Pengabdian Kepada Masyarakat Mahasiswa Unpam Latih Pembuatan Sabun Alami dari Buah Lerak

TangselMedia – Minggu, 12 November 2023 Mahasiswa Fakultas Teknik, program studi Teknik Industri Universitas Pamulang telah melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) di Kelurahan Desa Jatiwaringin, Kec. Mauk, Kab. Tangerang, Banten. Dengan tema “Pemberdayaan Masyarakat dan Lingkungan Desa Jatiwaringin: Inovasi Produk Alami dari Buah Lerak dan Serai”. Dengan judul kegiatan   “Pelatihan Pembuatan Sabun Alami dari Buah Lerak”. Dengan narasumber pada kegiatan yang terdiri dari kelompok 3 yaitu; Agung Prihantoro, Juarta, Muhamad Firman Biaji, Teguh Hadiyatullah Fesya dan Wahid Fathur Rohman yang didampingi dosen pembimbing ibu Nurhayati, S.H.,M.H. Serta audiens yang terdiri dari warga desa Jatiwaringin dan ibu PKK di desa tersebut.

Awal kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat  diawali dengan briefing dan do’a bersama antara mahasiswa dan dosen pembimbing. Kemudian acara dibuka oleh MC dan dilanjutkan dengan sambutan perangkat desa, dosen pembimbing, dan ketua pelaksana kegiatan. “Kegiatan sosialisai ini sangat bagus dilakukan untuk desa kami, selain menambah pengetahuan tentang produk dan manfaat bahan-bahan alami, dengan adanya kegiatan ini juga membuka peluang bagi setiap warga kami untuk membuka usaha sebagai sampingan di rumah ” ungkap bapak Saefudin selaku Sekertaris Desa.

Kegiatan terdiri dari pemaparan materi kepada warga mengenai produk “Sabun Lerak” dan dilanjutkan dengan pengenalan alat dan bahan yang digunakana dalam proses pembuatan sabun. “Dalam buah lerak terkandung zat yang bernama saponin. zat saponin merupakan zat yang dapat digunakan untuk membunuh bakteri dan kuman sehingga cocok dijadikan cairan pembersih. Beberapa produk yang bisa dibuat dengan buah lerak ini adalah sabun cuci tangan, cuci piring, pembersih lantai, bahkan untuk mencuci pakaian.” ungkap Wahid selaku narasumber dalm sesi pemaparan materi.

Baca Juga  Kegiatan Pengelolaan Cashflow Artie Tasty-UMKM Pamulang Estate dengan Pelatihan Pembuatan Laporan Keuangan Sederhana

Setelah sesi edukasi tentang manfaat dan kandungan yang terdapat di buah lerak, warga di berikan pelatihan bagaimana cara membuat sabun dari buah lerak. Dilansir dari materi yang disampaikan narasumber, cara membuat sabun lerak sangatlah mudah. Hanya perlu merendam buah lerak selama 2 malam hingga kandungan saponin yag terdapat di buah lerak terekstaksi, kemudian di rebus dengan air bersih dengan perbandingan 25 g buah lerak : 1 liter air. Setelah direbus, selama 1 jam. Air rebusan lerak di saring untuk memisahkan cairan dengan serpihan kecil buah lerak sehingga didapatkat cairan bersih dari bekas bekas buah lerak yang tidak digunakan. Setelah cairan ekstaksi di dinginkan kemudian masukan ke dalam wadah yang tertutup rapat dan sabun siap digunakan.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *