Program Studi Teknik Mesin Universitas Pamulang Selenggarakan Seminar Virtual Internasional

TangselMedia-Sebagai bagian dari agenda semester, Prodi Teknik Mesin Universitas Pamulang secara rutin menggelar acara seminar ilmiah. Pada semester ganjil 2021-2022 ini, seminar yang dilaksanakan terasa lebih istimewa nuansanya, mengingat seminar yang digelar adalah seminar secara virtual berskala internasional. Dengan mengangkat tema “1st International Conference on Mechanical Construction, Advanced Material, and Energy Convertion”. Seminar dilaksanakan selama dua hari, Sabtu-Minggu, 18-19 September 2021.

Dengan menghadirkan narasumber dari dalam maupun luar negeri, acara ini sangat mengundang antusiasme peserta. Terbukti lebih dari 800 peserta ikut ambil bagian sebagai peserta dalam acara ini, terdiri dari para dosen, mahasiswa, alumni dan beberapa praktisi.

Seminar dibuka oleh rektor Universitas Pamulang Dr. E. Nurzaman AM, M.M., M.Sc. dan dimoderatori oleh Syaiful Bakhri, S. T., M.Eng. Sc, P.Hd., yang juga menjabat sebagai Dekan Fakultas Teknik Universitas Pamulang. Hadir sebagai keynote speaker adalah Dr. Laksana Tri Handoko, M.Sc (Head of National Research and Innovation Agency) yang memaparkan tema Introduction to National Research and Innovation Agency ang the Future of R&D in Indonesia, dilanjutkan oleh Invited Speaker sebanyak tiga speaker secara berurutan, yaitu Prof. Fu-Jen Wang Ph. D (Distinguished Professor National Chin Yi University of Technology) yang memaparkan tema Energy-efficient Cleanroom Facilities for High-tech Industrial Buildings in Science Parks of Taiwan, Jumril Yunas, Ph. D, (Associate Professor Universiti Kebangsaan Malaysia) dengan paparan berjudul Electromacnetic (EM) Micro-Pump for Biomedical Application, dan terakhir adalah Dr. Eng. Muhammad Aziz (Associate Professor University of tokyo) dengan tema Establishing a Sustainable and Clean Future Energy System.

Pada hari kedua penyelenggaraan seminar dilaksanakan season pemaparan paper dengan lebih dari 30 judul yang kirim oleh beberapa author, baik dari Universitas Pamulang, BATAN maupun dari Universitas lain, seperti Universitas Sumatera Utara, Universitas Kebangsaan Malaysia, Institut of Industrial Science-The University of Tokyo, dan National Chin-Yi University of Technology Taichung.

Baca Juga  Rekomendasi Hotel Di Tangerang Selatan dengan Fasilitas Kelas Atas

Kebutuhan akan pengembangan ilmu pengetahun di lingkungan pendidikan merupakan sesuatu yang mutlak, dan tidak dapat dipungkiri bahwa perkembangan teknologi akan selalu menjadi tema-tema yang menarik untuk disajikan dalam seminar. Dalam masa pandemi yang belum sepenuhnya kembali normal, seminar secara virtual menjadi salah satu solusi penyelenggaraan seminar yang biasanya dilaksanakan secara tatap muka.

 

Kontributor: Abdul Choliq (Dosen Teknik Mesin Universitas Pamulang)

 

Tags:

Related Posts

Leave a Reply