Menikmati Liburan Bersama Keluarga di Kolam Air Panas Cisolong

Kolam Renang, Wisata
Image credit : bappeda.pandeglangkab.go.id

Image credit : bappeda.pandeglangkab.go.id

TangselMedia.com – Kolam pemandian air panas Cisolong adalah wisata alam yang berlokasi di Kampung Cisolong, Desa Sukamanah, Kec. Kadu Hejo, Pandeglang-Banten. Lokasi obyek ini mudah dicapai dengan kendaraan roda dua ataupun roda empat, jika dari arah Serang melewati Kota Pandeglang, kira-kira memakan waktu 1 jam perjalanan, melalui jalur Selatan (jalan AMD, dari pertigaan Cigadung belok kiri, dan ini juga adalah jalur bus dari Jakarta), bisa juga menempuh jalur pusat kota Pandeglang kira-kira 4 km ke arah barat, jangan khawatir dengan keamanan kendaraan Anda karena objek ini memiliki tempat parkir yang sangat luas.

Menurut Pengelola Kolam Air Panas Cisolong Cecep, mengatakan bahwa sumber air panas Cisolong mengalir dari Gunung Karang, jumlah sumbernya terdiri dari 30 buah sumber, sementara yang besar berjumlah 7 sumber, sisanya kecil-kecil dan terletak tidak beraturan di sawah-sawah penduduk.

Sumber air panas yang dikelola oleh Pemkab Pandeglang dan dimanfaatkan oleh masyarakat hanya beberapa sumber saja, salah satunya adalah sumber air panas yang dikelola olehnya, air panas ini mengalir deras dengan volume 35 liter per detik, suhunya 65-70 derajat celsius jika cuaca cerah, dan jika cuaca hujan suhunya meningkat sampai 80 derajat celsius.

Keunggulan sumber air panas Cisolong, ternyata kandungan belerangnya tidak terlalu pekat, sehingga jika kita mendekat ke sumber tersebut meskipun sangat dekat, tapi tidak tercium bau belerang yang menyengat, jadi seakan-akan kita berdiri di dekat air yang sedang direbus oleh alam.

Ada dua lokasi pemandian di areal sumber air panas ini, satunya dikelola oleh Pemkab Pandeglang dengan tiket masuk Rp. 5.000 dan di dalamnya disediakan kolam besar untuk dewasa dan kolam kecil untuk anak-anak, sementara untuk para pengunjung yang akan melakukan terapi disediakan 5 kamar pemandian dengan bathtub di dalamnya.

Satu lagi tempat yang bisa dikunjungi adalah kolam air panas milik perorangan, yang letaknya di sebelah bawah kolam milik Pemkab Pandeglang, fasilitas yang bisa ditemui selain kolam untuk dewasa dan untuk anak-anak Anda juga bisa memesan makanan dari restaurant kecil disekitarnya. Jika anda yang suka tantangan ada fasilitas firefox juga, sedangkan tiket masuknya sebesar Rp. 10.000,

Air panas Cisolong berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit reumatik, gangguan syaraf, tulang dan berbagai penyakit kulit. Namun dapat dipastikan, kandungan belerang pada air panas dapat dimanfaatkan untuk perawatan kesehatan. Air panas Cisolong ini mengandung zat kalsium, magnesium, chloride, sulfat, thermo, hypertherma dengan kadar zat alumunium yang cukup tinggi.

Pemandian Air Panas ini banyak dikunjungi para wisatawan khususnya ketika hari libur dan cuaca mendung, atau akan terlihat ramai pada jam 5 sore sampai malam, karena berendam di dalam air panas dengan kondisi cuaca dingin memberikan kenikmatan tersendiri.

Asiknya…!, berendam dalam kolam air panas sambil bercanda riang dengan keluarga pastinya menjadi kenangan tersendiri, oleh karenanya ayo kunjungi tempat wisata yang keren ini.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Comments are closed.