Mahasiswa Teknik Mesin UNPAM Gelar Sosialilasi Uji Hasil Pengelasan SMAW Di Perumahan Sukamanah Rajeg Tangerang

TangselMedia-Mahasiswa Teknik Mesin Universitas Pamulang (UNPAM) yang tergabung dalam kelompok Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) melakukan kegiatan sosialisasi di Perumahan Sukamanah Residence pada hari Selasa tanggal 17 Agustus 2021.

Ketua Kelompok PKM Puji Nur Hidayat beserta Tim menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah sebuah bentuk kepedulian Mahasiswa kepada masyarakat dengan mengangkat tema “Uji Hasil Pengelasan Las Listrik SMAW”

Menurut Puji tema yang dipilih sangatlah relevan dikarenakan masyarakat Perumahan Sukamanah Residence banyak berprofesi sebagai jasa pembuat pagar dan tralis diharapkan dengan mengangkat tema Uji Hasil Pengelasan Las Listrik SMAW masyarakat dapat lebih memahami tentang kualitas dan hasil las yang bagus sesuai dengan kriteria standar

Dalam penyampaian materi kelompok PKM mahasiswa memberikan pengetahuan tentang :

Pemeriksaan Hasil Pengelasan Pemeriksaan proses pengelasan dilakukan untuk menjamin kualitas hasil lasan yang dibuat sesuai dengan ketentuan, dan standard yang digunakan. Pemeriksaan tersebut dilakukan selama proses pengelasan (sebelum pengelasan, selama pengelasan dan setelah pengelasan). Pemeriksaan yang dilakukan sebelum pengelasan diantaranya :

  1. Pemeriksaan pada kesiapan peralatan las, seperti pada sumber listrik, aksesoris yang diperlukan, alat bantu pengelasan, dan lainnya.
  2. Memastikan penggunaan elektroda atau logam pengisi yang akan digunakan sudah sesuai dengan spesifikasi yang tercantum pada WPS,
  3. Persiapan desain pengelasan (sudut bevel, root opening, root face), kebersihan atau kehalusan permukaan benda kerja, welding fitup.
  4. Memastikan persiapan untuk pengkondisian lasan, seperti pemanasan mula, pemanasan akhir, dan perlakuan panas setelah las yang akan dilakukan.
  5. Pemeriksaan pada persiapan juru las yang akan melakukan proses pengelasan. Pemeriksaan ini termasuk pada status kualifikasi, kemampuan, dan pengalaman juru las.

Keseluruhan persiapan sebelum pengelasan diperiksa dan pelaksanaannya harus diobservasi. Selama proses pengelasan, pemeriksaan yang harus dilakukan yaitu :

  1. Kesesuaian penerapan proses pengelasan terhadap variabel WPS seperti perlakuan panas, parameter las (arus, tegangan, kecepatan pengelasan, tahapan jalur las, dan posisi pengelasan) pengerjaan pengelasan.
  2. Dilakukan observasi pada tiap lapisan jalur las untuk melihat tampilan hasil lasan dan memeriksa kemungkinan munculnya distorsi pada lasan. Pemeriksaan pada hasil akhir pengelasan yang paling dasar dilakukan adalah dengan pemeriksaan visual (VT).
Baca Juga  Pemkab Tangerang Rencanakan Bus Sekolah Guna Meminimalkan Kecelakaan

Pemeriksaan visual dilakukan dengan mengobservasi hasil tampilan dan bentuk lasan. Pemeriksaan tersebut diantaranya pada bentuk manik las, bentuk dan kedalaman penetrasi las, cacat yang mungkin terbentuk, dan kesempurnaan fusi.

Dosen pembimbing PKM Bapak Jaja Miharja, S.T., M.T.  berharap kegiatan PKM mahasiswa Universitas Pamulang dalam hal ini Teknik Mesin, lebih bisa memberikan manfaat terhadap masyarakat luas, Bangsa dan Negara.

“Saya harap dengan adanya kegiatan sosialilasi ini dapat memberikan manfaat kepada masyarakat luas, Bangsa dan Negara” harap Jaja Miharja Dosen Teknik Mesin Universitas Pamulang.

Diakhir sesi sosialisasi, dosen pembimbing beserta mahasiswa dan masyarakat yang hadir melakukan kegiatan uji hasil contoh pengelasan yang baik dengan cara uji penetrant (cairan).

Acara kemudian dilanjutkan dengan melakukan foto bersama dan penandatanganan form kerjasama Implementation Arragement (IA) antara kaprodi teknik mesin dengan Ketua RW Perumahan Sukamanah Residence. PKM mahasiswa diketuai oleh Puji Nur Hidayat yang beranggotakan Akhmad Fariz M.F, Hendiko Rama Riyano, Edo Chandra S, Fhandi Purnomo.

Sosialisasi melibatkan warga setempat, pemuda karang taruna dan dihadiri oleh Ketua RW Bapak Sutanyo, S.H., M.H. selaku tuan rumah. Pelaksanaan kegiatan PKM berjalan lancar dan sesuai protokol kesehatan (Prokes).***

Tags:

Related Posts

Leave a Reply