Mahasiswa Unpam Sosialisasikan Kualitas Air Yang Baik Dikomsumsi Gunakan Ekstra Bunga Mawar

TangselMedia-Penentuan PH air dengan ekstra bunga mawar adalah suatu cara alternatif yang dapat mengukur tingkat keasaman dan basa atau pengukuran PH air minum yang akan di komsumsi oleh tubuh, dengan memanfaatkan bahan alami yang ada di lingkungan sekitar salah satunya adalalah bunga mawar. dengan tingkat konstrasi ionnya 0-14. Larutan dengan konsentrasi ion hidrogen 7-14 (tujuh keatas) bersifat asam. dan larutan dengan konsentrasi ion hidrogennya 0–7 (tujuh kebawah) bersifat basa, larutan ion hidrogenya 7 (tujuh) bersifat netral.

Tanaman bunga mawar Selain dikenal dengan keindahannya, bunga mawar juga memiliki berbagai kegunaan. Bunga yang sangat mudah ditemukan di Indonesia ini kerap kali dijadikan sebagai tanaman hias, dekorasi berbagai acara, hingga kado spesial untuk orang terkasih. Tetapi, kegunaan bunga ini bukan sebatas itu saja Terdapat khasiat bunga mawar yang juga bermanfaat bagi kesehatan sekaligus kecantikan. beberapa bagian dari bunga mawar bisa dimanfaatkan. Misalnya kegunaan air mawar yang sudah dipercaya selama bertahun-tahun dapat mempercantik kulit.

Bunga mawar yang mudah di temukan di indonesia sehingga masyarakat tidak kesulitan untuk melakukan berbagai eksperimen dan memanfaatkan bunga mawar tanpa mengeluarkan biaya besar, salah satunya pengukuran PH air yang baik di komsumsi oleh tubuh untuk kesehasehatan tubuh manusia.

Berikut adalah melakukan pemilihan bunga mawar yang bagus dan tidak busuk untuk pembuatan eksperimen agar mendapatkan hasil yang maksimal supaya menghasil warna air bunga mawar yang baik. Hal ini sangat menguntungkan bagi warga setempat untuk mengetahui mana air minum yng baik untuk di komsumsi oleh tubuh.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan mahasiswa di JL. Hutama Karya, Kecamatan Setu, kota Tangerang Selatan, provinsi Banten dihadiri oleh tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), Bapak Abdul Aziz presiden sedekah harian, Bapak Suhedi  ketua sedekah harian,jajaran pengurus sedekah harian dan anak yatim piatu, serta mahasiswa Fakultas Teknik Industri Universitas Pamulang.

Baca Juga  Guna Tingkatkan UMKM di Setu Tangsel, Dosen Unpam Berikan Workshop Pembuatan Ekstrak Jahe Merah

Denpaninda onedriani anggelia selaku ketua kelompok PKM Mahasiswa menjelaskan bahwa pemanfaatan bunga mawar dapat melakukan sebuah eksperimen penentuan kualitas air dengan membandingkan PH dengan bahan alami dari alam. Dengan menggunakan larutan air mineral, larutan cuka, larutan soda kue.dengan warna yanng pekat dari bunga mawar sehingga dapat menentukan PH sebuah larutan dengan  mencampur air bunga mawar dengan larutan yang telah di sediakan.maka warna larutan akan berubah tergantung dengan tingkat keasaman dan tingkat basa sebuah larutan.selain bunga mawar di gunakan untuk dekorasi rumah atau acara, dan kesehatan untuk kulit, bunga mawar juga dapat di gunakan untuk penentuan PH  kualitas air untuk kesehatan tubuh.

Tujuan dari program ini adaalah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat untuk pemanfaatan bahan- bahan alami di lingkungn sekitar, salah satunya bunga mawar yang hanya di anggap sebuah dekorasi saja, tetapi juga dapat menentukan kuallitas air yang baik di komsumsi,dan masyarakat juga sadar pentingnya menjaga komsumsi makanan dan minuman demi kesehatan tubuh sendiri supaya organ-organ dalam tubuh dapat berfungsi dengan baik dan hidup sehat.mengajak masyarakat untuk melakukan eksperimen di tengah-tengah masyrakat  atau pun dirumah pemanfaatan bunga mawar  yang belum mengenal manfaat dari bunga mawar di sekitar lingkungan supaya mengerti tingkat keasaman dan basa dari minuman yang di komsumsi setiap harinya.

Tim pengabdian kepada masyarakat terdiri dari 4 mahasiswa yang di ketuai oleh Denpaninda Onedriani Anggelia, Yosua Gulo,Dandy Akbar Hilall Firmansyah, Hengki Pranata Hasibuan sebagai anggota dan dosen pembimbing Ibu Junaenah S.T M.M. Bapak  Abdul Aziz selaku president sedekah harian, dalam sambutannya mengatakan sangat mengapresiasi pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh team Falkutas Teknik Industri Universitas Pamulang dan berharap semoga kedapannya silahturahmi ini tidak menjadi pertama dan terakhir, dan berharap semoga materi yang disampaikan dapat bermanfaat luas bagi masyarakat dan anak-anak yatim piatu di sedekah harian kedepannya.***

Tags:

Related Posts

Leave a Reply