Manfaat Pelaksanaan PTM Terbatas

Manfaat Pelaksanaan PTM Terbatas

Penulis: Munarsih, S.S., M.M.*

 

PTM (Pembelajaran Tatap Muka) Terbatas merupakan kegiatan pembelajaran tatap muka yang dilaksanakan setelah pandemic mereda. Kegiatan PTM Terbatas tentunya harus menerapkan prokes (protokol Kesehatan) 5 M, diantaranya: menjaga jarak, mencuci tangan, menggunakan masker, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas. Penerapan prokes (protokol Kesehatan) 5 M dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona.

Menurut Sri Wahyuningsih Direktur Sekolah Dasar tentang persiapan PTM yang telah diterapkan oleh SKB 4 Menteri yang ditayangkan pada web Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, bahwa Pembelajaran tatap muka terbatas memang harus dipersiapkan sedini mungkin. Mulai dari memenuhi aturan yang telah ditetapkan dalam SKB 4 Menteri. Sekolah memenuhi daftar periksa yang memang diwajibkan. Yang tidak kalah pentingnya, sekolah harus mempersiapkan Satgas Covid-19 level sekolah.

Berdasarkan pendapat di atas, dalam melaksanakan kegiatan PTM Terbatas diperlukan adanya persiapan sedini mungkin untuk mencegah menyebarnya virus corona. Hal ini dilakukan agar PTM Terbatas berlangsung efektif dan efisien.

Namun, dengan diberlakukannya PTM Terbatas, seyogyanya kita perlu mengambil manfaat yang  akan kita dapat demi keberlangsungan pembelajaran tatap muka yang efektif dan efisien. Berikut beberapa manfaat pelaksanaan kegiatan PTM (Pembelajaran Tatap Muka) Terbatas menurut pendapat penulis:

  1. Guru lebih mudah dalam menyampaikan pembelajaran

Dengan adanya pembelajaran tatap muka, guru akan lebih mudah menentukan metode yang tepat dalam menyampaikan pelajaran. Hal ini akan berdampak pada kemudahan anak dalam menyerap ilmu yang disampaikan oleh guru terutama selama pembelajaran berlangsung.

  1. Siswa bahagia bertemu guru dan teman-temannya setelah pandemic mereda
Baca Juga  SMA Kharisma Bangsa Juara Umum di Ajang TechFest Prasetiya Mulya 2016

Selama PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) berlangsung, guru dengan siswa bertemu melalui online. Sehingga, PTM Terbatas adalah momen yang tepat bagi siswa untuk saling melepas rindu dengan guru beserta teman-temannya.

  1. Orangtua tidak harus selalu mendampingi anaknya belajar seperti PJJ sebelumnya

Selama PJJ berlangsung anak-anak harus didampingi agar pembelajaran lebih efektif dan efisien. Namun, selama kegiatan PTM Terbatas berlangsung para orangtua cukup menitipkan anak-anak mereka di sekolah.

  1. Siswa lebih mudah menyerap ilmu yang diberikan oleh guru

PTM Terbatas tentunya akan mempermudah guru maupun anak untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran. Karena guru dan siswa bertemu dan bertatap muka langsung di kelas. Sehingga, ilmu yang disampaikan akan mudah diserap oleh siswa

  1. Mengajarkan siswa lebih disiplin

PTM Terbatas mengajarkan anak lebih disiplin dan lebih menghargai waktu. Karena para siswa dituntut harus mengikuti peraturan yang berlaku di sekolah, seperti: datang tepat waktu, memakai seragam, membawa buku pelajaran sesuai jadwal yang sudah ditentukan dan sebagainya.

  1. Kita lebih menyadari akan pentingnya menjaga kesehatan

Dengan adanya PTM Terbatas, orangtua akan lebih memperhatikan kesehatan anak-anaknya. Karena anak akan berinteraksi langsung dengan guru, teman maupun lingkungan disekitarnya.

Demikian semoga bermanfaat dan semoga kondisi semakin membaik demi kemajuan pendidikan di Indonesia. Aamiin.

 

*Penulis adalah Dosen Universitas Pamulang Program Studi Manajemen S1

 

 

 

 

 

 

 

Tags:
Rate this article!

Related Posts

Leave a Reply