Strategi Mencari Peluang Usaha Di Masa Pandemi dengan Memanfaatkan Platform Marketing Online

TangselMedia– Prodi Teknik Industri untuk menjalankan Tridharma Perguruan Tinggi dan amanat UU No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, tentang kewajiban melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Kegiatan PKM dilakukan di Jl. Desa Pasir Ampo Kp. Jeruk Purut RT. 009 RW. 004. Kecamatan  Kresek Kabupaten Tangerang Banten pada hari Jum’at sampai hari Sabtu tanggal 8 – 10 Oktober 2021 yang telah dialksanakan para dosen UNPAM (Universitas Pamulang). Dosen tersebut diantaranya Franka Hendra Sukma, ST, MT sebagai ketua pelaksana, Supriyono, SE,MT dan Tahta Anedea,S.S.,M.H. sebagai narasumber.

Kegiatan PKM ini disambut baik oleh Bpk Sardana selaku Sekretaris Desa Pasir Ampo, sebagai wakil dari Bpk Suardi Kepala desa Pasir Ampo yang kebetulan ada halangan untuk hadir ” dan Ketua Karang Taruna serta warga setempat. PKM ini membuka ruang kepada mahasiswa maupun dosen untuk berkontribusi secara langsung dan nyata, serta tujuan agar para pengusaha muda ataupun masyarakat yang sedang merintis usaha online dapat lebih mengoptimalkan kegiatan usaha yang dilakukan dengan memanfaatkan media sosial yang diharapkan mampu meningkatkan omset serta margin keuntungan, dan sasaran pasar yang semakin luas.

Dalam kegiatan tersebut Franka Hendra Sukma, ST, MT, selaku ketua pelaksana PKM mengatakan “Terbatasnya ruang gerak dilakukan demi mengurangi penyebaran virus Covid-19 yang mengakibatkan banyak pebisnis yang mengatur ulang strategi bisnisnya demi bisa bertahan. Mulai dari melakukan penerapan kerja jarak jauh, mengubah pola bisnis, hingga menangkap peluang bisnis online. Perkembangan teknologi yang semakin canggih dalam 5 tahun terakhir menumbuhkan geliat bisnis online. Apalagi pandemi Coronavirus memaksa banyak orang untuk menghindari kontak fisik secara langsung dengan menerapkan social dan physical distancing. Bisnis online yang dilakukan tanpa melalui tatap muka secara langsung dianggap sebagai salah satu cara yang tepat untuk bertahan di tengah pandemic”, ujarnya.

Baca Juga  City Light Apartment Ciputat Hunian Strategis di Selatan Jakarta

Selanjutnya, Supriyono, SE,MT “Kegiatan ini dilakukan secara online karena masih dalam masa pandemic Covod-19, dimana kegiatan ini menghimpun para pengusaha dengan menggunakan platform-platform marketing yang bisa didapat secara gratis sebagai media untuk melakukan kegiatan usaha. Dari platform tersebut bisa melihat kebuthan-kebutuhan apa yang sedang trend di masyarakat yang bisa dijadikan peluang usaha dengan modal yang rendah . Pada kegiatan ini masyakat Desa Pasir Ampo kan dikenalkan dengan beberapa platform-platform marketing yang bisa didapat secara gratis.”, pungkasnya.

PKM ini selain mengetahui beberapa tips dan ide mencari peluang usaha digital, tetapi juga memberikan contoh-contoh aplikasi bisnis atau tempat usaha digital yang bisa langsung di aplikasikan dan dimanfaatkan untuk meningkatkan usaha-usaha kita,tutur Tahta Anedea, S.S., M.H.

Kegiatan PKM ini berjalan kondusif dan mendapatkan antusiasme tinggi dari Masyarakat khususnya Karang Taruna yang ditandai dengan banyaknya pertanyaan mengenai peluang – peluang usaha, aplikasi digital serta kelemahan dan kelebihan membuka suatu usaha. Semoga dengan terselenggaranya kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini, dapat menumbuhkan semangat dan kreatifitas karang taruna dan masyarakat di Desa Pasir Ampo serta dapat meningkatkan pendapatan, kesejahteraan dan juga dapat berkesinambungan.***

Tags:

Related Posts

Leave a Reply