Mahasiswa Unpam Berikan Pemahaman dan Pengembangan Servis Ringan Sepeda Motor

TangselMedia-Dimasa pandemi yang sedang terjadi di Indonesia mengakibatkan PPKM dan berubahnya gaya hidup (new normal) untuk menjaga penularan wabah covid 19. Ekonomi negara porak poranda karena banyak masyarakat yang kehilangan pekerjaan maupun gaji mereka dipotong karena bekerja secara bergiliran sesuai Peraturan Pemerintah guna menghindari kerumunan, daya beli masyarakatpun menurun untuk semua sektor termasuk otomotif.

Pemerintah berusaha membangkitkan daya beli masyarakat salah satunya dengan subsidi gaji pekerja, bantuan langsung tunai, maupun Penghapusan Pajak untuk pembelian kendaraan roda empat dalam kategori tertentu yaitu dengan pemberlakuan (PPnBM) 0% ,dengan tujuan industri otomotif bisa tumbuh dan memutar roda ekonomi Negara Indonesia. Dampak dari pemberlakuan PPnBM ini mengakibatkan harga motor dengan kategori tertentu mengalami penurunan  sehingga diharapkan masyarakat yang menunda membeli motor dapat membeli motor dalam kurun waktu aturan PPnBM 0% diberlakukan. Hasil dari pemberlakuan PPnBM 0% dapat dilihat bahwa penjualan hampir semua merek kendaraan meningkat. Dilatar belakangi hal tersebut maka sekelompok Mahasiswa Universitas Pamulang melakukan PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat) sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat dengan mengangkat tema “PEMAHAMAN DAN PENGEMBANGAN SERVICE RINGAN PADA SEPEDA MOTOR“.

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dilaksanakan pada tanggal 22 Agustus 2021 yang berlokasi di Kampung Belendung RT 001/07, Kel. Belendung, Kec.Benda, Kota Tangerang, Banten. Dalam masa PPKM Level 4  pada saat ini maka, Sekolah Pendidikan anak usia dini ( PAUD ) setempat menjadi lokasi yang memungkinkan untuk melakukan sosialisasi. Dengan Dosen Pembimbing Bpk Joko Setiyono .S.T,M.T dan 5 Mahasiswa Universitas Pamulang yang terdiri dari Aldi Aulia Akbar sebagai Ketua PKM , Daniel Andryanto, Muhammad Aris Pratama, Herman Ardianysah, Alif Jihad Syafatulloh sebagai anggota. Dari perwakilan masyarakat sendiri sebagai Audience ada Bapak Sony Mahrus Sodiq sebagai Ketua RT setempat, Bpk Yuhakiki sebagai Ketua RW, Dan masyarakat sekitar semoga audience ini diharapkan mampu menyebarkan ilmu yang didapat dari sosialisasi terhadap masyarakat lainya dikarenakan terbatasnya jumlah peserta guna menghindari pelanggaran PPKM Level 4 yang sedang berlaku.

Tema yang dipilih sangatlah relevan  dikarenakan  beberapa masyarakat Kampung Belendung memiliki motor yang jarang mendapatkan perawatan dan juga lokasi  yang sangat dekat dengan berbagai Dealer / After market Brand Brand otomotif di Indonesia, diharapkan dengan mengangkat tema Pengetahuan Umum Service Ringan, masyarakat menjadi lebih memahami prosedur perawatan kendaraan mereka terlebih dimasa pandemi virus Covid 19 yang membuat hampir semua After market merubah strategi perusahaan guna membantu pemerintah mencegah penularan virus covid 19 dan juga memberikan service yang aman untuk pelanggan.

Baca Juga  Irmayanti, Siswi MAN IC Serpong Raih Medali Perunggu pada Kejurnas Taekwondo di Surabaya

Dalam proses sosialisasi mahasiswa dan masyarakat menerapkan protokol kesehatan yang ketat diantaranya memakai masker, menjaga jarak, serta menggunakan hand sanitizer ini dilakukan guna menjaga keselamatan bersama dan menjaga nama baik Universitas Pamulang maupun Kampung Belendung

Dalam penyampaian materi PKM, mahasiswa memberikan pengetahuan  prosedur service kendaraan dan juga hal hal yang perlu diperhatikan masyarakat ketika service kendaraan dimasa pandemi Covid 19,  ini dilakukan guna memberikan edukasi terhadap masyarakat bahwa prosedur service kendaraan didealer maupun after market banyak berubah yang bertujuan untuk keselamatan bersama serta mendorong masyarakat untuk lebih memahami pentingnya merawat kendaraan mereka sendiri, dimana dalam perawatan itu berpengaruh terhadap performa dan usia kendaraan serta lebih penting adalah aspek keselamatan. Dalam hal ini tentunya prosedur perawatan di After Market resmi sebagai rujukan dengan berbagai pertimbangan diantaranya Garansi dan Keamanan.

Diakhir sesi sosialisasi, dosen pembimbing, mahasiswa dan masyarakat yang hadir melakukan bincang bincang santai baik menyangkut tema maupun diluar tema dalam hal ini perkembangan Covid 19 sambil menyantap jamuan .

Diujung acara sosialisasi dosen, mahasiswa dan peserta audience melakukan foto bersama dilanjutkan penandatanganan form kerjasama IA (Implementation Arrangement) antara Kaprodi Teknik Mesin dengan Ketua RT dan RW Kp. Blendung RT 001/07.

“Harapan dari kegiatan PKM ini tentunya semoga Universitas Pamulang dalam hal ini Teknik Mesin. Mampu memberi ilmu yang berguna untuk masyarakat sekitar, sehingga masyarakat dapat merawat sepeda motornya sendiri, agar dapat mengurangi pengeluaran dana pada masa pandemi saat ini”.***

Tags:

Related Posts

Leave a Reply