Mahasiswa Teknik Mesin UNPAM Gelar Pembuatan Rak Buku Menggunakan Las SMAW di TPQ Ashiddiq Desa Suradita, Cisauk, Tangerang

TangselMedia-Mahasiswa Teknik Mesin Universitas Pamulang (UNPAM) yang tergabung dalam kelompok Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) melakukan Pembuatan Rak Buku Untuk Pembelajaran Tahfidz Al-Quran Di TPQ Ashiddiq pada hari Minggu tanggal 4 September 2022. Kegiatan tersebut dilakukan oleh satu kelompok, terdiri dari 4 orang diketuai oleh Mulyana beserta Anggota yang berasal dari mahasiswa Teknik Mesin Unpam. Dalam kegiatannya bekerjasama dengan Ketua TPQ Ashiddiq, Pengajar dan para Muridnya.

Untuk teknis pelaksanaannya kelompok PKM mahasiswa mempersiapkan terlebih dahulu alat seperti Mesin Las SMAW, Gurinda, Kedok Las, Sarung Tangan Kulit, Kawat las, lalu Materialnya seperti Besi Hollow dan Besi Siku. Serta perlengkapan safety dan pendukung lainnya. Setelah itu pemaparan materi terlebih dahulu yang dibuka oleh moderator Mulyana dan kemudia Sambutan dari ketua TPQ Ashiddiq, lalu mulai mengerjakan kegiatan pembuatan rak buku dengan mengukur dimensi rak yang akan dibuat dan memotong bahan material besi hollow dan besi siku.

Kemudian setelah material besi dipotong sesuai ukuran yang sudah ditentukan dilanjutkan dengan menyatukan potongan-potongan tersebut dengan pengelasan yang dilakukan dengan mesin Las SMAW, serta menggunakan kawat las ukuran 2 mm. Setelah Pengelasan selesai dilakukan, dilanjutkan dengan meratakan bagian las yang kurang rapih.

Selesai pengerjaan pengelasan rangka rak buku , dilanjutkan dengan pengecatan rak buku tersebut yang dilakukan oleh anggota PKM Ricky. Kemudian penyerahan Rak buku tersebut oleh Ketua dan Anggota kepada Ketua TPQ Ashiddiq serta murid-murid.

Baca Juga  Penyuluhan Perawatan AC Split Rumah Tangga Warga di Ciledug 1 RT 005 RW 005, Bambu Apus, Pamulang, Tangerang Selatan, Banten

Mereka berharap dengan adanya Rak Buku ini bisa menyimpan buku-buku mereka dengan rapih dan lebih banyak lagi buku-buku yang dapat mereka pelajari, sehingga jikalau mereka lupa membawa buku ada buku yang tersedia dirak buku tersebut. Juga TPQ Ashiddiq  terlihat lebih tertata dengan rapih dan baik.

Sebagai Ketua TPQ Ashiddiq Bapak Jaja Miharja S.T.,M.T mengungkapkan bahwasannya respon dari para murid sangat menerima kehadiran program PKM oleh mahasiswa Teknik Mesin Universitas Pamulang, terbukti dari antusias para murid yang terlihat gembira dengan adanya rak buku tersebut.

“Dengan adanya rak buku ini semoga para murid bisa lebih meningkatkan antusias membaca mereka ” Ungkapnya

Ketua TPQ Ashiddiq  memantau secara langsung serta memberi pengarahan kepada setiap mahasiswa jika mengalami sedikit kesulitan dari proses aktifitasnya, dari awal hingga akhir proses pengerjaan setiap anggota menerapkan keselamatan kerja.

“Dari setiap  proses dilakukan mahasiswa, terbukti menerapkan ilmu yang sudah dipelajari dari Universitas dan diterapkannya  keselamatan kerja.” Ujarnya

Para murid beserta wali murid mengucapkan banyak terima kasih kepada para mahasiswa yang mengadakan kegiatan PKM yang dilakukan di TPQ Ashiddiq. Semoga kedepannya murid-murid TPQ Ashiddiq lebih giat dalam menuntut ilmu.***

Tags:

Related Posts

Leave a Reply