Dukung Program 4M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga  Jarak, dan Menghindari Kerumunan) Dosen Teknik Industri Unpam Berikan Pelatihan Memproduksi Hand Wash Berbasis UMKM di Lebak Banten

TangselMedia-Seperti kita ketahui bahwa Pandemi Virus Corona atau dikenal Covid-19 mulai melanda Indonesia pada bulan Februari 2020. Covid-19 tidak hanya sekedar bencana kesehatan, juga menimbulkan kekacauan di sektor ekonomi, tidak hanya industri besar saja yang terpapar, juga termasuk para pelaku UMKM di Indonesia. Kebijakan Pemerintah yang menentapkan Peraturan seperti Social Distancing, Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), bekerja dari rumah (Work From Home), pembatasan sarana transportasi, pemutusan hubungan kerja berdampak kepada tersendatnya distribusi bahan baku dan produk UMKM. Tidak hanya UMKM yang bergerak di sektor produksi rumahan, UMKM  yang bergerak di bidang jasa pun  mengalami penurunan omset yang signifikan, misalnya tukang cukur yang terpaksa harus kehilangan penghasilan akibat kebijakan Social Distancing,  make-up artis, pekerja Wedding Organizer, fotografer pernikahan, dan lainnya mengalami kesulitan untuk mendapatkan penghasilan  karena Pandemi Covid-19 ini.

Demi tercapainya Produktivitas Masyarakat Desa Cihujan Kecamatan Cijaku Kabupaten Lebak Banten dimasa Pandemi Covid-19 ini, Program Studi Teknik Industri Universitas Pamulang sebagai salah satu Universitas melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan tema “Pelatihan Memproduksi Hand Wash Berbasis UMKM” yang dilakukan melalui tatap muka dan tentunya mengkedepankan Protokol Kesehatan. Pengabdian Masyarakat ini dihadiri Kepala Desa Cihujan, Ketua BPD, Anggota PKK, Anggota Posyandu, Para Santri, dan Warga Desa Cihujan, yang dilaksanakan pada hari Sabtu  05 Desember 2020 (05/12/2020).

Kegiatan ini merupakan  salah satu kewajiban Dosen  untuk melakukan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu melakukan Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Dosen Universitas Pamulang yang terlibat dalam hal ini adalah (Taufik, S.T., M.T, Sudiman, S.T., M.T dan Dwi Suryanto, S.T., M.T) dan dibantu oleh beberapa Mahasiswa/i Teknik Industri Universitas Pamulang (Arum Aprilinda, Eva Rosita dan Febri Yustiyan) melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Desa Cihujan Kec. Cijaku Kab. Lebak, Banten.  Bedah Marwiyah S.E selaku Kepala Desa Cihujan Kec. Cijaku Kab. Lebak,  Banten mengucapkan “Banyak Terima kasih atas kedatangan dalam hal ini Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dari Universitas Pamulang dan ilmu yang telah disampaikan, dan diharapkan Masyarakat Desa Cihujan dapat menerapkan nya sebagai salah satu bentuk usaha Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Desa Cihujan demi meningkatkan Produktivitas Masyarakat”, tutur Bedah Marwiyah.

Baca Juga  Rumah Makan Kambing Muda Paijo, Sensasi Daging Kambing Yang maknyus

Selain itu, Taufik, S.T.,M.T selaku Ketua Pelaksana PKM dalam Pengabdian tersebut menyampaikan “Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini sebagai bukti nyata salah satu bentuk dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu disamping melakukan pendidikan dan penelitian dan ditambahkan juga dengan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat.  Kebetulan Pengabdian kali ini dilakukan di Desa Cihujan, kebetulan juga karena Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di Desa Cihujan ini dinilai masih rendah, sehingga PKM ini bertujuan untuk disamping untu Meningkatkan Produktivitas Masyarakatnya juga untuk mensiasati adanya Virus Covid19 yang masih belum berakhir dan masih melanda bangsa kita, agar salah satunya untuk kegiatan Mencuci Tangan dengan sabun dapat dilakukan sendiri, dengan cara apa ? Pembuatan Hand Wash untuk mencuci tangan”, ujar Taufik.

Selain itu Taufik, S.T., M.T juga mengucapkan banyak-banyak berterimakasih atas partisipasi seluruh Masyarakat Desa Cihujan dan sekitarnya yang sudah ikut berpartisipasi, serta membantu sehingga kegiatan PKM berjalan dengan lancar dan ilmu yang diberikan dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya  dan diharapkan setelah selesai PKM ini dapat Meningkatkan Produktivitas dan Kesejahteraan Masyarakat Desa Cihujan.

Sudiman, S.T.,M.T  selaku Dosen Universitas Pamulang dan pemateri dalam kegiatan PKM tersebut menyampaikan materi dengan langsung ke praktek dan diskusi mengenai Pelatihan Memproduksi Hand Wash serta  mengajak para peserta PKM untuk terjun langsung dalam Pelatihan Memproduksi Hand Wash yang dibantu oleh beberapa Mahasiswa/i. “Ibu-ibu, teteh- teteh dan ade-ade semua Memproduksi Hand Wash itu sendiri sebenarnya sangatlah mudah, alat dan bahan yang digunakan sederhana dan bahannya aman untuk digunakan serta mudah juga dalam mendapatkan atau mencarinya, ibu-ibu dapat menggunakan peralatan yang ada di dapur yang terpenting adalah kesabaran dalam proses pengadukan karena kalau tidak sabar akan banyak busa yang dihasilkan”, ungkap Bapak Sudiman saat menyampaikan dan mempraktekan Pelatihan Memproduksi Hand Wash tersebut.

Dengan diadakannya kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini, harapan ke depannya target PKM dapat tercapai sesuai harapan Pemerintah dan Progress untuk Sosialisasi Program Studi Teknik Industri dapat berjalan lancar. Sehingga, hal tersebut dapat membuahkan hasil yang maksimal bagi Universitas Pamulang.***

Tags:

Related Posts

Leave a Reply