Berbisnis Online Cara Raih Keberuntungan Saat Pandemi

BERBISNIS ONLINE CARA RAIH KEBERUNTUNGAN SAAT PANDEMI

 

Oleh: Syafaatul Hidayati, S.Pd., M.Pd*

 

Era pandemik yang dirasakan oleh seluruh dunia khususnya di Indonesia membuat banyak  aktivitas ekonomi terhambat. Tidak bisa kita pungkiri bahwa sejak adanya COVID-19 PHK dimana-mana. Ini terjadi karena pendapatan masyarakat menurun berdampak pula pada daya beli konsumen semakin rendah.

Mereka yang di PHK terpaknya dirumah saja. Ada juga yang masih mencari kerja juga akan dirumah saja mengingat keterbatasan lapangan kerja yang tersedia. Sebenarnya kita tidak perlu risau, ada banyak hal positif sebenarnya yang bisa lakukan selama dirumah saja. Misalnya kita berjualan online.

Banyak sebenarnya yang sudah tertarik berbisnis online selama pandemi ini. Akan tetapi banyak juga yang gulung tikar dalam bisnisnya. Hal ini terjadi karena mereka menganggap bahwa berbisnis online adalah hal biasa. Tanpa trik khusus yang penting berjualan, memposting jualannya di media sosial lalu menunggu siapa yang akan membeli dagangannya. Untuk mengeksekusinya ada beberapa kiat khusus yang bisa dilakukan supaya mendatangkan kesuksesan yang sebenarnya.

Kalau kita ingin mencapai sesuatu pasti dibutuhkan strategi khusus untuk mencapainya. Misalnya saat duduk dibangku sekolah anda ingin mempunyai nilai bagus, maka anda pasti akan giat belajar dan bertanya kepada guru hal yang kurang dipahami. Atau bahkan anda mengikuti kelas tambahan dengan belajar di bimbingan belajar tertentu. Begitu halnya dengan jualan online tentunya dibutuhkan strategi jitu untuk bisa bersaing dipersaingan yang sangat ketat ini.

Apabila kita berbicara dunia online, maka tidak akan terlepas dari konektifitas dengan jaringan internet. Dengan demikian para pegiat usaha online harus melek teknologi, itu adalah syarat mutlak yang harus dimiliki oleh mereka yang bergerak didunia online. Dengan konektifitas internet tersebut, maka mereka mempunyai situs, web atau blog bagi mereka yang ingin meraih sukses di dunia online disamping persyaratan lainnya yang harus dimiliki.

Terkadang seserang juga banyak berpikir dalam memulai sesuatu termasuk berbisnis online. Mereka masih mikir apa yang harus mereka jual, sehingga bisa laku di pasaran. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh mereka yang baru mau memulai bisnis online diataranya sebagai berikut.

  1. Mulailah bisnis yang sesuai dengan passion Banyak yang memulai bisnis online karena hanya mengikuti trend tanpa melihat apakah sesuai tidak dengan passion yang dimilikinya. Misalnya: anda menyukai memasak dan sudah banyak yang bilang kalau masakan anda enak. Ini bisa menjadi salah satu alternatif dalam bisnis kuliner.
  2. Mulailah suatu bisnis yang memang sesuai dengan bidang anda. Ini akan mendukung kelancaran bisnis anda apabila memang benar-benar menguasai dan ahli dibidang yang akan anda geluti nantinya. Misalnya: anda ahli dalam bidang otomotif, maka anda bisa memulai bisnis anda seputar otomotif.
  3. Mulailah bisnis yang perputarannya cepat. Ini juga menjadi salah satu strategi yang harus dipakai oleh pebisnis online khsuusnya di masa pandemik ini. Tidak bisa kita pungkiri bahwa kita membutuhkan untung dari bisnis yang kita jalankan. Dengan demikian maka carilah apa yang sekiranya bisa cepat laku dipasaran.
  4. Perhatikan trend yang berkembang saat ini. Ini juga harus diperhatikan, bahwa segala sesuatu pasti akan mengalami perkembangan. Begitu halnya dengan bisnis online juga pastinya akan terus berkembang. Oleh karena itu sebelum memulai bisnis online alangkah baiknya kalau kita melihat apa yang sekiranya lagi trend di pasaran supaya bisnis kita uptodate dan laku di pasaran.
Baca Juga  Di Tangerang Selatan Mantan Pecandu Narkoba Dibekali Keterampilan

