Dosen Unpam Sosialisasikan Pengukuran Komponen Elektronik Kepada Warga Bambu Apus, Pamulang

TangselMedia-Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) menjadi kegiatan yang istimewa bagi dosen maupun mahasiswa. Selain sebagai implementasi Tridharma Perguruan Tinggi, juga menjadi hiburan untuk sejenak melepas kepenatan karena padatnya kegiatan di kampus. Melalui kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat, dosen maupun mahasiswa dapat berinteraksi langsung dengan masyarakat, berbagi ilmu, berbagi cerita, berbagi pengalaman, menyampaikan pesan moral, budaya, etika. Tidak sedikit dari kegiatan PKM muncul ide-ide dan peluang-peluang yang dapat menjadi solusi akan permasalahan yang terjadi di masyarakat, baik masalah sosial, ekonomi, lingkungan, kesehatan, dll.

Pada semester ganjil tahun ajaran 2023-2024 beberapa dosen dan mahasiswa Teknik Mesin Universitas Pamulang kembali menggelar kegiatan pengabdian kepada masyarakat di berbagai wilayah di Tangerang Selatan dan sekitarnya. Salah satunya adalah kelompok PKM yang terdiri dari dua dosen teknik mesin yang diketuai oleh Reson Wibowo bersama Nurjaya sebagai anggota dan dibantu oleh dua mahasiswa sebagai pemateri dan tutor praktikum. Keduanya adalah Moh. Habibullah dan Andriyan. PKM dilaksanakan pada tanggal 10 Mei 2024 Kepada Warga Bambu Apus, Pamulang, Tangerang Selatan.

Suasana ceria tergambar dalam pelaksanaan PKM karena audiencenya adalah Pengunjung atau warga masyarakat yang sangat antusias untuk datang melihat atau sekedar bertanya ke beberapa narasumber PKM Unpam. Serta mencoba untuk belajar terhadap pengukuran komponen elektronik, Sosialisasi ini dilakukan untuk memberikan dampak yang baik untuk masyarakat untuk memberikan edukasi dan informasi terkait dengan elektronika, sehingga masyarakat sekitar juga mendapatkan manfaat dari universitas Pamulang pada fakultas teknik mesin Pengukuran komponen elektronik dengan cara penggunaan Alat Multimeter, alat ini digunakan untuk pengukuran komponen aktif maupun pasif,  supaya warga Bambu Apus dapat mengetahui tentang pengukuran komponen elektronika, sehingga dapat membantu warga jika menemukan kendala-kendala tentang elektronika dengan arahan dari narasumber yang sudah berpengalaman.

Baca Juga  Pembuatan Kursi dengan Las CO₂ di Desa Suradita, Cisauk

Dari kegiatan ini masyarakat dapat memiliki dampak dari keberadaan fakultas teknik mesin di Universitas Pamulang, kami mengadakan adanya sosialisasi pengukuran komponen elektronika pada warga Bambu Apus, Pamulang. Desa ini dipilih berdasarkan letaknya yang dekat dengan kampus Universitas Pamulang. Untuk meningkatkan pengetahuan warga tentang pengukuran komponen elektronik akan dilakukan sosialisasi berbentuk sosialisasi sekunder yang dilaksanakan secara formal. Pemberian sosialisasi pada warga diharapkan agar warga dapat mengetahui untuk pengukuran komponen elektronika secara sederhana. Melalui kegiatan presentasi, peragaan dan praktek perbaikan. Dosen dan mahasiswa Teknik Mesin Universitas Pamulang mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada bapak Giyanto,ST,MT yang telah memfasilitasi tempat, peralatan yang dibutuhkan selama kegiatan PKM. Acara ditutup dengan foto bersama para dosen PKM, mahasiswa dan masyarakat.

Kontributor: Moh. Habibullah (Mahasiswa Teknik Mesin Unpam)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *