Tips Menurunkan Berat Badan Dengan Berjalan Kaki

Lifestyle 0
Tips Menurunkan Berat Badan Dengan Berjalan Kaki

1health.id

TangselMedia – Berjalan kaki sepertinya hanya aktivitas biasa yang tidak memerlukan banyak energi. Tetapi, bila dilakukan dengan tepat, jalan kaki dapat membantu membakar energi. Bahkan dengan cara yang tepat, berat badan Anda pun bisa segara turun.

Berikut 11 tips agar jalan kaki bisa membantu menurunkan berat badan:

  1. Pilih sepatu yang tepat
    Agar olahraga berjalan kaki Anda nyaman dan aman, gunakan alas kaki yang tepat. Pilih sepatu dengan sol yang fleksibel, dan mencegah gerakan dari sisi ke sisi.
  2. Minum teh hijau setelah berjalan kaki
    Sebuah penelitian di bidang gizi menemukan bahwa mengonsumsi setidaknya 3 cangkir teh hijau setiap hari selama seminggu memiliki gejala kerusakan sel lebih sedikit akibat olahraga. Ini artinya teh hijau dapat membantu tubuh Anda ‘pulih’ lebih cepat setelah melakukan olahraga jalan cepat.
  3. Menyusun playlist lagu
    Bahkan sebelum Anda mengikat tali sepatu Anda, pikirkanlah lagu-lagu yang ingin Anda dengar selama berjalan kaki. Lagu-lagu yang tepat akan memotivasi Anda dan mendorong Anda untuk bekerja lebih keras.
  4. Ketahui rute berjalan Anda
    Dengan mengetahui rute berjalan yang akan Anda lalui, Anda tak lagi membuang waktu untuk mencari-cari jalan yang tepat. Selain itu, dengan mengetahui rute jalan kaki sejak awal akan membuat Anda merasa lebih aman dan nyaman saat berjalan.
  5. Temukan teman
    Banyak penelitian yang mengatakan bahwa teman merupakan pendukung yang kuat dan sangat penting untuk mencapai dan mempertahankan keberhasilan penurunan berat badan. Berjalan bersama teman juga lebih menyenangkan. Apalagi bila kegiatan tersebut diiringi dengan tawa. Sebuah penelitian mengatakan bahwa tawa akan menyebabkan peningkatan 10%-20% pengeluaran energi basal dan detak jantung.
  6. Olahraga sebelum sarapan
    Salah satu strategi terbaik untuk menurunkan persentase lemak tubuh adalah berolahraga setelah bangun tidur.
  7. Berjalan cepat
    Berjalanlah seperti saat Anda berada di bandara yang sedang mengejar jadwal keberangkatan pesawat. Jika Anda dapat berjalan cepat dalam 30 menit di permukaan datar setiap hari, maka Anda bisa membakar kurang lebih 1.050 kalori per minggu. Tak hanya menurunkan berat badan, membakar kalori seperti ini juga membantu menjaga kesehatan jantung.
  8. Variasikan kecepatan berjalan
    Berjalan dengan kecepatan yang bervariasi dapat membakar kalori hingga 20 persen lebih banyak dibandingkan dengan mempertahankan kecepatan tetap.
  9. Percepat jalan dengan cara yang tepat
    Jika Anda sudah punya ritme jalan sebelumnya dan ingin mempercepat jalan, maka lakukan dengan cara tepat, yaitu dengan mempercepat langkah. Hindari memperpanjang langkah karena hal ini dapat meningkatkan ketegangan pada kaki.
  10. Jangan lupa minum
    Penurunan berat badan akan menjadi lebih mudah bila Anda mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Sebuah penelitian yang terbit dalam The Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism, mengatakan bahwa peserta yang minum sebanyak 2 gelas, tingkat metabolismenya meningkat sebanyak 30 persen. Metabolisme yang lancar dapat membantu penurunan berat badan lebih baik.
  11. Jadikan jalan kaki menjadi bagian dari hidup Anda
    Meskipun awalnya sangat sulit, namun bila Anda menjadikan kegiatan sebagai bagian dari hidup, maka kesulitan untuk memulai akan sirna. Sebagai motivasi ingatlah apa yang membuat Anda memulai dan tujuan yang ingin dicapai.
Baca Juga  Minuman Bervitamin Apakah Benar-Benar Bermanfaat?

Article By Bebby Sekarsari

 

Related Posts

Leave a Reply