Dalam Rangka Tri Dharma Perguruan Tinggi, Dosen Unpam Lakukan Sosialisasi Cyber Security

Foto: Istimewa

TangselMedia – Dalam rangka melaksanakan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dosen Fakultas Ilmu Komputer progam studi Teknik  Informatika Universitas Pamulang. Pada tanggal 04 Desember 2021, melaksanakan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) yang bertempat di SMA MUHAMMADIYAH 01 kota Depok ,  SMA MUHAMMADIYAH 01 adalah salah satu satuan pendidikan dengan jenjang SMK di Pancoran Mas, Kec. Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat.

Sebagai ketua PKM, Khairudin S.Kom, M.Kom menjelaskan mengapa keamanan data ini perlu disosialisasikan kepada masyarakat, hal ini dikarenakan para pengguna internet tidak menyadari bahwa pencurian data sangatlah membahayakan diri sendiri maupun orang lain. Pencurian data ini dapat disalahgunakan sebagai bentuk kejahatan, semakin banyak data yang bocor maka akan semakin tinggi pula bahaya yang mengintai. Penyalahgunaannya bisa berbentuk phising, penipuan berkedok pinjaman online (pinjol), atau juga peretasan akun media sosial untuk menipu keluarga dan kerabat dekat yang dimiliki oleh pengguna terkait.

“Jadi kegiatan ini memang diharapkan agar para siswa/i lebih selektif atau hati-hati dalam menjaga keamanan datanya, khususnya kepada para siswa/i SMA Muhammadiyah 01 Kota Depok, dimana akhir-akhir ini banyak sekali akun WhatsApp yang tiba-tiba berpindah ke orang lain” jelas Khairudin.

Dengan semakin maraknya kejahatan pencurian data ini, dihimbau para siswa/i khususnya para siswa/i SMA Muhammadiyah 01 kota Depok, agar lebih berhati-hati dalam memberikan data apapun pada saat melakukan pendaftaran pada aplikasi, seperti jangan mudah memberikan (One Time Password) kepada orang lain, jangan asal melakukan foto selfie dengan KTP atau memberikan akses media sosial. Hal ini untuk menghindari adanya pencurian data.

Adapun yang terlibat dalam kegiatan ini, yakni para dosen Prodi Teknik Informatika yang terdiri dari Khairudin S.Kom, M.Kom, Agus Budi Prasetyo, S.Kom, M.Kom, Tio Andrian S.T, M.Kom beserta dibantu para Mahasiswa dari Universitas Pamulang yakni Raka Subagja, Khasanatun dan Stella Mitha Aprilia.

Suasana Sosialisasi Di Kelas/ Foto: Istimewa

Sebagai narasumber Tio Andrian, M.Kom memberikan materi terkait dengan hal-hal yang berkaitan dengan pentingnya Cyber Security. Dalam pemaparannya para peserta dari siswa/i SMA Muhammadiyah 01 diberikan pemahaman tentang pentingnya untuk selalu menjaga keamanan data (cyber-security) baik dari perangkat mobile, laptop atau komputer, terutama dalam hal bermedia sosial. Serta memberikan arahan agar selalu waspada dan selalu membaca term and condition dalam setiap mengisi data pribadi sebelum mendownload atau menggunakan suatu aplikasi untuk menghindari adanya pencurian data dan dapat disalahgunakan oleh pelaku sebagai tindak kejahatan.

Baca Juga  Universitas Pamulang Ajak SMA Islam Genjot Mutu SDM

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini dihadiri oleh 30 orang peserta yang terdiri dari ketua, sekretaris dan para anggota Karang Taruna Benda Baru Pamulang.

Bapak Dede Septiyana Pamungkas S. Pd Mewakili SMA Muhammadiyah 01 Kota Depok sangat berterima kasih dengan diadakannya kegiatan PKM karena sangat menambah ilmu pengetahuan tentang teknologi informasi dan agar supaya para anggota lebih berhati-hati dalam menjaga keamanan data pribadi.

“Dengan adanya kegiatan ini, saya mewakili SMA Muhammadiyah 01 sangat berterima kasih karena kami semua jadi mengetahui ternyata sangat berbahaya juga jika kita tidak berhati-hati dalam menjaga data pribadi kita” papar Bapak Dede.

“Kami berharap kedepannya akan diadakan kegiatan PKM seperti ini kembali dengan tema yang lebih menarik dan membawa dampak perubahan kepada kami para siswa/i SMA Muhammadiyah 01” imbuhnya

Selain memberikan materi, para Dosen Universitas Pamulang juga memberikan ucapan terima kasih berupa cindera mata kepada pihak SMA Muhammadiyah 01 yang telah bersedia menyediakan tempat dan peserta untuk kegiatan PKM kali ini.

Para Dosen Universitas Pamulang berharap dengan adanya sosialisasi ini dapat berpengaruh besar dalam mengurangi tidak kejahatan seperti penipuan dan kejahatan-kejahatan cyber lainnya. Dan supaya para siswa/i SMA Muhammadiyah 01 dapat membantu memberikan arahan kepada keluarga maupun masyarakat lainnya agar selalu menjaga keamanan data pribadinya baik pada perangkat Handphone maupun Laptop.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *