Ini Alasan Mengapa Anak Harus Dikenalkan Beragam Makanan Sejak Dini

Lifestyle 0

Ini Alasan Mengapa Anak Harus Dikenalkan Beragam Makanan Sejak Dini

TangselMedia – Selera makan anak terbentuk sejak usia dini, bahkan beberapa penelitian menyebut sejak dalam kandungan. Itu sebabnya, anak perlu berkenalan dengan beragam jenis makanan di usia balita. Namun, kadang-kadang hal tersebut terbentuk oleh selera orang tua. Kebanyakan orang tua menghidangkan makanan yang mereka sukai dan cenderung menghindari makanan yang tidak disukai. Bagus, jika orang tua termasuk orang yang penyuka segala jenis makanan. Bagaimana dengan orang tua yang pemilih?

Itulah yang membuat anak ikut-ikutan menjadi pemilih makanan. Perlu diketahui bahwa masa balita adalah masa ketika seseorang paling terbuka dalam mempelajari dan menikmati rasa-rasa makanan baru. Masa balita ini juga menjadi jendela paling kritis pada tahapan perkembangan anak dalam hal memperkenalkan aneka rasa makanan, termasuk sayur-sayuran yang sering diasumsikan sebagai “musuh” anak-anak. Dan ketika jendela kritis ini sudah terlewat, akan lebih sulit bagi anak untuk menerima rasa makanan baru, meski bukan tidak mungkin.

Tentu saja, memperkenalkan makanan baru pada anak bukan perkara mudah. Anak-anak umumnya lebih mudah tertarik dengan apa yang familiar bagi mereka dan lebih takut atau enggan mencoba hal-hal baru, termasuk makanan. Namun jika anak mendapat pengalaman (makan makanan baru) berulang kali, atau bahkan hanya karena sering melihatnya, makanan tersebut akan menjadi lebih akrab di mata anak dan mendorong mereka untuk mau mencobanya.

Baca Juga  Dua Bulan Ditinggal Sarwendah, Ruben Onsu Sambut Kepulangan nya Dengan Pesta Meriah

“Cara itu membuat makanan-makanan tersebut bukan hal baru lagi bagi anak,” ujar Stephanie Anzman-Frasca, dokter anak spesialis pengobatan perilaku anak di Universitas Buffalo, New York, Amerika Serikat. Jadi, jangan memberikan makanan anak hanya berdasarkan preferensi selera pribadi Anda. Perkenalkan anak pada sebanyak mungkin jenis makanan, yang bahkan mungkin Anda tidak sukai. Karena apa yang menurut Anda tidak enak, belum tentu demikian pula di lidah anak. “Hal terbaik yang bisa kita lakukan sebagai orang tua adalah menawarkan berbagai jenis makanan pada anak dalam dosis harian,” saran Stephanie Anzman-Frasca.

Tags:

Related Posts

Leave a Reply