Mahasiswa Unpam Berikan Penyuluhan dan Demo Perawatan Karburator Pada Sepeda Motor

TangselMedia-Proses karburasi adalah proses pencampuran bensin kedalam sejumlah udara secara homogen, tujuan proses karburasi ini adalah supaya molekul bensin bisa tersebar secara merata pada udara yang terhembus didalam intake manifold.

Pada kegiatan inilah, Mahasiswa Teknik Mesin memberikan penyampaian kepada masyarakat (PKM) yang bertemakan “Penyuluhan dan Demo Perawatan Karburator pada Sepeda Motor”. PKM dilaksanakan pada Sabtu, 26 Juni 2021 di tempat Karang Taruna Kp. Rangkapan Jaya RT.002 / RW.005 Pancoran Mas, Kota Depok. Di bawah Bimbingan dosen Silviana Simbolon, S.Si., M.Sc. kegiatan ini di rancang dan di laksanakan dengan tetap mempertimbangkan kondisi pandemic dan mematuhi protokol kesehatan.

Selanjutnya Dwi  Supriyono selaku ketua RT.02/RW.05 sangat mengapresisasi kegiatan PKM ini dan memberi motivasi kepada para peserta PKM serta ungkapan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat. Apresiasi ini juga terwujud dalam bentuk penandatanganan Implementation Arrangement untuk kerja sama pelaksanaan kegiatan PKM yang berkelanjutan antara warga setempat dengan program studi Teknik Mesin Universitas Pamulang.

Baca Juga  Mahasiswa Teknik Mesin UNPAM Gelar Pengabdian Kepada Masyarakat Tentang Perawatan Motor Injeksi

Diawali dengan penyuluhan serta edukasi kepada masyarakat tentang karburator. Selanjutnya melakukan demo cara pengecekan lepas. Melakukan  pencampuran bensin dengan udara pada karburator dimana campuran normal : memiliki komposisi perbandingan antara bensin dan udara sebesar 1:11, 1:15 dan 1:19. ( dimana 1 gram bensin di campur dengan 15 gram udara sesuai teoritis). Pada PkM ini juga dilakukan pra dan post test, untuk mengetahui seberapa besar pemahaman masyrakat yang menjadi indikator keberhasilan PkM ini. ***

 

 

 

Tags:

Related Posts

Leave a Reply