Penyuluhan Mahasiswa Teknik Industri Kepada UMKM Produsen Kripik Pisang Mengenai Efektivitas Produksi

TangselMedia – Mahasiswa Teknik Industri Universitas Pamulang (UNPAM) yang tergabung dalam kelompok Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), melakukan Pemberdayaan Masyarakat Desa Pasir Gadung Kabupaten Tangerang untuk melakukan penyuluhan tataletak pabrik guna meningkatkan efektivitas produksi pada produsen kripik pisang pada tanggal 28-30 Oktober. Kegiatan tersbut dilakukan oleh satu kelompok , terdiri dari 4 orang yang diketuai oleh Ibrahim dan beranggota dari Fakultas Teknik Program Studi Teknik Industri Universitas Pamulang. Dalam kegiatannya bekerja sama dengan warga Desa Pasir Gadung.

Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada Masyarakat ini yaitu sebagai Upaya pemberdayaan UMKM dengan memberikan ilmu mengenai pentingnya penataan fasilitas yang digunakan dalam untuk proses pembuatan kripik pisang agar dapat mendapatkan produk yang yang lebih baik kualitasnya.

Kegiatan PKM ini dilaksanakan melalui beberapa rangkaian acara pertama-tama pembukaan acara oleh Muhammad Fauzan Zidni selaku pembawa acara, kemudian kata sambutan dari Bapak Agus Nurrokhman,. Dalam hal ini beliau mengucapkan terimakasih untuk Bapak ketua Rt, Bapak Kepala Dusun yang telah mengizinkan atas terselenggaranya acara PKM ini dan tidak lupa kepada warga sekitar atas antusiasme dari kegiatan ini dan semoga bisa berjalan dengan lancer.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan penyampaian materi tentang penyuluhan tata letak pabrik atau usaha yang dilakukan oleh Ibrahim, Dhema Ferlandy Putra, Arief Dwi Saputra dan Fatimah Nur Rahayu mengenai tata letak pabrik atau usaha.

Baca Juga  Berikut Ini Menu Buka Puasa dan Sahur yang Harus Dihindari Bagi Penderita Maag (part 2)

Dimulai dari perkenalan ap aitu tata letak pabrik atau usaha kepada masyarakat, lalau dilanjutkan dengan manfaat, tujuan yang didapat jika mengelola tataletak fasilitas usaha dan bagaimana menyikapa jika keterbatasan ruang yang digunakan dalam merintis suatu usaha alternatif apa yang harus dilakukan agar tidak mengganggu jalannya usaya yang sedang dirintis. Harapan dari PKM yang dilakukan ini agar ilmu tentang tata letak fasilitas usaha maupun rumah tangga dapat dikelola dengan baik.

Selesainya pemaparan mengenai tata letak fasilitas usaha di Desa Pasir Gadung kemudian di jeda dengan pemberian doorprize kepada audience yang disini adalah Masyarakat Desa pasir Gadung agar suasana tidak terlalu tegang dan audience memperhatikan dengan baik.

Dengan adanya kegiatan seperti ini mereka berharap materi yang dipaparkan dapat diterapkan dalam usaha maupun untuk rumah tangga karena penentuan tata letak sendiri sangan luas jangkauannya bukan hanya untuk pabrik maupun usaha UMKM tetapi juga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini menjadi salah satu keberhasilan dari kegiatan PKM ini, karena banyak dari peserta yang mengikuti kegiatan ini.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *