Mahasiswa Prodi Teknik Industri Unpam Sosialisasikan Pembuatan Sabun Cuci Piring Untuk Industri Rumah Tangga

TangselMedia – Mahasiswa Prodi Teknik Industri Universitas Pamulang (UNPAM) melakukan program pengabdian kepada masyarakat (PKM) di BUMDes Serdang Tirta Kencana Jl. Kawasan Tanah Kas Desa Serdang Wetan No. 1 RT 03/04 Kec. Legok, Kab. Tangerang, Banten pada tanggal 13-15 Oktober 2023 dengan tema pembuatan sabun cuci piring untuk industri rumah tangga. Adapun dalam pelaksanaan kegiatan PKM ini yang dilaksanakan oleh Aris Wahyudi, Dhea Aminda Putri, Encep Ahmad, Gihofani Anugerah Jhamawan, dan Lilis Priyanti serta Ibu Nurhayati, S.H, M.H sebagai Dosen Pembimbing dalam kegiatan tersebut.

Dalam pelaksanaan kegiatan PKM, kami mengajukan Proposal Pengabdian Kepada Masyarakat kepada Kaprodi Teknik Industri Universitas Pamulang. “Puji syukur proposal tersebut diterima dan disetujui oleh Dosen Pembimbing Ibu Nurhayati, S.H, M.H, Dosen Bidang Kemahasiswaan Ibu Khairunnisa, S.Psi., M.Si, dan Mengetahui dan Mengesahkan Ketua Program Studi Teknik Industri Ibu Rini Alfatiyah, ST., MT., CMA,” ujar Aris Wahyudi ketua pelaksana kegiatan PKM.

Kami pelaksana kegiatan PKM mengucapkan Terima kasih banyak kepada Yayasan pengelola Universitas Pamulang yang telah ikut serta dalam pelaksanaan kegiatan PKM ini sehingga berjalan lancar sesuai yang telah direncanakan.”tambahnya

Acara kegiatan PKM yang dilaksanakan di BUMDes Serdang Tirta Kencana Jl. Kawasan Tanah Kas Desa Serdang Wetan No. 1 RT 03/04 Kec. Legok, Kab. Tangerang, Banten dengan tema pembuatan sabun cuci piring untuk industri rumah tangga yang dimana warga sangat antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut karena dapat menambah pengetahuan mengenai cara pembuatan sabun cuci piring dan manfaatnya sehingga bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga  Diyakini Mampu Mencegah Virus Corona, Bir Pletok di Pamulang Dicari Warga

Pada proses pelaksanaan PKM tersebut warga juga diajak untuk berpartisipasi dalam pembuatan sabun cuci piring dengan ikut mempratekkan cara pembuatannya. Dari memperkenalkan alat dan bahan yang akan digunakan, lalu tahapan cara pembuatan sabun hingga menjadi produk jadi lalu dikemas menggunakan botol yang telah disediakan. Dan saat akhir acara juga ada doorprize serta souvenir yang akan diberikan kepada warga yang telah berpartisipasi dalam kegiatan PKM tersebut.

Tujuan dilaksanakannya pengabdian kepada masyarakat ini untuk memberikan pengetahuan mengenai cara pembuatan sabun cuci piring kepada warga Desa Serdang Wetan No. 1 RT 03/04 Kec. Legok, Kab. Tangerang, Banten dengan memberikan praktek cara pembuatan sabun cuci piring. Adapun manfaat yang akan didapat dengan mengetahui cara pembuatan sabun cuci piring yaitu dapat dijadikan peluang usaha dan juga dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *