Penyuluhan Pentingnya Kemasan Untuk Menambah Added Value Produk Makanan di Desa Koper

TangselMedia-PKM ini dilakukan oleh dosen Teknik Industri Universitas Pamulang Tangerang Selatan di SD OO1 Desa Koper, Tangerang. PKM dilakukan oleh Dr. Dadang Kurnia, S.T., M.M, Dr. Ahmad Hanafi, M,Sc dan Nurselvi S,T.P., M.Sc serta dibantu oleh tiga orang mahasiswa Fakultas Teknik, Prodi Teknik Industri Uniersitas Pamulang dengan judul “Penyuluhan Pentingnya Kemasan Untuk Menambah Added Value Produk Makanan Di Desa Koper.

Gambar 1. Sambutan kepala desa Koper dan sambutan dosen Bapak Dr. Dadang Kurnia

Koper adalah desa yang berada di kecamatan Kresek, Kabupaten Tangerang, Banten, Indonesia. Desa Koper dipimpin oleh Kepala Desa Bapak Ayub, dan Kepala PKK nya diketuai oleh Ibu Adellah, S.Pd.I. Sumber penghasilan rata-rata masyarakat desa antara lain bercocok tanam dan bekerja di Kota Tagerang ataupun Jakarta.

Banyaknya SDM usia muda yang sudah selesai sekolah namun tidak memiliki aktifitas pekerjaan, Dana pengembangan desa dari pemerintah sebesar 350 juta yang tidak terserap karena kepala desa belum memiliki ide untuk pengembangannyadan Fasilitas Desa berupa bangunan pemasaran produk UMKM Desa (toko) yang masih kosong (belum ada produk).

Baca Juga  Gali Peluang Bisnis Dari Limbah Sabut Kelapa Menjadi Produk Cocodama

Untuk memajukan wilayahnya kepala desa memiliki keinginan untuk dapat mengelola potensi desa yang belum maksimal seperti : Pemanfaatan SDM Usia muda yang masih minim, Karang Taruna yang kompak, produktif sehingga bisa memajukan desa, Pengolahan Hasil perkebunan menjadi produk unggulan desa, Memanfaatkan peluang lokasi desa koper yang strategis dekat jalan raya kresek,Balaraja untuk memasarkan produk khas desanya.

Gambar 2. Penyerahan Kenang-kenangan oleh Dr. Dadang kurnia kepada kepala desa Koper

Kegiatan PKM diadakan di tempat ini dengan tujuan Meningkatkan nilai tambah produk hasil produksi warga desa koper melalui teknologi pengemasan, Menciptakan nilai khas produk hasil produksi warga desa Koper melalui Teknologi pengemasan, Memperpanjang umur simpan produk melalui teknologi pengemasan dan Memperkaya pengetahuan warga desa koper tentang teknologi pengemasan.Dengan adanya kegiatan ini diharapkan adanya sinergi antara civitas akademika dengan masyarakat sekitar, berbagi ilmu pengetahuan yang berguna bagi masyarakat khususnya pengetahuan tentang proses pengemasan.

Kegiatan PKM di desa Koper berjalan dengan sukses dan lancar dimana anggota karang taruna mendapatkan wawasan tentang teknologi pengemasan dengan kegiatan PKM yang dilaksanakan oleh dosen Teknik Industri Universitas Pamulang.***

Tags:

Related Posts

Leave a Reply