Dosen Unpam Gelar Pembuatan Produk Deterjen Cair di Parung Panjang

TangselMedia-Desa Cibunar merupakan salah  satu desa yang terletak di Kecamatan Parung panjang Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat, yang memiliki 4 Dusun, 9 RW dan 43 RT dengan luas wilayah ± 372,645 Ha. Desa Cibunar terbentuk pada tahun 1939, yang di pimpin oleh Kepala Desa.

Dalam upaya meningkatkan ekonomi di wilayah desa setempat pemerintah desa menganggap pentingnya menambah pengatehuan dan keterampilan sehingga perlunya berlatih untuk berinovasi bidang usaha  dengan berbagai cara agar bisa memciptakan pruduk baru yang diminati oleh konsumen, dengan demikian dapat memunculkan peluang bisnis sehingga bisa mengangkat perekonomian yang dapat meringankan beban hidup bagi diri sendiri pada khususnya dan masyarakat desa  pada umumnya.

Permasalahan yang Timbul di desa cibunar diantaranya adalah terdapat banyak potensi wira usaha yang belum tersalurkan dan juga belum sepenuhnya mendapatkan bimbingan untuk berlatih membuat inovasi produk yang dapat diperjual belikan, seperti kebutuhan pokok yang tak kalah pentinya yaitu produk deterjen cair, sebab deterjen cair dapat dipergunakan untuk keperluan mencuci pakain dll setiap harinya, karena belakangan ini deterjen cair  sangat popoler dimasyarakat, permintan pasar sangat besar dan  hampir setiap keluarga memerlukan kebutuhan akan deterjen tersebut, selain kemasan yang fleksibel bisa dengan botol juga bisa dengan plastik  dapat dikatakan  produk deterjen cair sangat efektif juga efisien.

Melihat kebutuhan masyarakat yang sangat penting tersebut maka Dosen Universitas Pamulang melakukan pengabdian kepada masyarakat di desa tersebut dengan judul “Pembuatan Produk Deterjen Cair di Desa Cibunar Parung Panjang Bogor”.

Kegiatan PKM ini dilaksanakan di aula kantor Desa  Cibunar, Parung panjang kab Bogor, yang berlangsung selama 3 hari yaitu dari Tanggal 19-21 Mei 2023.

Dosen yang terlibat dalam PKM ini adalah  Ibu Rully Nur Dewanti , S.T., M.M.  sebagai ketua pengusul, Wanto Sarwoko, S.T., M.T. dan Surasa, ST., M.T sebagai anggota, serta 5 orang mahasiswa yang terlibat dalam PKM ini yaitu Bagas Fatah, Fatwa Indah Rahayu, Finda Gita Kusuma Dewi, Muhamad Syihan Huaidi, Ulil Abzar Abdala.

Baca Juga  Peringati Hari Gizi dan Makanan 2018, Tim Penggerak PKK Kota Tangerang Selatan Gelar Diskusi Publik

Kegiatan PKM ini dilaksanakan melalui beberapa rangkaian acara pertama-tama pembukaan acara dilaksanakan oleh Moderator  Bapak Wanto sarwoko ST., MT Kemudian kata sambutan dari Kepala desa  Bpk H. Sarjono, dalam sabutanya mengatakan bahwa pelatihan inovasi produk pembuatan deterjen cair  ini sangat berguna bagi masyarakat setempat mengingat masyarakat sudah lama mengharapkan adanya bimbingan bibingan dalam menciptakan inovasi usaha kecil di lingkingan sekitar. dilanjutkan dengan kata sambutan dari ketua pengusul PKM, yang disampaikan oleh Ibu  Rully Nurdewanti , ST., MM. sekaligus penyampaian materi , dalam hal ini mengucapan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada bapak kepala desa Bapak H. Sarjono beserta staf nya,  ketua RT dan RW   yang telah memberikan kesempatan untuk pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat. Serta disampaikan juga ucapan terimakasih  kepada seluruh peserta dan masyarakat yang terlibat dalam kegiatan PKM tersebut.tersebut. yang kemudian dilanjutkan penyampaian materi  dan juga praktek pembuatan Produk Deterjen Cair.

Materi yang disampaikan adalah bagaimana cara untuk meproduksi deterjen cair yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dengan harga terjangkau dengan memberikan pengetahuan  teori  dan juga praktek, Adapun praktek pembuatan nya memerlukan matrial segbai berikut : Texapon 1000gr, Sodium 650gr, Foam Boster 65 gr, Asam oxalate/asam sitrat 130gr, Antiredeposisi 650, Foam boster 130gr, Air 6,8 liter, Parfum 35 liter, Pewarna 1 ml.

Kemudian dilanjutkan dengan  praktek pembuatan produk deterjen cair  yang diikuti oleh seluruh peserta dan dipandu langsung oleh ketua PKM Ibu Rully Nurdewanti, ST., MM. dan  Nara sumber Bapak Wanto Sarwoko, ST., MT. serta Bapak Surasa, ST., MT.

Selesainya acara pelatihan  tersebut ketua PKM Rully Nurdewanti, ST., MM. mengucapkan terimakasih kepada semua peserta dan masyarakat sekitar atas partisipasinya semoga ilmu yang disampaikan dapat memberikan maanfaat bagi warga diwilayah kelurahan Cibunar , Parung Panjang Bogor.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *