Mahasiswa Unpam Lakukan Sosialisasi Pembuatan Sabun Cuci Tangan Cair Pada Warga Kampung Sawah

TangselMedia-Mahasiswa Prodi Teknik Industri melakukan program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Universitas Pamulang (UNPAM) di Desa Kampung Sawah, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada tanggal 14-16 Mei 2023 dengan Tema Pengenalan Alat Dan Bahan Pembuatan Sabun Cuci Tangan Cair. Adapun mahasiswa yang melakukan kegiatan PKM tersebut, diantaranya : Aditiya Yoga Pratama, Inayati Choyimah, Ratna Puspitasari, Wahyuni, Zul Karnain serta Ibu Nurhayati, S.H, M.H. sebagai dosen pembimbing dalam kegiatan tersebut.

Dalam prosesnya, kelompok kami mengajukan Proposal Pengabdian Kepada Masyarakat yang akan kami laksanakan di Desa Kampung Sawah, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada tanggal 14-16 Mei 2023 dengan tema Pengenalan Alat dan Bahan Pembuatan Sabun Cuci Tangan diterima dengan disetujui oleh Dosen Pembimbing Ibu Nurhayati, S.H, M.H, Dosen Kemahasiswaan Ibu Khairunnisa, S.Psi.,M.Si, dan Mengetahui dan Mengesahkan Ketua Program Studi Teknik Industri Ibu Rini Alfatiyah, ST., MT., CMA.

Pada proses pelaksanaan kegiatan sosialisasi acara kemarin di bawakan oleh Aditiya Yoga Pratama, Inayati Choyimah, Ratna Puspitasari, Wahyuni, dan Zul Karnain. menjelaskan di depan warga Desa Kampung Sawah yang datang pada hari itu. Sabun adalah produk yang digunakan sebagai pembersih dengan media air. Secara umum sabun berbentuk padatan (batang) dan juga cair. Sabun sendiri adalah bahan yang berasal dari minyak alami dengan proses yang disebut penyabunan. Sabun cuci tangan bermanfaat untuk membunuh kuman, termasuk bakteri dan virus pada area tangan.

Baca Juga  Mahasiswa Unpam Berikan Pemahaman dan Pengembangan Servis Ringan Sepeda Motor

Desa Kampung Sawah merupakan wilayah yang sebagain masyarakat bekerja di sektor pertanian yang mengelola perkebunan hasil tani. Masyarakat Desa Kampung Sawah yang kesehariannya melakukan aktifitas pertanian pasti berkontak langsung dengan tanah dan banyak timbul bakteri dan kuman jika hanya mencuci tangan dengan air saja. Oleh karna itu, Mahasiswa/i Universitas Pamulang berusaha untuk membantu memberikan pengetahuan kepada masyarakat Desa kampung sawah dengan pengenalan alat dan bahan pembuatan sabun cuci tangan.

Tujuan dilaksanakannya pengabdian kepada masyarakat ini untuk memberikan pengetahuan kepada Warga Desa Kampung Sawah, Kec. Rumpin, Kabupateb Bogor, Jawa Barat dengan ilmu dan teknologi yang ada sekarang. Manfaat pengabdian kepada masyarakat adalah agar masyarakat tau bagaimana alat dan bahan dalam pembuatan sabun cuci tangan yang di dapatkan dengan mudah di beberapa tempat seperti pasar. Dan memberikan pengetahuan tentang pembuatan sabun cuci tangan.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *