Cara Menjalani Hidup Produktif di Rumah Selama PPKM Darurat

CARA MENJALANI HIDUP PRODUKTIF DI RUMAH SELAMA PPKM DARURAT

 

Oleh: Desi Riska Yanti*

 

Berbagai cara yang dilakukan oleh pemerintah untuk menanggulangi pandemi Covid-19 sudah begitu banyak salah satunya PPKM Darurat,untuk hal ini peran seluruh masyarakat dibutuhkan untuk mematuhi segala aturan.

Pemerintah Indonesia mengakui saat ini Indonesia termasuk dalam daftar negara yang mengalami peningkatan kasus Covid-19 “sangat tajam” menurut WHO, Organisasi Kesehatan Dunia.Itulah sebabnya, pemerintah Indonesia tidak menutup kemungkinan untuk memperpanjang PPKM maupun menempuh “kebijakan lain”, kata Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito, Selasa sore.

Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (ppkm) merupakan sebuah aturan dari pemerintah yang lebih ketat menekan pada risiko penularan COVID-19.Hal tersebut wajib ditaati oleh semua masyarakat di Indonesia,jika tidak bisa maka akan mendapatkan sanksi atau teguran keras.Dengan demikian,masyarakat akan lebih banyak menghabiskan aktivitas seperti biasanya di rumah.Maka dampaknya masyarakat akan merasakan kebosanan selama di rumah.

Masyarakat juga dapat diharapkan dapat mengisi waktu luang dengan kegiatan positif selama di rumah.Waktu luang tersebut dapat dimanfaatkan untuk menjalani hidup produktif dengan menerapkan gaya hidup sehat yang memiliki manfaat bagi Kesehatan mental dan fisik dan menghilangkan rasa bosan kita.Aktivitas dapat dilakukan dengan cara seperti berikut:

  1. Selalu membuat list harian.List harian adalah salah satu yang wajib semua orang miliki untuk menjadikan hidup kita lebih produktif dan terjadwal dengan baik.List harian dapat dibuat ketika malam hari untuk hari berikutnya.Maka dari itu manfaatnya sangat banyak salah satunya kita menjadi disiplin.
  2. Mengatur pola makan.hal ini dapat dilakukan dengan kita mengatur pola makan sesuai porsi dengan mengonsumsi makanan bergizi dan seimbang.Makanan tersebut dapat berupa 4 sehat 5 sempurna,seperti:karbohidrat,protein,lemak,vitamin dan mineral.
  3. Berjemur di bawah matahari pagi.Hal ini dapat dilakukan setiap pagi hari dirumah dalam waktu optimal saat pukul00 atau 07.30.Efeknya dapat menyehatkan bagi imunitas tubuh.
  4. Olahraga yang teratur.Olahraga yang baik dapat dilakukan dengan waktu 150 menit dalam seminggu.Aktivitas ini sangat memiliki banyak manfaat seperti pada Kesehatan fisik dan lainnya akan terlihat ketika dilakukan dengan teratur.Olahraga di rumah dapat dilakukan Ketika pagi hari,siang bahkan malam hari dengan berbagai jenis olahraga seperti aerobik,Latihan otot dan lainnya.
  5. Istirahat yang cukup.Istirahat sangat penting dilakukan karena untuk menjaga produktifitas.ketika kita memenuhi kebutuhan istirahat atau tidur dengan cuku, maka akan berdampak positif bagi kesehatan.istirahat yang benar dapat dilakukan dengan kita berhenti melakukan aktivitas sejenak dan merasakan ketenangan seperti meditasi,dan lainnya.
  6. Berkebun merupakan salah satu aktivitas yang sedang menjadi tren sekarang.Hal ini dapat dilakukan di rumah dengan mudah seperti dapat memanfaatkan sampah organik dan nonorganik sebagai media tanam.masyaraat memilih berkebun untuk dijadikan hobi baru selama pandemi karena manfaatnya sangat baik untuk kesehatan mental.
Baca Juga  Lomba Karya Jurnalistik Kabupaten Tangerang Digelar

Aktivitas tersebut dapat diterapkan dirumah selama PPKM Darurat ini.Maka kita akan memperoleh banyak manfaat dari aktivitas tersebut terutama dapat terhindar dari stress yang berlebihan dan dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita.Dengan adanya cara tersebut diharapkan PPKM Darurat ini tidak menimbulkan dampak yang terlalu serius pada tubuh kita.

Dengan demikian beberapa aktivitas yang dapat dilakukan sebagai cara untuk menjalani hidup produktif di rumah selama PPKM Darurat.Jika di rumah menjadi solusi terbaik,maka sebaiknya tetap melakukan kegiatan produktif seperti biasanya.Beberapa aktivitas tersebut tetunya tidak terlalu berat untuk dilakukan,kita hanya perlu melakukannya dengan rajin dan menghilangkan rasa pemalas.***

 

*Penulis adalah MahasiswaTeknik Industri Universitas Pamulang

Tags:

Related Posts

Leave a Reply