Pelatihan Budidaya Ternak Jangkrik Guna Menunjang Peluang Usaha Mikro Kecil di Desa Cihuni, Tangerang

TangselMedia – Desa Cihuni adalah salah satu desa yang terletak di Kecamatan Pagedangan Kabupaten Tangerang Provinsi Banten , yang memiliki luas wilayah ± 470.5Ha.  Dengan jumlah  penduduk 7.711 Orang. didesa ini terdapat perumahan Gading Serpong dan Paramount Serpong, di tahun 2023 ini Desa Cihuni dipimpin oleh kepala desa yaitu Bapak H. Ahmad Kunaefi, S.Ip

Dalam upaya meningkatkan ekonomi masyarakat banyak hal yang harus ditempuh, oleh pemerintah pedesaan khususnya didesa Cihuni oleh karena itu pentingnya menambah pengatehuan dan perlunya berlatih untuk berinovasi bidang usaha  dengan berbagai cara agar dapat memciptakan  peluang baru yang dapat di jadikan sebagai sumber usaha baru sehingga bisa mengangkat perekonomian yang dapat meringankan beban hidup bagi diri sendiri pada khususnya dan masyarakat pada umumnya.

Permasalahan yang timbul di desa Cihuni diantaranya adalah terdapat banyak potensi wira usaha yang belum tersalurkan dan juga belum sepenuhnya mendapatkan bimbingan untuk berlatih membuat inovasi usaha yang dapat membantu meringan kan perekonomian salah satu adalah budidaya ternak jangkrik sebagai pilihan nya mengingat tidak perlu memakan tempat yang luas, tidak memakan modal awal besar , tata cara berternak nya sangat mudah (tidak menyita waktu) harga pasaran nya cukup stabil.

Kemudian potensi wira usaha yang didominasi oleh kaum ibu-ibu jika mendapatkan bimbingan dan terlatihan yang untuk budidaya ternak jangkrik maka selain dapat meningkatkan penghasilan ternak jangkrik juga dapat  meningkatkan ketahanan tubuh jika dikonsumsi dapat menjadikan sebagai asupan protein yang sangat tinggi  sehingga dapat juga menjaga kestabilan kesehatan bagi masyarakat Cihuni,   dengan melihat kebutuhan masyarakat yang sangat penting tersebut maka Dosen Universitas Pamulang melakukan pengabdian kepada masyarakat dengan judul “ Pelatihan Budidaya Ternak Jangkrik Untuk Menunjang Peluang Usaha Mikro Kecil Di desa Cuhuni Kecamatan Pegedangan Kabupaten Tangrang . PKM ini dilaksanakan di halaman kelurahan dan sekolahan yang berdekatan dengan kantor desa Cihuni, Dosen yang terlibat dalam PKM ini adalah  Surasa, S.T., M.T.  sebagai ketua pengusul, Ahmad Chaerul Muslim, S.T., M.T. dan Pujiman, ST., M.T sebagai anggota, serta 3 orang mahasiswa yang terlibat dalam PKM ini yaitu Defa Tomas Prenky, Muhamad Seftian, Fadil Andika Arya Putra.

Baca Juga  Bahan Aktif Pilihan Pada Formulasi Skincare

Kegiatan PKM ini dilaksanakan melalui beberapa rangkaian acara pertama-tama pembukaan acara dilaksanakan oleh Moderator  Bapak Ahmad Chaerul Muslim ST., MT Kemudian kata sambutan dari Aparat  Desa setempat  dalam sabutanya mengatakan bahwa pelatihan budidaya ternak jangkrik ini sangat manfaat bagi masyarakat setempat mengingat masyarakat sudah lama mengharapkan adanya bimbingan bibingan dalam menciptakan inovasi usaha kecil di lingkungan sekitar. dilanjutkan dengan kata sambutan dari ketua pengusul PKM, yang disampaikan oleh bapak Surasa, ST., MT. sekaligus penyampaian materi , dalam hal ini ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak kepala desa, Bapak RW/RT dan Anggota BPD  yang telah memberikan kesempatan untuk pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini, serta disampaikan juga ucapan terimakasih kepada kepada seluruh peserta dan masyarakat yang terlibat dalam kegiatan PKM tersebut. yang kemudian dilanjutkan penyampaian materi  dan juga praktek budidaya ternak jangkrik .

Materi yang di sampaikan adalah bagaimana cara untuk untuk melakukan budidaya ternak jangkrik yang benar dari telor hingga panen  maka diperlukan pemahaman teori dan juga praktek, Adapun praktek budidaya ternak tersebut memerlukan matrial segbai berikut : papan triplek 1 lembr, lakban 2 rol, por pakan ayam 0,5 kg, telor jankrik 2 ons, jangkrik muda 2,5 ons semprotan burung ukuran 1 liter 1pcs, daun pisang kerin 2,5 ons.

Acara selanjutnya adalah praktek budidaya jangkrik dari cara penetasan , pembesaran hingga cara panen yang dipandu langsung oleh dosen Bapak Surasa, ST., MT. dan bapak Pujiman, ST., MM.

Selesainya acara pelatihan  tersebut Ketua PKM Surasa, ST., MT. mengucapkan terimakasih kepada semua peserta dan masyarakat sekitar atas partisipasinya semoga ilmu yang disampaikan dapat memberikan maanfaat bagi warga di wilayah kelurahan Cihuni , Pagedangan Tangrang.***

Kontributor : Surasa, S.T., M.T.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *