Dosen Unpam Sosialisasikan Keselamatan Berkendara Kendaraan Roda 2 di SMPIT Tunas Insan Mulia Sawangan Depok

TangselMedia-Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) menjadi kegiatan yang istimewa bagi dosen maupun mahasiswa. Selain sebagai implementasi Tridharma Perguruan Tinggi, juga menjadi hiburan untuk sejenak melepas kepenatan karena padatnya kegiatan di kampus. Melalui kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat, dosen maupun mahasiswa dapat berinteraksi langsung dengan masyarakat, berbagi ilmu, berbagi cerita, berbagi pengalaman, menyampaikan pesan moral, budaya, etika. Tidak sedikit dari kegiatan PKM muncul ide-ide dan peluang-peluang yang dapat menjadi solusi akan permasalahan yang terjadi di masyarakat, baik masalah sosial, ekonomi, lingkungan, kesehatan, dll.

Pada semester genap tahun ajaran 2022-2023 beberapa dosen dan mahasiswa Universitas Pamulang kembali menggelar kegiatan pengabdian kepada masyarakat di berbagai wilayah di Tangerang Selatan dan sekitarnya. Salah satunya adalah kelompok PKM yang terdiri dari tiga dosen teknik mesin yang diketuai oleh Abdul Choliq bersama dua dosen yaitu Nur Rohmat sebagai nara sumber dan Nurjaya sebagai pemateri dan turut serta dalam PKM ini dua mahasiswa teknik mesin. PKM dilaksanakan pada tanggal 14-15 Maret 2023. Tempat pelaksanaan PKM di SMP IT Tunas Insan Mulia Sawangan Depok yang beralamat di Jl. Jambu RT. 02/05 No. 81 Kedaung Sawangan Kota Depok, Jawa Barat, lokasi tidak jauh dari kampus Universitas Pamulang.

Gambar: Dosen pelaksana PKM bersama siswa siwi SMP IT Tunas Insan Mulia

Acara yang dibuka dengan sambutan oleh Kepala Sekola SMP IT Tunas Insan Mulia, Ibu Nurlaela Indah Sari, S.E. mengambil tema “Sosialisasi Tentang Keselamatan Berkendara Kendaraan Roda 2”. Tema ini dirasa penting untuk memberikan pembekalan kepada siswa-siswi SMP, karena pada usia-usia ini biasanya anak-anak mulai mencoba-coba untuk mengendarai kendaraan sepeda motor, apakah terus terang minta izin kepada orang tua, belajar dengan kawan atau mungkin mencuri-curi kesempatan tanpa sepengetahuan orang tua. Tidak kita pungkiri banyak anak-anak usia SMP sudah berani mengendarai sepeda motor di jalan raya tanpa memiliki bekal yang cukup tentang aturan berkendara yang ditetapkan pemerintah serta berbagai resiko yang bisa menimpa atas segala bentuk pelanggaran. Mereka tidak memahami peringkat usia yang diperkenankan untuk mengendara sepeda motor, mereka tidak mengetahui aturan keselamatan bermotor sehingga banyak yang tidak mengenakan helm dan peranti keselamatan lain. Lebih dari itu etika berkendara serta aturan kelaikan kendaraan belum mereka pahami. Hal inilah yang menjadi latar belakang pengambilan tema dalam pelaksanaan PKM.

Baca Juga  Mahasiswa Unpam Buatkan Meja Belajar dengan Las SMAW di TPQ Ar-Rayya Desa Pasanggrahan Kecamatan Solear

Suasana ceria tergambar dalam pelaksanaan PKM karena audiencenya adalah siswa-siswi SMP. Sesekali candaan-candaan muncul di tengah acara pemaparan materi PKM. Materi disampaikan dengan maksud memberikan pembekalan di usia dini kepada para siswa tentang pentingnya menjaga keselamatan selama berkendara di jalan raya. Tentu saja semua itu diawali dengan mengetahui bagaimana menyiapkan kondisi kendaraan agar prima, melengkapi perlengkapan kendaraan sesuai standar pemerintah serta mematuhi peraturan lalu lintas serta menjaga etika dan tata krama selama berkendara. Dalam PKM ini disosialisasikan tentang peraturan persyaratan standar teknik kelaikan kendaraan roda 2 yang merujuk pada Permenhub Republik Indonesia nomor PM 30 Tahun 2020 dan UULLAJ No. 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan. Hal-hal penting menyangkut menjaga kondisi kendaraan, tahapan menghidupkan serta menjalankan kendaraan juga menjadi menu yang disajikan kepada audience. Sebagai penutup adalah materi tentang adab, tata krama dan doa berkendara sepeda motor.

Dari kegiatan ini diharapkan siswa/i SMP IT Tunas Insan Mulia dapat memiliki mendapatkan pemahaman dan pengetahuan dalam berkendara roda dua di jalan raya sehingga dapat menumbuhkan kesadaran untuk kelak dapat berkendara dengan baik dan benar sehingga meminimalisir resiko kecelakaan berkendara di jalan raya. Dosen dan mahasiswa Teknik Mesin  Universitas Pamulang mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pihak sekolah yang telah memfasilitasi tempat, peralatan yang dibutuhkan selama kegiatan PKM. Acara ditutup dengan foto bersama para dosen PKM, mahasiswa, kepala sekolah, staf dan siswa/I  SMP IT Tunas Insan Mulia.

Kontributor: Nurjaya dan Abdul Choliq (dosen Teknik Mesin Unpam)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *