKADI 2023.

Dijadwalkan memberikan sambutan pembukaan Rakornas IKADI 2023 adalah: Wakil Presiden RI, K.H. Ma’ruf Amin dan Gubernur NTB. Sedangkan untuk sambutan penutupan Rakornas adalah Menteri Agama RI, Bapak H. Yaqut Cholil Qoumas. [DBS]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 comments