Mahasiswa Teknik Mesin UNPAM Gelar Edukasi Masyarakat Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Api Ringan di Cikande, Banten

TangselMedia-Mahasiswa Teknik Mesin Universitas Pamulang (UNPAM) yang tergabung dalam kelompok Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) melakukan Edukasi Masyarakat Dalam Upaya Pencegahan Dan Penaggulana Kebakaran Api Ringan Dengan Media Karung Goni pada hari Minggu tanggal 3 Juli 2022.

Kegiatan tersebut dilakukan oleh satu kelompok, terdiri dari 5 orang diketuai oleh Diva beserta tim. Dalam kegiatannya bekerjasama dengan Warga Kp. Masigit Rw. 006/001 Ds. Situterate, Kec. Cikande, Kab. Serang dan Mahasisiwa Sutomo

Untuk teknis pelaksanaannya kelompok PKM mahasiswa mempersiapkan terlebih dahulu alat seperti karung goni, minyak, kain, kaleng wafer, tungku kompor bekas, Setelah itu pemaparan materi terlebih dahulu yang dibuka oleh moderator Gilang Rommadon dan kemudia Sambutan dari ketua Rt 006/001 Kp. Masigit Bapak Moh Ikhwanudin, lalu mensimulasikan kebakaran ringan yang terjadi pada dua tungku kompor memadamkan dengan karung goni

Mereka berharap dengan adanya program ini bisa mengedukasi dan warga setempat memahami ketika terjadi kebakaran apa yang harus dilakukan dan perlunya tindakan oleh sebab itu karung goni dipilih sebab terjangkau selain itu kita juga mengedukasi selain menggunakan karung goni juga dengan handuk yang mudah didaptkan dan setiap rumah warga ada. Untuk itu acara terselegara selain mengedukasi warga juga mempererat tali silaturahmi antara mahasiswa dengan berbagai organisasi setempat ataupun warga setempat.

Baca Juga  Dosen UNPAM Gelar Workshop Perancangan Digital Marketing Produk di Munjul, Pandeglang

 

Sebagai Ketua RT Moh Ikhwanudin mengungkapkan bahwasannya respon dari masyarakat sangat menerima kehadiran program PKM oleh mahasiswa Teknik Mesin Universitas Pamulang, terbukti dari spontanitas membantu menyediakan fasilitas di lokasi kegiatan dan Meberi Masukan.

“Dengan bantuan secara spontanitas dari masyarakat, program ini berjalan dengan lancar dan cepat sesuai dengan estimasi waktu yang ditentukan.” Ungkapnya.

Ketua Rt 006/001 Kp. Masigit Moh Ikhwanudin memantau secara langsung serta memberi pengarahan kepada setiap mahasiswa jika mengalami sedikit kesulitan dari proses aktifitasnya, dari awal hingga akhir proses pengerjaan setiap anggota menerapkan keselamatan kerja.

“Dari setiap  proses dilakukan mahasiswa, terbukti menerapkan ilmu yang didapatkan dari Universitas dan diterapkannya  keselamatan kerja.” Ujarnya.

Diakhir sesi makan bersama, mahasiswa dan masyarakat yang hadir melakukan bincang-bincang santai kemudian dilanjutkan dengan melakukan foto bersama dan penandatanganan form kerjasama Implementation Arragement (IA) antara kaprodi teknik mesin dengan Moh Ikhwanudin selaku Ketua Rt. 006 dan Ketua Karang Taruna Kp. Masigit Unit Rw. 006.***

Tags:

Related Posts

Leave a Reply