Jika anda ingin memulai bisnis online, maka dapat memperhatikan keempat hal di atas. Setelah anda memperoleh pilihan apa yang sekiranya akan dijual, maka anda harus mengatur strategi bagaimana caranya supaya barang yang anda jual bisa dikenal oleh masyarakat dan laku di pasaran. Kalau kita cermatiu sebenarnya bisnis online itu adalah hal yang simple dilakukan asalkan kita bisa memahami strategi dalam memasarkannya. Pemasaran yang dapat dilakukan dalam berbisnis online cukup memanfaatkan media sosial yang ada dan berkembang saat ini. Di era pandemi seperti saat ini karena banyaknya orang berdiam diri di rumah menyebabkan mereka banyak mengakses media sosial ini dalam kesehariannya. Ini bisa kita jadikan sebagai wahana promosi jualan kita, yaitu dengan memasarkan produk kita lewat sosial media yang berkembang saat ini diantaranya whatspapp, instagram dan facebook.

  1. Cara berbisnis online via whatsapp

Banyak sekali pebisnis online yang memiliki keuntungan hanya dengan memanfaatkan media whatsapp sebagai ajang promosi jualan mereka. Salah satu strategi terbaik adalah apabila anda sudah mempunyai website online, maka anda dapat mengintergrasikannya dengan membuat link yang apabila diklik oleh calon customer langsung mengarah kepada nomor whatapp anda. Strategi ini dipandang sangat tepat sekali karena pengunjung organic yang diperoleh dari mesin pencari di google akan mengarah langsung ke kontak anda.

  1. Cara berbisnis online via instagram

Cara yang mudah kita lakukan adalah dengan membuat story dan juga membuat caption yang menarik dan tentunya berkualitas serta jangan lupa menyertakan pemakaian hashtags yang sesuai. Kadang pebisnis online asal mempromosikan saja tanpa mengetahui produk yang dipasarkan untuk siapa tergetnya. Hal yang tidak kalah penting dalam menggunakan media instagram sebagai wahana promosi adalah melengkapi foto profil dan informasi profil kita dengan baik dan lengkap. Hal ini supaya tidak membingungkan calon customer dan membuat mereka tertarik serta yakin mau membeli produk kita.

  1. Cara berbisnis online via facebook

Melalui media facebook anda bisa membangun suatu komunitas dengan cara membangun halaman facebook yang anda miliki atau yang biasa kita kenal dengan istilah “Facebook Pages”. Dengan cara ini menjadikan lalu lintas menuju situs website anda akan semakin besar. Disamping itu akan semakin banyak menjaring calon customer yang semakin luas juga. Misalnya: bisnis anda dalam penjualan permata, maka anda bisa bergabung di grup barang mewah. Akan tetapi yang harus anda perhatikan adalah, bahwa anda harus menghindari aktivitas spamming selama berada di grup tersebut. Buatlah ritme promosi yang jelas dan bahasa menarik supaya dirik oleh calon customer.  

Strategi yang ada di atas hanya sebagian strategi yang bisa anda manfaatkan dalam upaya mengembangkan bisnis online anda khususnya di masa pandemi ini. Kesuksesan sebenarnya ada pada diri anda yang akan memulai dan menjalankannya. Untuk itu dalam menjalankan bisnis kita tidak boleh setengah-setengah. Ibaratkan kalau kita sudah menceburkan diri pada kubangan, maka kita harus mencebur sekalian. Jadi tidak setengah-setengah dalam melakukan sesuatu. ***

 

*Penulis adalah Dosen pada Prodi S1 Pendidikan Ekonomi Universitas Pamulang serta Praktisi Pegiat Usaha Online

Tags:

Related Posts

Leave a Reply