Prodi Teknik Mesin Universitas Pamulang Kembali Menyelenggaraan Seminar Virtual Internasional

TangselMedia-Sebagai bagian dari agenda semester, Prodi Teknik Mesin Universitas Pamulang secara rutin menyelenggarakan acara seminar ilmiah. Pada semester ganjil 2022-2023 ini, kembali Prodi Teknik Mesin Universitas Pamulang menyelenggarakan seminar internasional dengan mengangkat tema, ”The 2nd ICMCAMEC 2022 (International Conference on Mechanical Construction, Advanced Material, and Energy Conversion). Seminar dilaksanakan selama dua hari, Sabtu – Minggu 24 dan 25 September 2022. Seminar ini sebagai kelanjutan seminar internasional pertama yang diselenggarakan pada 18-19 September 2021. Seminar dilaksanakan dengan menghadirkan narasumber dari dalam maupun luar negeri, dan dihadiri 850 peserta, terdiri dari para dosen, peneliti, dan mahasiswa. Acara diliput oleh Sasmitha Jaya TV (SJTV) dengan menghadirkan Eka Margiyanti Sagimin, S.S., M.Pd sebagai MC.

Acara dimulai dengan laporan doa pembukaan seminar oleh Jaim, S.T., M.T., dilanjutkan laporan ketua pelaksana seminar Abdul Choliq, S.T., M.T. Sambutan pertama disampaikan oleh ketua prodi teknik mesin Nur Rohmat, S.T., M.T., dan disambung dengan sambutan Dekan Fakultas Teknik Universitas Pamulang Saeful Bakhri, S.T., M. Eng., P.hD. Seminar dibuka oleh rektor Universitas Pamulang Dr. E. Nurzaman, AM, M.M., M.Sc. dan dimoderatori oleh Anggito Pringgo Tetuko, ST, M.Eng, P.hD. sebagai salah satu peneliti senior di Pusat Fisika BRIN. Hadir sebagai keynote speaker adalah Dr. Lukman, S.T., M. Hum., Institutional Director of Directorate General of Higher Education, Research and Technology, Ministry of Education, Culture, and Research and Technology, dilanjutkan oleh Invited Speaker sebanyak tiga speaker secara berurutan, yaitu Dr. Satria Zulkarnaen Bisri, D.Sc., Senior Scientist at RIKEN, Center for Emergent Matter Sience Japan, Dr. Jaka Sunarso, Director of Swinburne Sarawak Malaysia, Research Centre for Sustainable Technologies, dan Mr. Wahyu Caesarendra, Ph.D., Assistant Professor in Systems Engineering, Faculty of Integrated Technologies, Universiti Brunei Darussalam.

Pada hari kedua penyelenggaraan seminar dilaksanakan season pemaparan tulisan yang diterima oleh panitia sebanyak 30 judul yang kirim oleh beberapa author baik dari internal Universitas Pamulang, Universitas Bangka Belitung, UIN Walisongo Semarang dan beberapa tulisan dari peneliti BRIN.

Baca Juga  Pemerintah Kabupaten Garut Belum Mampu Menganggarkan Perbaikan Alat Pendeteksi Tsunami

Kebutuhan akan pengembangan ilmu pengetahun di lingkungan pendidikan merupakan sesuatu yang mutlak, dan tidak dapat dipungkiri bahwa perkembangan teknologi akan selalu menjadi tema-tema yang menarik untuk disajikan dalam seminar. Dalam masa pandemi yang belum sepenuhnya kembali normal, seminar secara virtual menjadi salah satu solusi penyelenggaraan seminar yang biasanya dilaksanakan secara tatap muka.***

Kontributor: Abdul Choliq (Dosen Teknik Mesin Universitas Pamulang).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *