PKM Mahasiswa Sosialisasikan Optimalisasi Bahan Baku Sabun Cuci Piring Di Desa Panunggangan Barat

TangselMedia-Mahasiswa Program Studi Teknik Industri Universitas Pamulang melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan tema Optimalisasi Bahan Baku Sabun Cuci Piring Untuk Meningkatkan Income UMKM di Dasa Panunggangan Barat, Kota Tangerang yang dilaksanakan pada hari minggu 30 Oktober 2022.

Dalam kehidupan sehari-hari, sabun merupakan salah satu barang yang sangat dibutuhkan oleh manusia baik untuk menjaga kebersihan badan maupun kebersihan lingkungan sekitar. Tingginya minat masyarakat terhadap sabun khususnya sabun cuci piring, menjadikan terbukanya peluang usaha untuk memproduksi sabun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Di Desa Panunggangan Barat sebagian besar wilayahnya merupakan area sungai yang membentang luas sepanjang jalan. Seiring perkembangan zaman, kini Panunggangan Barat telah berubah menjadi kawasan berkembang yang didalamnya terdapat pabrik-pabrik, perumahan dan pusat perbelanjaan. Warga sekitar yang dulunya Sebagian besar bermata pencaharian sebagai petani, kini sudah beralih profesi menjadi pedagang dan buruh pabrik daerah setempat..

Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberikan wawasan tentang peluang usaha rumahan dan keterampilan pembuatan sabun cuci piring pada ibu-ibu. Dengan datangnya Mahasiswa/i PKM memilih lokasi panunggangan barat sebagai tempat pengabdian kepada masyarakat, semoga ilmu yang kita salurkan bisa bermanfaat untuk warga sekitar, teori dan prakteknya juga semoga bisa ke pakai dan dilanjutkan oleh warga Panunggangan Barat. Target kegiatan ini adalah ibu-ibu di Desa Panunggangan Barat Khusunya RT 03/RW 01. Dengan kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya dalam bidang ekonomi serta menumbuhkan kesadaran dan kemandirian dalam berwirausaha. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian bagi masyarakat ini meliputi koordinasi dengan RT/RW dan warga, penyuluhan, pelatihan pembuatan sabun cair serta evaluasi dan tindak lanjut. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini yaitu berupa produk sabun cuci piring yang telah dimasukkan kemasan dan dibagikan pada warga sekitar. Selain itu, tercapainya para warga yang telah memiliki keterampilan dalam pembuatan sabun cuci piring.

Sebelum melaksanakan kegitan PKM dihari minggu, kita terlebih dahulu survei awal ke lokasi pengabdian pada hari kamis, 27 Oktober 2022. Sampai pada akhirnya disepakati tentang kegiatan pembuatan sabun cuci piring untuk membantu ibu-ibu meningkatkan perekonomian keluarga, waktu serta lokasi pelaksanaan kegiatan ini. Setelah survey maka ditentukan lokasi pelaksanaan dan sasaran peserta kegiatan.

Baca Juga  Program "Radar on School" Berkunjung ke MAN 1 Tangsel

Pada hari minggu 30 oktober 2022, mahasiswa melakukan PKM Yang di hadiri oleh Ibu Junaenah selaku dosen pembimbing, ketua RW yaitu Bapak Endang, Ketua RT, Warga Desa Panunggangan Barat dan Mahasiswa Pengabdian Kepada Masyarakat. Kegiatan ini dilakukan posko Jalan Taman Cisadane Rt/Rw 03/01 yang mulai pada jam 09.00 sampai dengan selesai.

Kegiatan dimulai dengan pembukaan acara yaitu sambutan ketua kelompok PKM, lalu disusul dengan sambutan ketua RW, setelah acara sambutan dilanjut yaitu sosialisasi kepada warga Panunggangan Barat tentang Cara Pembuatan sabun cuci piring, keuntungan yang didapat jika sabun cuci piring dijual, dan masih banyak lagi, saat berlangsungnya sosialisasi juga ada sesi tanya jawab tentang pembuatan sabun cuci piring, ada beberapa warga juga yang bertanya, salah satunya yaitu bagaimana cara membeli bahan baku sabun cuci piringnya, dimana tempat offline yang menjual bahan baku sabun cuci piring, bagaimana cara membeli bahan baku sabun cuci piring melalui online shop, dan untuk pembelian bahan bakunya paling sedikit berapa.

Setelah sosialisasi kepada warga kita juga mempraktekan cara pembuatan sabun cuci piring yang dilakukan oleh Tim PKM dan juga memberi kesempatan kepada warga yang ingin mencoba membuat sabun cuci piring dengan alat dan bahan dari Tim PKM yang sudah kita siapkan dan tentunya di dampingi dan diarahkan oleh tim PKM. Tidak sampai disitu kita juga memberikan hadiah kepada warga panunggangan barat khusunya RT/RW 03/01 yaitu berupa sabun cuci piring yang sebelumnya sudah dibikin bersama dan plakat untuk kelurahan sebagai kenang-kenang dari mahasiwa PKM Universitas Pamulang.

Pada saat kegiatan sudah berlangsung, tim pengabdi melakukan evaluasi tentang partisipasi aktif  peserta pelatihan dalam bentuk sharing. Tim pengabdi juga menerima saran dan kritik dari peserta pelatihan terhadap pelaksanaan kegiatan ini. Saran dan kritik mereka sampaikan diantaranya agar tim pengabdi terus melanjutkan program pengabdian ini dengan memberikan pelatihan dan penyuluhan dalam bidang lain yang dapat meningkatkan kesejahteraan dari masyarakat.***

Penulis : Agni Regina Pitaloka, Mahasiswa Teknik Industri, Universitas Pamulang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *