Alasan Pemkot Tangsel Dibalik Melesatnya Perkembangan Ekonomi di Serpong

Ekonomi 0
Alasan Pemkot Tangsel Dibalik Melesatnya Perkembangan Ekonomi di Serpong

foto: wartakota

TangselMedia – Alasan Pemkot Tangsel Dibalik Melesatnya Perkembangan Ekonomi di Serpong Pemerintahan Kota Tangerang Selatan melalui Lurah Pondok Jagung Julkipli Mahmud mengajak para ketua RT dan RW yang baru saja dilantik untuk membantu dalam mengidentifikasi potensi wilayah. Sehingga dapat mempercepat pembangunan.

“Misalkan di suatu wilayah memiliki potensi perekonomian melalui pelaku usaha yang dijalani warga setempat atau lainnya sebagainya. Apalagi perkembangan ekonomi di Serpong Utara sangat pesat,” ujar Jukipli, Senin (19/8/2019).

Sebelumnya, sebanyak 20 Ketua RT dan 7 Ketua RW di Kelurahan Pondok Jagung Kecamatan Serpong Utara mengikuti pelantikan. Mereka terpilih melalui pemilihan langsung yang demokratis oleh warganya Julkipli mengatakan,

para Ketua RT dan RW yang terpilih merupakan representasi warga untuk menjalankan tugas pelayanan kemasyarakatan. Pemilihan digelar layaknya pemilihan umum dengan menggunakan sistem pencoblosan didalam bilik tertutup.

Alasan Pemkot Tangsel Dibalik Melesatnya Perkembangan Ekonomi di Serpong

foto: beritasatu

“Warga memilih Ketua RT dan RW dari calon yang mendaftar, suara terbanyak terpilih menjadi Ketua RT dan RW untuk periode sampai tiga tahun kedepan,” ucapnya. Menurutnya pelantikan yang diadakan bertujuan memotivasi para Ketua RT dan RW dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya. Selain itu juga mampu meningkatkan pelayanan kepada warga yang dipimpinnya.

“Harapannya, Ketua RT dan RW menjalankan amanah warganya dengan baik. Pelayanan harus terus ditingkatkan, apalagi banyak sekali pelayanan tingkat Kelurahan untuk warga,” kata Jukilpi.

Sekretaris Kelurahan Pondok Jagung, Nurjaman menambahkan, Ketua RT dan RW yang dilantik memiliki tugas mewakili Lurah dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan.

“Di antaranya pendataan penduduk dan pelayanan administrasi, membuat gagasan dalam pembangunan yang melibatkan aspirasi masyarakat, mengerahkan swadaya gotong royong dan mendukung media komunikasi, informasi. Serta sosialisasi antara Kelurahan dengan masyarakat,” ungkap Nurjaman.

Dirinya menyebut pendataan penduduk menjadi tugas paling penting dan utama yang akan diemban oleh Ketua RT dan RW. “RT dan RW menjadi filter pertama pendataan penduduk, mengetahui dan mengenali warganya. Oleh karenanya warga pendatang pun diimbau untuk wajib lapor minimal 1×24 jam,” paparnya.

Baca Juga  House Of Tomyam, Kuliner Unik Tomyam Kelapa Pertama di Indonesia

Alasan Pemkot Tangsel Dibalik Melesatnya Perkembangan Ekonomi di Serpong – Beberapa Akses Yang Berkembang

Akses Jalan Tol Serpong

foto: wartakota

Tapi kini wilayah ini sudah bisa diakses dengan mudah. Misalnya lewat Jalan Tol Tomang-Kebon Jeruk-Tangerang-Merak dan ke luar di gerbang Tol Serpong Km 18. Lalu Tol JORR (Tol Lingkar Luar) dari Cikampek-Cikunir, ataupun Jalan Tol Lingkar Luar yang menghubungkan Bandara Internasional Soekarno-Hatta-Ulujami yang menembus Tol Bintaro-BSD.

Semua akses tol tersebut mengintegrasikan area ini dengan sejumlah kawasan di Jakarta. Asal tahu saja, sebelumnya warga yang tinggal di kawasan ini harus melintasi jalan di wilayah Bintaro Jaya karena Jalan Tol Serpong-Jakarta belum dibangun.

KRL Commuter Line Serpong

foto: wikipedia

Saat kawasan ini baru mulai dikembangkan, dulu hanya ada satu jalur kereta dan stasiun-stasiun kecil. Parahnya, di masa ini penumpang Kereta Rel Listrik atau KRL di jalur ini terpaksa duduk di atap akibat keterbatasan jam keberangkatan. Memang ada kereta ekspres, tapi tarifnya relatif lebih mahal

Kini pengguna KRL Commuter Line yang tinggal di wilayah ini bisa mengandalkan keberadaan Stasiun Serpong, Stasiun Cisauk, dan Stasiun Rawabuntu yang kini jauh lebih baik.

Sekarang jalur kereta yang melintas pun sudah berjalur ganda. Jalan-jalan penghubung menuju Jakarta pun seolah tidak pernah tidur. Lalu lintas KRL Commuter Line meningkat pesat. Dengan begitu akses ke kawasan ini kini makin mudah dan didukung pedestrian dan halte-halte transportasi publik.

Nah, Ulasan tersebut adalah merupakan beberapa Alasan Pemkot Tangsel Dibalik Melesatnya Perkembangan Ekonomi di Serpong yang merupakan saat ini sedang trend dan informasinya sangatlah dibutuhkan untuk sebagai pantauan masyarakat terhadap perkembangan yang ada di daerah serpong dan sekitarnya.

Tags:

Related Posts

Leave a Reply